Cara mengecek tarif pengiriman pos indonesia

Banyak orang menggunakan jasa pos untuk melakukan pengiriman paket atau pun surat. Dan dari kebanyakan orang itu, kemungkinan ada yang pernah pergi ke kantor untu mengirim barang namun uangnya ternyata kurang. Hal seperti itu bisa terjadi. Anda harus bolak balik dari rumah ke kantor pos.

Ketahuilah, bagi anda yang hendak mengirim barang  ataupun surat melalui kantor pos , anda bisa mengecek tarifnya secara online di website pos indonesia. Setelah anda bisa mengecek tarif secara online, anda yang perlu anda ketahui. Kemungkinan ada perbedaan tarif  ketika anda pergi ke kantor pos dengan tariff yang ditampilkan secara online. Hal ini terjadi bukan karena adanya kesalahan.

Perbedaan tariff terjadi karena tarif yang anda lihat secara online ini ppn-nya dan harga tanggungan nilai barang belum terhitung.  Tapi, berdasarkan pengalaman saya. Bila anda cuma akan mengirim baju atau buku, saya rasa perbedaan tarifnya tidak terlalu mahal.  Simak ulasan di bawah untuk mengetahui cara mengecek tariff pos secara online.

Cara mengecek tarif pengiriman pos indonesia
  1. Kunjungi halaman web pos indonesia, alamatnya  www.posindonesia.co.id
  2. Pada kolom tariff, silahkan anda klik “kirimanpos domestik”, bila anda akan mengirim barang dari  dank e wilayah indonesia.
  3. cektarifpos
  4. Setelah itu, pilih kode pos atau pilih kota asal dan tujuan anda. Sertakan juga berat kiriman dan dimensinya. Dimensi ini maksudnya panjang, lebar dan tinggi kiriman.
  5. cektarifpos
  6. Klik “tampilkan tarif”.
  7. cektarifpos
  8.  Selesai.
Read More »

Cara membuat dfd (data flow diagram) di Microsoft Visio 2013

Pertama. Pastikan computer anda telah terhubung ke internet. Berikutnya anda buka program Microsoft Visio 2013. Kemudian pada kolom pencarian (search for online templates), silahkan anda mengetikkan “Data flow diagram” dan tekan enter.

Catatan: 
Anda tidak punya koneksi internet? 
Jangan kuatir, anda tetap bisa membuatnya meskipun tanpa koneksi internet. Jika komputer anda tidak terhubung ke internet, maka anda akan melihat kotak pencarian tidak aktif. Anda hanya akan melihat beberapa folder template berdasarkan kategori masing-masing.

Selanjutnya anda bisa mengklik folder "Software and database", dan terakhir anda bisa mengklik template "Data Flow Diagram" atau template "Data Flow Model Diagram". Dan anda bisa melanjutkan ke tahap dua berikut.

Kedua. Setelah hasil pencarian template muncul, anda akan melihat ada tiga template dfd. Yaitu block diagram, data flow diagram, dan data flow model diagram. Untuk membuat dfd anda bisa mengklik salah satu template tersebut. Misalnya anda bisa mengklik “data flow model diagram”.

Ketiga. Setelah jendela template muncul, silahkan anda memilih satuan pengukuran (measurement unit). Anda dapat memilih metric unit atau pun us unit. Dan terakhir mengklik “Create”.

Keempat.  Setelah halaman visio terbuka, anda bisa memulai membuat dfd. Untuk menambahkan bentuk tertentu, anda hanya perlu menyeret (drag) salah satu shapes. Misalnya anda dapat menyeret kotak “Interface” ketengah halaman. Lalu anda dapat mengetikkan teks pada kotak tersebut.
Visio dfd
Kelima. Untuk menambahkan shape yang terhubung langsung dengan shape yang telah anda tambahkan sebelumnya, maka anda klik shape yang sebelumnya. Lalu tunggu beberapa detik hingga anda melihat 4 mata panah (bewarna biru muda) muncul di sekeliling shape tersebut.
Visio dfd1
Berikutnya anda klik salah satu mata panah tersebut. Dan pilihan shape pun akan muncul. Anda bisa mengklik salah satu bentuk shape yang muncul. Anda bisa menambahkan shapes lain untuk melengkapi dfd anda.

Keenam. Untuk mengubungkan dua shape yang tidak saling terhubung maka menggunakan bentuk “Data flow”. Caranya menambahkannya sama, anda cukup menyeretya dari panel sebelah kiri ke ssalah satu shape yang sudah anda tambahkan. Setelah penghubung ditambahkan, anda bisa menyeret mata panah ke shape yang akan dihubungkan.
Visio dfd2
Ketujuh. Untuk menambahkan teks ditengah garis penghubung, maka anda bisa langsung double klik tengah garis dan ketikkan teks anda.
DFD
Catatan:
Untuk mengubah warna, anda klik object yang akan diubah warnanya. Lalu klik fitur “Fill” untuk mengubah warna isi object, dan “Line” untuk mengubah garis pada grup “Shapes styles”. Anda bisa melihat grup “Shapes styles” pada toolbars.
Read More »

Cara menambahkan kolom pada Microsoft Excel 2007

Pada tahap awal anda belajar cara menggunakan Microsoft excel, pasti terlebih dahulu anda akan dikenalkan dengan apa itu baris dan apa itu kolom, cara memberi border pada kolom dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang cara menambahkan kolom pada Microsoft, ketika tbel sudah terisi. Caranya sangat mudah. Ikuti saja petunjuk berikut ini.

Cara menambahkan kolom pada Microsoft Excel 2007
  1. Buka data anda pada microsof excel.
  2. Klik kolom yang anda inginkan, misalnya kolom “E”. setelah anda klik, maka akan tampak seluruh baris pada kolom “E” akan terblok atau berubah warna. 
  3. Setelah anda klik kolom “E”, silahkan anda klik kanan pada mouse anda. 
  4. Klik “insert”, maka otomatis kolom akan ditambahkan disebelah kirim kolom “E” tadi.
  5. sisipkankolomexcel
  6. Selesai.  
Read More »

Cara membuat hyperlink di Microsoft Word 2013

Menambahkan hyperlink pada dokumen anda dapat membantu pembaca dokumen anda untuk mengakses informasi kontak atau link lainnya dengan cepat. Anda bisa membuat hyprlink dari teks, shape (bentuk-bentuk) atau pun gambar.

Cara membuat hyperlink di Microsoft Word 2013 sangatlah mudah. Jika anda ingin membuat hyperlink dari sebuah teks maka silahkan anda klik teks tersebut terlebih dahulu. Jika anda ingin membuat hyperlink dari shapes atau gambar, maka silahkan anda klik gambar atau shapes tersebut.

Selanjutnya anda klik kanan mouse, lalu klik “Hyperlink….”.  Selanjutnya akan muncul jendela “Insert Hyperlink”.
Belajar Bareng
Jika anda ingin menautkan link tersebut ke file lain maka pada kotak “Link to” silahkan anda pilih “Existing File or Web Page”, lalu langsung klik icon “Browse for file” dan pilih file di computer anda. Dan terakhir klik “OK”.
Belajar Bareng
Catatan: icon “Browse for file” berada didekat tombol “Bookmark…”, untuk mengetahuinya silahkan anda arahkan mouse ke icon tersebut dan nama icon tersebut akan muncul. Jadi anda bisa mengenalinya.

Apabila anda ingin menautkan link tersebut ke sebuah halaman website, setelah anda memilih “Existing File or Web Page”, maka selanjutnya masukkan alamat website anda pada kotak “Address:” dan klik “OK”.

Keterangan:
Jika anda ingin menautkan link ke dokumen yang sama, maka pada kotak “Link to:” anda bisa memilih “Place in This Document”. Sedangkan untuk menautkan ke dokumen baru, anda bisa memilih “Create New Document”. Dan pilihan terakhir untuk menautkan link ke alamat email, maka anda bisa memillih “E-mail Address”.

Setelah Anda membuat hyperlink, maka anda harus mengujinya. Misalnya jika anda telah menautkan link ke sebuah situs web, maka setelah anda klik link tersebut  browser Anda secara otomatis membuka dan menampilkan situs. Jika link tidak bekerja dengan baik, coba anda periksa ulang  apakah ada salah eja pada alamat link anda.

Untuk mengedit link anda, silahkan anda klik link tersebut, lalu anda klik kanan mouse. Untuk mendeit anda bisa memilih “Edit HyperLink”, sedangkan untuk menghapus hyperlink anda bisa memilih “Remove HyperLink”.
Read More »