Cara membuat kalender di Microsoft Publisher 2013

Untuk membuat kalender di Publisher 2013 ada tiga pilihan cara yang bisa anda gunakan. Pertama anda bisa membuat kalender secara manual, kedua anda bisa menggunakan template yang sudah tersedia (terinstall) pada program office anda dan yang ketiga anda bisa mencari template online dan menggunakannnya secara langsung di publisher.
Belajar Bareng
Untuk cara yang pertama dan yang kedua anda tidak membutuhkan sambungan internet, sedangkan untuk cara yang ketiga anda wajib mengkoneksikan dan menggunakan jaringan internet di perangkat anda. Berikut detail cara membuatnya.

Cara 1 – Membuat kalender secara manual (tanpa internet)

Caranya silahkan anda buka program ms publisher di computer anda. Untuk anda pengguna windows 7 anda bisa memulainya dengan mengklik tombol start, lalu klik All Program, kemudian pilih folder Microsoft office 2013 dan klik Publisher 2013.

Setelah jendela publisher terbuka silahkan anda memilih More Blank Page Sizes, kemudian anda pilih ukuran halaman yang anda perlukan dan tekan tombol Create yang tersedia di sebelah sudut kanan bawah. Misalnya anda dapat memilih ukuran A3 (Landscape).

Selanjutnya setelah halaman kosong terbuka, langsung saja anda mengklik tab Insert. Pada grup Building Blocks, silahkan anda mengklik Calendars, lalu anda pilih More Calendars.  Setelah jendela building block terbuka, lalu pilih salah satu model kalender yang anda minati.

Berikutnya pada panel sebelah kanan tersedia fitur Select a month. Anda bisa memilih bulan dan tahun untuk kalender pada bagian tersebut. Seusai menentukan bulan dan tahun, kemudian anda klik Insert. Selanjutnya anda akan melihat kalender untuk satu bulan telah ditambah ke halaman anda.

Yang perlu dilakukan berikutnya, yaitu anda hanya perlu menyisipkan bulan-bulan lain sejumlah yang anda inginkan ke halaman anda. Caranya sama dengan cara diatas. Jadi kalau anda ingin membuat kalender untuk satu tahun maka anda harus menyisipkan sebanyak 12 kali.

Setelah selesai menyusun kalender. Anda bisa memformat warna kalender, selain itu anda juga dapat menambahkan berbagai macam object ke dalamnya.

Cara template kalender yang sudah terinstall 

Buka program publisher 2013, kemudian anda klik Calendars. Setelah muncul beberapa pilihan kalender silahkan anda klik salah satu untuk memilihnya. Kemudian pada panel kanan, pilih One month per page untuk membuat kalender satu bulan perhalaman dan one year per page untuk satu tahun perhalaman.

Lalu klik Set calendar Dates…dan tentukan rentang tanggal pada kalender anda. Setelah itu anda klik tombol Create. Barulah anda kemudian bisa mengedit template kalender sesuai kebutuhan.

Catatan: apabila computer anda telah terhubung ke internet ketika anda membuka publisher maka ketika anda membuka publisher anda akan melihat pilihan featured dan built-in. Untuk dapat memanfaatkan template yang sudah terinstall anda klik built-in.

Cara 3 – download template online langsung dari publisher

Sambungkan computer ke internet, lalu buka ms publisher 2013. Berikutnya anda ketikkan Calendars pada kotak pencarian (kotak Search for online templates) dan tekan enter. Kemudian klik salah satu kalendar dan klik Create.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.