Cara menggunakan fitur “Tell me” di Microsoft Word 2016

Ada fitur-fitur baru yang terdapat pada ms word 2016. Salah satu fitur baru yang diperkenalkan adalah fitur “Tell me…”. Dengan fitur ini anda bisa menemukan tool tertentu dan menggunakannnya secara langsung.
Belajar bareng

Jadi jika anda ingin melakukan suatu perintah tertentu namun anda tidak mengetahui posisi tools, maka anda bisa mengetikkan perintah anda pada fitur tell me. Posisi tool ini ada pada ribbon, yaitu pada sebuah kotak dengan tulisan “tell me what you want to do”.  Yang artinya adalah “katakan padaku apa yang ingin anda lakukan.

Sebagai contoh anda ingin membuat tabel, tetapi anda tidak mengetahui dimana tool yang digunakan untuk membuat tabel. Maka anda hanya perlu mengetikkan kata Table pada kotak tell me tool.
Belajar bareng
Selanjutnya anda akan melihat beberapa tool yang berkaitan dengan table muncul. Seperti add table, view table gridlines, tables style, table of contents, draw table dll. Jadi karena anda ingin membuat table, maka anda harus memilih add table.

Berikutnya anda bisa melihat beberapa pilihan cara menyisipkan tabel dan langsung saja anda klik salah satu. Jika anda mengetikkan kata kunci yang tepat, maka anda akan dapat menggunakan fitur ini. Contoh lain, jika anda ingin memberi effect pada sebuah gambar shape. Maka anda perlu mengklik shape tersebut terlebih dahulu, kemudian anda ketikkan shape effects pada kotak tell me tool.
Read More »

Cara membuat histogram di Microsoft Word 2016

Cara membuat histogram di ms word 2016 sangatlah mudah, terlebih jika anda membandingkan cara membuat dengan ms word versi lama. Karena di ms word 2016 anda bisa langsung memilih tipe chart histogram.

Cara membuatnya yaitu , silahkan anda membuka dokumen anda di Microsoft Word 2016. Selanjutnya anda klik tab INSERT, lalu klik tool “Chart” yang ada di grup illustrations. Lalu anda akan melihat dialog box Insert Chart.

Pada dialog box tersebut, anda klik kategori chart “Histogram”. Untuk kategori histogram sendiri ada dua model chart, yaitu histogram dan pareto. Maka silahkan anda mengklik Histogram.
Belajar Bareng
Catatan: jika anda tidak melihat fitur histogram pada dialog box insert chart, maka kemungkinan anda sedang berada pada compatibility mode. Untuk mengubahnya, silahkan klik tab File, lalu anda klik Info dan pilih Convert.

Setelah tadi anda mengklik OK, maka histogram akan langsung ditambahkan ke dokumen anda dan anda juga akan melihat sheet excel muncul. Pada sheet tersebut berisi data untuk histogram anda. Anda bisa mengedit dan menyesuaikannya dengan data anda.

Setelah selesai mengedit data, silahkan anda tutup sheet excel tersebut.  Tahap selanjutnya and bisa mendesain dan memformat histogram anda menggunakan Chart tools (tab design dan format). Tab design dan format untuk chart, hanya muncul ketika anda sudah mengklik diagram.

Cara memformat dan mendesain diagram di ms word 2016 kurang lebih sama dengan cara memformat diagram dan mendesain chart di Word 2013. Maka anda bisa membaca selengkapnya pada postingan saya yang lain yaitu Cara membuat grafik di Word 2013.
Read More »