Cara memasang gadget google translate di blogger

Keberadaan gadget google translate di sebuah blog atau website bisa dibilang memberi keuntungan tersendiri baik untuk pembaca atau pun pemilik blog. Dengan adanya gadget tersebut tulisan si pemilik blog dapat dinikmati oleh pembaca dari Negara lain meskipun mereka memiliki bahasa yang berbeda.

Begitupun dengan pembaca, pembaca dapat dengan mudah menerjemahkan ulasan di sebuah blog tanpa harus menerjemahkannnya secara manual. cara menambahkan gadget google translate pada blog yang anda buat di blogger cukup mudah. Anda tidak perlu menggunakan script tertentu, anda hanya perlu menambahkan gadget baru dan memilih gadget google translate.

Cara memasang gadget google translate di blogger
Pertama. silahkan anda mengunjungi website www.blogger.com, selanjutnya menggunakan email dan password anda. Setelah itu langsung saja anda buka dashboard blog yang akan tambahkan gadget google translate.

Kedua. Kemudian pada panel sebelah kiri, silahkan anda mengklik fitur “Layout”. Pada laman layout anda akan melihat beberapa tombol “Add a gadget”, setiap posisi tersebut mewakili posisi dimana gadget ditambahkan. Laman layout ini juga akan menampilkan desain berbeda-beda, tergantung template yang anda gunakan. Sebagai contoh anda bisa klik “Add a gadget” yang berada bilah kanan (sidebar-right).
Blogger gadget
Ketiga. Berikutnya anda akan melihat jendela add a gadget muncul. Disana terdapat beberapa pilihan gadget standar yang bisa anda tambahkan ke blog anda. Salah satunya adalah translate.  Nah, langsung saja anda klik gadget “Translate” tersebut.

Keempat. terakhir anda akan melihat laman “configure translate” pada jendela tersebut. Silahkan anda memilih apakan anda akan menggunakan gaya vertical,horizontal, atau dropdown. Dan terakhir anda bisa mengklik tombol “Save” dan gadget akan otomatis ditambahkan ke blog.
Blogger translate
Tentunya setiap pemilik blogger memiliki pendapat yang berbeda tentang keberadaan gadget ini. Namun semua tererah anda, apakah anda akan menambahkan gadget translate atau tidak. Toh jika anda telah menambahkannya, anda tetap bisa menghapusnya kembali.
Read More »

Cara membuat Gantt Chart di Microsoft Excel 2013

Gantt Chart merupakan salah satu chart yang sering digunakan untuk membuat jadwal sebuah proyek atau lainnya. Chart yang yang satu ini berbentuk diagram batang horizontal. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda bisa melakukannya di program Excel 2013.

Contoh Gantt Chart yang dibuat di Ms Excel 2013
Excel Gantt Chart

Cara membuat Gantt Chart di Excel 2013
Tahap 1 – Menyiapkan data
Pertama. Silahkan anda masukkan data anda dalam tabel. Untuk contoh, anda bisa melihatnya di tabel warna hijau  pada gambar di bawah ini. Tabel mencakup kegiatan (activity),  tanggal dimulainya aktifitas tersebut (start date) dan rentang waktu (duration).
Excel Gantt Chart1
Kedua. Silahkan anda mengetikkan tanggal dimulainya kegiatan (STARTDATE) dan juga tanggal berakhirnya seluruh kegiatan pada sel lain (lihat contoh tabel merah pada gambar dia atas) . kalau berdasarkan contoh data yang saya contohkan di atas maka “startdate adalah 13 November” dan “enddate adalah 29 December”.

Ketiga. Setelah itu, silahkan anda ubah format sel startdate dan enddate menjadi number.  Caranya blok sel C11 dan sel C12. Lalu klik kanan mouse, dan lanjutkan dengan klik “Format Cell…”. Setelah muncul jendela format cell, lalu pada kotak “Category” silahkan anda klik “Number” dan terakhir klik “OK”.

Berikutnya anda akan melihat tanggal start dan end date berubah menjadi nomor. Yaitu  untuk STARTDATE (Min Bound) menjadi 42321.00, sedangkan untuk ENDDATE (Max Bound) menjadi 42367.00. Kedua nomor tersebut nantinya akan digunakan untuk mengubah tanggal mulai dan berakhir pada chart anda (lihat kegunaannya pada langkah keenam).

Tahap  2 – Membuat Gantt chart
Langkah pertama. sebelum anda membuat chart, pastikan pointer anda telah mengklik sel yang berada di luar tabel. Selanjutnya anda klik tab “INSERT”, klik icon “Insert bar chart” dan pilih “2-D Stacked Bar”.
Excel Stacked Bar
Langkah kedua. Mula-mula anda akan melihat chart kosong (Blank chart), silahkan anda klik chart yang kosong tersebut dan klik kanan mouse. Lalu klik “Select Data…

Langkah ketiga. Setelah muncul jendela “Select data source”, maka langkah selanjutnya anda menambahkan dua “Legend entries”.

Untuk legend entries yang pertama, caranya anda klik “Add” lalu klik kotak "series name", dan klik sel B1 (START DATE).  Berikutnya anda hapus nilai pada kotak “Series values” dan blok sel B2 hingga sel B8. Terakhir klik “OK”.
Excel Gantt Chart2
Untuk legend entries yang kedua, silahkan anda add lagi. Kemudian  pada kotak  “Series name”, klik sel C1 (Duration). Hapus nilai pada kotak series values, dan blok sel C2 hingga sel B8 untuk mengisi kotak series values. Selanjutnya anda klik “OK

Setelah itu, pada kotak legend entries, silahkan anda klik “Duration”. Hingga duration bewarna biru seperti gambar di bawah.  Selanjunya anda klik “Edit” pada kotak Horizontal “(Category) Axis Labels”. Berikutnya anda akan melihat  jendela “Axis label range”, lalu blok sel A2 hingga sel A8.
Dan terakhir klik “Ok” untuk menutup jendela “Axis label range” dan klik “OK” sekali lagi untuk menutup jendela “Select Data Source”.
Excel Gantt Chart
Langkah keempat. pada bagian ini anda harus mengubah warna bar (batang) yang bewarna biru menjadi tidak bewarna. Cara klik batang yang bewarna biru, lalu klik kanan mouse, lalu klik “Fill” dan terakhir anda pilih “No fill”.
Excel Gantt Chart4
Langkah kelima. Jika anda melihat urutan activity pada chart, maka anda akan melihat urutannya terbalik. Maka pada tahap ini anda harus membaliknya agar activity 1 di posisi atas dan urut ke bawah.  Caranya anda klik judul yang tidak urut tersebut ( disebut juga Vertical Category axis).  Lalu klik kanan mouse dan klik “Format axis…”. Setelah muncul panel format dibagian kanan lembar kerja, lalu anda centang “Categories in reverse order".

Langkah keenam.  Bila anda memperhatikan rentang tanggal pada chart, maka anda akan melihat rentang tanggal tersebut dimulai pada tanggal 13 Oct dan berakhir pada 11 january. Cara mengubahnya anda klik rentang tanggal  pada chart (disebut juga Horizontal category axis), lalu klik kanan mouse dan pilih “Format Axis…”. Setelah muncul panel di bagian kanan, maka ubah angka pada kotak “Bounds”.

Untuk minimum silahkan anda ubah menjadi 42321.00, dan untuk maximum adalah 42367.00. Angka-angka tersebut dapat anda temukan pada tabel STARTDATE (Min Bound) dan ENDDATE (Max Bound)
Read More »

Cara membuat combo box di Microsoft Excel 2013

Pada postingan lalu saya pernah membahas tentang combo box di excel 2007. Seperti yang telah kita ketahui, combo box digunakan untuk membuat daftar drop-down. Dengan adanya combo box akan memudahkan pengguna data dalam memilih data-data tertentu.

Cara membuat combo box di Excel 2013 tidak jauh berbeda dengan cara membuatnya di excel 2007. Meskipun demikian anda dapat membacanya pada uraian berikut.

Cara membuat combo box di Excel 2013
Pertama. silahkan anda siapkan tabel anda. Sebagai contoh untuk anda anda bisa melihat tabel yang telah saya buat pada gambar di bawah. Tabel kesatu yang bewarna hijau berisi info kontak, sedangkan tabel kedua bewarna orange berisi daftar pekerjaan (Occupation list).
Excel combo box
Kedua. Nantinya acombo box akan ditempatkan pada tabel hijau, yaitu untuk sel occupation. Maka untuk memulai membuat combo box, anda klik sel “B5”. Setelah itu anda klik tab “DATA”. Selanjtnya anda klik fitur “Data Validation” dan klik “Data Validation…
Excel Data tools
Ketiga. Setelah muncul kotak dialog “Data Validation”, pada bagian “Allow” silahkan anda pilih “List”. Dan klik pada kotak “Source”, lanjutkan dengan memblok sel D3 hingga sel D12 (daftar pekerjaan/occupation list). Dan Terakhir klik tombol “OK
Excel Data Validation
Catatan:
Anda juga dapat menerapkan cara di atas untuk membuat combo box di Microsoft excel 2007
Read More »

Cara membuat struktur organsasi di Microsoft visio 2007

Cara membuat struktur organsasi di Ms visio 2007 sangatlah mudah. Bahkan bisa dibilang jauh lebih mudah daripada anda membuatnya di Microsoft word. Anda hanya perlu membuat database dan membuatnya menggunakan template. Untuk detailnya bisa and abaca di bawah.

Contoh struktur organisasi yang di buat di Ms Visio 2007
Organization chart

Cara membuat struktur organisasi di Visio 2007
Langkah pertama. Pada tahap ini,  anda akan membuat databasenya terlebih dahulu.  Caranya silahkan anda membuka Microsoft excel 2007, kemudian anda masukkan nama, jabatan/title dan juga nama atasan dari orang tersebut. Sebagai contoh anda bisa melihatnya pada gambar di bawah. Kemudian simpan file tersebut.
EXcel visio sample
Langkah kedua. Silahkan anda membuka Microsoft office visio 2007. Pada kolom kategori, silahkan anda pilih kategori “Business”, kemudian pilih “Organization Chart Wizard”, dan pada measurement unit silahkan pilih “US units”. Lalu klik tombol “Create
Visio Chart Organization
Langkah ketiga. Setelah itu akan muncul jendela “Organization Chart Wizard”, dan anda akan memimilih beberapa pernyataan dan pertanyaan, sebagai berikut:
Pada pilihan "I want to create my organization chart from", silahkan anda pilih "Information thats already stored in a file or database". Kemudian klik "Next"
Visio Organization Chart1
Pada pilihan "My organization information is stored in", silahkan anda pilih "A text, Org Plus (*.txt), or Excel File". Selanjutnya klik "Next"

Pada pernyataan "locate the file that contains your organization information", silahkan anda klik "Browse" dan pilihlah file yang telah anda buat pada langkah pertama (file excel).Lalu klik "Next"

Pada pilihan "Choose the columns in your data file  that contain the information that defines....", langsung saja sesuaikan Name untuk name dan report to untuk report to. Dan klik "Next"

Pada pernyataan "Choose the columns from your data file that you want to display",
silahkan anda memilih "Name" dan "Title" di kolom "Display fields". Dan klik "Next"

Begitu juga pada pernyataan "Choose the columns (fields) fro your data file that you want to add to organization...", silahkan pilih "Name" dan "Title" pada kolom "Shape data fields". Dan tekan "Next"

Pada bagian akhir organization chart wizard, anda bisa mengklik tombol "Finish". Dan Struktur organisasi pun telah selesai dibuat.
Visio Chart Organization1
Catatan:
  • Anda dapat mengubah warna elemen struktur organisasi. Caranya anda klik elemen yang akan diganti warnanya, lalu klik icon ember pada ribbon dan pilih warna yang menurut anda bagus. Begitu juga anda dapat mengganti ukuran dan gaya huruf pada chart.
  • Bila anda ingin mengedit struktur organisasi tersebut di lain waktu, maka anda dapat menyimpannya dalam format visio diagram (.vsd). Dan jika anda menginginkan anda bisa menyimpan struktur organisasi dalam bentuk gambar, caranya klik tab “File”, dan klik “Save/Save as”. Lalu pada bagian “Save as type” anda bisa memilih “JPEG File Interchange Format (.jpg)”. Ketikkan nama file dan terakhir klik “Save”
Read More »

Cara membuat struktur organisasi di Microsoft Visio 2013

Cara membuat struktur organisasi di Microsoft Visio 2013 sangatlah mudah. Seperti yang kita sudah ketahui, kalau Microsoft Visio 2013 memang salah satu program yang dapat diandalkan dalam hal pembuatan diagram atau grafik.

Cara membuat struktur organisasi di visio sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, tapi kalau diuraikan dengan kata-kata bisa jadi panjang. Untuk selengkapnya baca tahapan membuatnya di bawah.

Contoh struktur organisasi yang di buat di Microsoft Visio 2013
Struktur organisasi
Cara membuat struktur organisasi di Microsoft Visio 2013
Langkah pertama. Silahkan anda memasukkan data anda di microsoft excel. Sebagai contoh saya mengentri data dengan format tigat kolom. Kolom pertama berisi nama (name), kolom kedua berisi jabatan "title" dan kolom ketiga berisi nama atasan yang akan menerima laporan dari orang tersebut (Report to).
Visio sample data

Langkah kedua. Setelah itu klik kategori template "Bussiness", lalu  "Organization Chart", pilih "US unit" dan terakhir anda klik tombol "Create".
Visio Organization Chart
Catatan : 
Jika komputer anda terhubung ke internet, maka anda bisa mengklik "CATEGORIES" lalu anda akan melihat folder template "Bussiness". Atau anda bisa mengetikkan "Organization Chart" pada kotak pencarian dan tekan enter.

Langkah ketiga. Pada proses ketiga ini, anda akan melihat halaman terbuka, dan juga jendela "Organization Chart Wizard". Pada proses ini anda harus melalui beberapa tahapan.

Pada bagian "I want to create my organization chart from", silahkana anda memilih "Information thats already stored in a file or database". Lalu tekan tombol "Next"
Visio Organization Chart1
Pada bagian "My organization information is stored in", silahkan anda memilih "A text, Org Plus (*.txt), or Excel File". Lalu anda klik tombol "Next"

Pada bagian "locate the file that contains your organization information", silahkan anda klik "Browse" dan pilih file yang telah anda simpan di Microsoft Excel sebelumnya (langka pertama). Lalu anda klik "Next"
Visio Organization Chart2
Pada bagian "Choose the columns in your data file  that contain the information that defines the organization" silahkan anda menyesuaikkannya datanya. Misalnya pada bagian "Name" anda pilih "Name", untuk report to pilih report to dan untuk first name anda bisa memilih "None". Lalu klik "Next"

Sedangkan pada bagian "Choose the columns from your data file that you want to display", silahkan anda memilih data yang ingin tampilkan sebagai contoh saya emmilih "Name" dan "Title". Lalu klik "Next"
Visio Organization Chart

Pada bagian "You can import picture...." maka anda bisa memilih memasukkan gambar atau tidak pada chart anda.  Sebagai contoh saya tidak memasukkan gambar, maka saya pilih "Don't include pictures in my organization chart" dan terakhir klik "Next".

Pada bagian ahir jendela chart wizard, anda klik "I want the wizard to automatically …", top excutive untuk "name at top of page", centang hyperlink dan synchronize" dan terakhir klik "Finish".

Langkah keeempat. Cara menghilangkan gambar orang (foto) pada chart. Mulai dengan memblok seluruh bagian chart (klik CTRL+A), kemudian klik kanan mouse, pilih "Picture" dan klik "Delete picture"

Langkah kelima. Mengubah bentuk shape. Silahkan anda klik tab "ORG CHART". Kemudian pada bagian "Shapes", silahkan anda mengklik salah satu bentuk shape yang anda sukai.

Untuk mengubah warna pada bagian chart, silahkan anda mengklik salah satu bagian yang akan diubah warnanya, kemudian klik tab "HOME", lalu pada klik "Fill" dan pilih warna kesukaan anda.

Dan akhirnya strutktur organisasi selesai dibuat. Selanjutnya anda bisa menyimpan dalam bentuk gambar (JPEG) dan menyisipkannya pada dokumen word anda.
Read More »