Cara membuat cover buku yang menarik di Microsoft Word 2013

Ketika membuat buku, tidak sedikit orang mengalami kesulitan dalam membuat cover buku. Namun bila anda telah menginstall office 2013 di computer anda, maka anda tidak perlu kuatir anda bisa membuat cover dengan sangat mudah. Di Word 2013, anda bisa memmbuat cover menggunakan cover yang telah tersedia. Untuk detail tentang cara membuat cover di Word 2013, baca rincian di bawah.

Cara membuat cover buku yang menarik di Word 2013

Pertama. Buka program Word 2013, kemudian anda klik tab “INSERT” dan lanjutkan dengan mengklik “Cover page”. Lalu anda akan melihat menu dropdown yang berisikan beberapa template cover.

Kedua. Berikutnya arah kursor (mouse) anda ke salah satu cover yang anda minati, lalu anda klik kanan mouse. Dan anda akan melihat beberapa pilihan, dimana anda ingin menempatkan cover tersebut. Anda bisa mengklik salah satu pilihan. Misalnya anda bisa mengklik “Insert at Beginning of Document” untuk menempatkan cover di permulaan dokumen anda.

Membuat Cover buku

Ketiga. Terakhir anda akan mendapati template tersebut telah disisipkan pada dokumen anda. Sebagai tahap terakhir anda bisa mengedit cover terebut. Anda bisa mengganti judul, pengarang, deskripsi dan lainnya pada buku.

Catatan:
Selain anda dapat mengedit tentang informasi kepengarangan, anda juga dapat mengedit desain cover. Sebagai contoh anda bisa mengubah bentuk elemen pada desain. Untuk contoh detailnya anda bisa melihat gambar di bawah.

Untuk mengubah elemen yang berbentuk persegi panjang pada cover, maka Anda bisa mengklik elemen persegi panjang terlebih dahulu. Lalu anda klik tab “FORMAT”, berikutnya anda klik “Edit Shape”, pilih “Shape” dan klik salah satu bentuk yang anda inginkan. Dan anda akan melihat elemen berbentuk persegi panjang tersebut berubah.

Membuat Cover buku

Sedangkan untuk mengubah warna element persegi panjang, anda klik persegi panjang tersebut terlebih dahulu. Lalu anda bisa mengklik tab “FORMAT”, lalu klik “Shape Fill” dan pilih warna kesukaan anda. Anda bisa berkreasi dengan tools yang tersedia pada ribbon format untuk mempercantik desain cover anda.

Read More »

Cara membuat footnote dan endnote di Microsoft Word 2013

Abstrak: Cara membuat catatan kaki atau footnote dan cara membuat catatan akhir atau endnote di Word 2013.

Footnote atau catatan kaki merupakan teks yang berada di bagian  bawah halaman atau teks, ukuran huruf yang digunakan untuk teksnote lebih kecil dari teks utama. Footnote digunakan untuk berbagai tujuan. Sebuah catatan kaki biasanya akan ditunjukkan dengan angka yang ditulis pada akhir sebuah teks (fakta, referensi atau kutipan). Kemudian teks penjelasannya akan terletak di bagian bawah halaman.

Contohnya, catatan kaki digunakan untuk memberitahukan kepada pembaca tentang sumber kutipan yang digunakan dalam teks utama,. Contoh lainnya footnote digunakan untuk penulis untuk menanggapi kutipan atau teks tertentu dll.

Endnote atau catatan akhir merupan sebuah catatan singkat di akhir sebuah dokumen atau akhir section tertentu yang digunakan  untuk memberikan informasi tertentu, seperti informasi kutipan, referensi tambahan atau pun catatan khusus lainnya. Perlu anda ketahui jika footnote posisinya di bagian bawah halaman dokumen, maka endnote berada di akhir dari dokumen.

Cara membuat footnote dan endnote di Word 2013

Langkah pertama.  Tempatkan pointer pada akhir teks utama anda (fakta, kutipan, referensi atau komentar).

Langkah kedua. Anda klik tab “REFERENCES”, kemudian anda klik “Insert Footnote” untuk menambahkan footnote. Dan klik “Insert Endnote” untuk menambahkan endnote (catatan akhir).

catatan kaki

Langkah ketiga. Jika anda membuat footnote maka anda akan melihat angka di bagian bawah halaman.  Ketikkan teks footnote (catatan kakit) area tersebut, tepatnya setelah angka.

catatan kaki

Sedangkan untuk untuk endnote anda akan melihatnya muncul di akhir dokumen, biasanya ditandai dengan angka juga misalnya, I, ii dan seterusnya. Ketikkan catatan akhir (endnote) pada area tersebut. Selesai.

Catatan:
Anda bisa menambahkan footnote atau pun endnote setelah menuliskan fakta atau pun setelah dokumen selesai anda ketikkan. Sebagai tips, anda bisa menambahkan footnote atau endnote langsung setelah selesai mengetikkan teks utama (fakta, referensi atau lainnya). Alasannya, hal tersebut digunakan untuk mengantisipasi kalau anda lupa membuatnya.
Read More »

Cara membuat drop cap di Microsoft Word 2007

Apa itu drop cap? 

Sebuah drop cap merupakan huruf yang berada di awal paragraph, yang membuat drop cap berbeda dengan huruf lain adalah ukurannya, drop cap mempunyai ukuran yang lebih besar dari ukuran huruf yang digunakan dalam paragram tersebut. Dan posisinya menurun hingga beberapa baris teks.

Anda bisa membuat drop cap hanya dengan satu huruf saja, satu kata atau sesuai kebutuhan anda. Ada dua model drop cap. Pertama gaya drop cap yang hanya menggantikan huruf awal pada beberapa baris teks. Gaya yang kedua adalah pada margin, jadi drop cap akan menjadi huruf awal di paragraph dan di bawah drop cap tersebut tidak teks sama sekali.

Cara membuat drop cap di Microsoft Word 2007

Cara membuar drop cap sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan kursor pada awal paragraph atau anda bisa memblok huruf diawal paragraph. Kemudian anda klik tab “Insert” dan berikutnya klik “Drop Cap”. Selanjutnya anda bisa memilih dan memklik “Dropped” atau “In Margin”. Selesai.
word 2007 Drop Cap
Satu lagi yang perlu anda ketahui  anda juga bisa membuka “Drop Cap Options…” untuk mengatur drop cap anda lebih lanjut. Caranya anda klik drop cap anda, kemudian klik tab “Insert”, lalu klik “Drop Cap” dan akhiri dengan mengklik “Drop Cap Options…”.  Misalnya untuk menentukan agar huruf menurun hingga empat baris. Maka anda ubah “Lines to drop” menjadi  dan klik “OK”. Selesai.
word 2007 Drop Cap

Keterangan untuk “Drop Cap Options…”
  • Position : mengatur posisi huruf
  • Font : gaya huruf (font)
  • Lines to drop : jumlah baris
  • Distance from text : jarak baris dengan teks. 
Read More »

Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2007

Keberadaaan daftar isi dalam membuat laporan, makalah, buku dan sebagainya memang merupakan hal yang sangat penting, dan hal tersebut tak bisa dipungkiri lagi. Dengan adanya daftar isi akan memberi kemudahan pada pembaca dan penulis untuk mengetahui bagian-bagian buku dll.

Anda memang dapat membuat daftar isi dengan cara manual. Tapi bisakah anda membayangkan betapa rumitnya kalau karya tulis yang dibuat daftar isinya itu terdiri dari ribuan halaman. Tentunya ini akan membuat anda pusing.

Namun, anda tak perlu cemas. Anda dapat membuat daftar isi secara otomatis menggunakan fitur “Table of content”. Ada dua cara yang bisa anda pilih untuk membuatnya. Pertama menggunakan level teks dan kedua menggunakan heading. 

Silahkan  anda  lihatlah contoh daftar isi di bawah dan cermati baik-baik
di
Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2007
Cara pertama - Menggunakan level text
Langkah pertama. Silahkan anda blok kalimat yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Misalnya "Metode Pengumpulan Data". Lalu anda klik tab "References", anda klik "Add text", dan terakhir klik "Level 1"
Langkah kedua. Anda bisa melakukan hal yang sama pada kalimat-kalimat berikutnya, dan menyesuaikannya dengan level yang anda inginkan.  Sebagai contoh "Sumber Data" untuk level 2, "Contoh Data primer" untuk level 3 dan seterusnya.

Langkah ketiga. Posisikan pointer anda pada halaman kosong dimana anda ingin menempatkan daftar isi. Lalu anda klik tab "References", lalu anda klik "Table of contents" dan terakhir klik "Automatic table 2". Dan daftar isi secara otomatis akan ditambah ditambahkan ke halaman anda.

Catatan:
  • Standarnya anda hanya akan melihat 3 leve text, untuk menambahkan level berikutnya lihat di bagian bawah artikel ini.
  • Standarnya judul daftar isi yaitu "Table of contents", untuk mengubahnya anda bisa mengeditnya secara manual.
Cara kedua - Menggunakan heading
Pertama. Blok kalimat yang akan dijadikan bagian 1, kalau di contoh “Metode Pengumpulan Data”. Diikuti dengan  mengklik  “heading 1”
di
Kedua. Blok kalimat yang akan dijadikan bagian 2, kalau di contoh “A. Sumber Data”. Selanjutnya anda bisa klik “heading 1”
di
Ketiga. Blok kalimat yang akan dijadikan sub bagian 2 (2.1) , kalau di contoh “Contoh data primer”. Diikuti dengan  mengklik  “heading 2.”. Lakukan sampai akhir, kalau untuk sub bagian 3 (2.1.1), maka klik “heading 3.”
di
Keempat. Tambahkan halaman kosong, tempat untuk menambahkan halaman daftar isi pada karya tulis anda. Pada halaman kosong tersebut anda klik “ References”, lalu klik  “Table of Contents” dan terakhir klik "Automatic table 2". Maka daftar isi akan muncul otomatis, untuk judul halaman biasanya bertuliskan kalimat “content”, anda bisa menggantinya secara manual dengan tulisan “daftar isi”. 

Catatan:
  • Heading 3, 4 dan seterusnya akan muncul setelah anda menggunakan heading sebelumnya. Misalnya jika anda telah menggunakan 2 maka heading 3 akan muncul secara otomatis pada kotak style.
  • Jika heading 3, 4 dan seterusnya tidak muncul maka anda bisa menekan Alt+CTRL+shift+S pada keyboard anda secara bersamaan. Lalu anda akan melihat panel "Styles" muncul, lalu anda klik "Options...". Berikutnya anda centang "Show next heading when previous level is used" dan terakhir klik "OK"
  • Untuk memodifikasi format huruf pada heading, maka anda bisa menekan Alt+CTRL+shift+S pada keyboard anda secara bersamaan. Lalu anda akan melihat icon "Manage Styles" (disamping tombol options).
Cara menambahkan jumlah level pada daftar isi
Apabila anda membutuhkan level teks lebih dari tigal level, maka anda bisa mengklik tab “References”, kemudian anda klik "Table of Contents" dan klik “Insert Table of Contents”. Selanjutnya akan muncul jendela “Tables of Contents”. Lalu silahkan anda ubah angka pada bagian “Show Levels” sesuai dengan angka yang anda butuhkan. Terakhir klik “OK”

Cara mengupdate daftar isi

Apabila anda telah membuat daftar isi kemudian anda melakukan perubahan pada dokumen anda, maka anda harus mengupdate daftar isi (table of contens) tersebut. Jadi bila ada perubahan nomor halaman atau level baru ditambahkan, maka daftar isi pun sesuai dengan dokumen. 

Cara mengupdate table of contents sangatlah mudah, anda cukup mengklik tab “References”. Selanjutnya anda klik “Update table”. Pilih “Update entire table” dan terakhir klik tombol “OK”. Dan daftar isi anda pun telah selesai diperbaharui.

Read More »

Cara membuat table of figures atau daftar gambar di Microsoft Word 2007

Cara membuat table of figures tidaklah sulit, dan caranya pun tidak jauh beda dengan cara membuat daftar isi. Bedanya jika saat membuat daftar isi anda harus menambahkan level pada teks, sedangkan di table of figures anda harus menambahkan caption pada gambar terlebih dahulu sebelum anda membuat daftar gambar.

Untuk selengkapnya tentang cara menambahkan caption dan membuat daftar gambar anda bisa membacanya di bawah ini.

Cara menambahkan caption pada gambar di Microsoft Word 2007

Tahap satu. Buka dokumen word anda yang memuat gambar yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Bila anda baru membuat dokumen, maka anda dapat menyisipkan gambar terlebih dahulu pada dokumen anda. Caranya kli tab “INSERT”, klik “Picture” dan pilihlah gambar yang anda butuhkan.

Tahap dua. Seusai anda menyisipkan gambar, selanjutnya anda klik gambar tersebut. Kemudian anda klik tab “References”, kemudian ikuti dengan mengklik “Insert Caption”. Setelah itu akan muncul jendela seperti berikut.

Word 2013 Caption1

Tahap tiga. Ketikkan penjelasan singkat tentang gambar anda  pada kolom “Caption”. Misalnya “Figure 1 Cat”, yang artinya gambar nomor 1 merupakan gambar kucing. Terakhir anda klik tombol “OK” dan selesai.

Catatan penting:

Apabila dokumen anda merupakan dokumen yang berbahasa Indonesia, maka sebaiknya label “Figure” diubah menjadi label “Gambar”. Cara mengubahnya sangat mudah. Yaitu, anda klik tombol “New Label…”, lalu anda ketikkan “Gambar” dan klik “OK”. Setelah itu pada kolom “Options Label” silahkan anda pilih gambar. Terakhir klik “OK” dan usai sudah tahapan menambahkan caption.

Cara membuat table of figures atau daftar gambar di Microsoft Word 2007

Nah, sekarang kita masuk ke inti postingan ini, yaitu cara membuat table of figures di MS Word 2007. Pertama anda bisa memposisikan pointer pada area dimana anda ingin menempatkan daftar gambar nantinya. Kemudian anda klik tab “References” dan ikuti dengan klik “Insert Table of Figures”. Lalu anda akan melihat jendela table of figure seperti berikut ini muncul.

Word 2013 Caption2

Setelah jendela seperti di atas muncul, langkah berikutnya adalah memilih label. Caranya anda klik tombol caption label, ubahlah yang tadinya “Figure” menjadi “Gambar”. Bila anda ingin menyertakan nomor halaman pada daftar gambar, maka biarkan “show page number” tetap tercentang.

Untuk mengubah atau menghilangkan tanda titik penghubung teks dengan nomor halaman, maka klik bagian “tab leader”. Jika tab leader menunjukkan “None” itu artinya tidak ada tanda penguhubung antara teks dan nomor halaman. Setelah anda selesai, maka langkah terakhir anda klik tombol “OK” dan table of figure pun telah jadi.
Read More »

Cara membuat daftar gambar atau table of figures di Microsoft Word 2013

Tak ubahnya dengan daftar isi yang digunakan sebagai navigasi dalam sebuah dokumen, daftar gambar juga digunakan pada sebuah dokumen untuk memudahkan pembuat atau pun pembaca dokumen untuk mengetahui label dan keberadaan gambar pada halaman.

Untuk itu, bila dokumen anda mengandung banyak gambar maka sebaiknya anda menambahkan daftar gambar.  Cara membuat daftar gambar tidak sulit, anda bisa membuatnya di Word 2013.

Sebelum anda membaca lebih auh tentang cara membuat daftar gambar, maka terlebih dulu anda harus mengetahui tentang caption dan cara membuat caption pada gambar. Sebuah caption pada gambar adalah sebuah keterangan ringkas tentang gambar tersebut.

Sebelum anda membuat daftar gambar, maka anda harus menambahkan caption untuk setiap gambar yang anda sisipka di dokumen anda. Cara membuat caption dan membuat daftar gambar di Word 2013 sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti petunjuknya secara rinci pada ulasan di bawah.

Cara membuat caption pada gambar di Word 2013

Langkah pertama anda masukkan gambar anda. Caranya anda klik tab “INSERT”. Kemudian anda klik “Pictures”, lalu pilih gambar dari koleksi anda dan klik “Insert”. Dan gambar anda pun telah selesai di sisipkan.

Catatan : anda bisa mengklik “Online Pictures” untuk memasukkan gambar dari internet. Tapi perlu anda ingat, sebelum itu anda pastikan terlebih dulu computer anda telah terhubung ke internet.

Langkah kedua. Setelah anda memasukkan gambar, selanutnya anda klik gambar anda tersebut. Lalu anda klik tab “REFERENCES” dan klik “Insert Caption”. Dan setelah itu anda akan melihat jendela seperti di bawah ini muncul.

Word 2013 Caption

Langkah ketiga. Masukkan keterang gambar pada kolom “Caption:”. Misalnya “Figure 1 Sepatu” untuk caption gambar sepatu. Selanjutnya klik tombol “OK”

Word 2013 Caption1

Ingat!
Bila anda menggunakan bahasa Indonesia maka anda bisa mengubah tulisan figure menjadi gambar. Caranya klik “New Label…”. Lalu ketikkan “Gambar” dan klik lah tombol “OK”. Kemudian pada bagian Options Label, silahkan anda pilih “Gambar”. Selesai.

Lakukan penambahan caption pada setiap gambar yang telah anda sisipkan sesuai dengan cara di atas, satu persatu.

Cara membuat daftar gambar di Word 2013 

Seusai anda memberi caption pada tiap gambar, maka tahap berikutnya adalah membuat daftar gambar. Caranya sangat mudah. Pertama anda klik tab “REFERENCES”. Kemudian anda klik “Insert Table of Figures”. Dan anda akan melihat endela seperti di bawah ini muncul.

Word 2013 Caption2

Keterangan. Bila anda ingin menghilangkan nomor halaman pada daftar tabel, maka anda bisa menghilangkan tanda centang pada “Show page numbers”. Untuk menghilangkan tanda titik-titik penghubung teks dengan nomor halaman maka anda pilih “None” pada bagian “Tab leader”. Dan juga jangan lupa untuk mengganti “Caption label” menjadi “Gambar”.

Setelah anda selesai pada jendela “Table of Figures”, kemudian anda klik tombol “OK.”. Dan daftar gambar pun telah selesai dibuat.
Read More »

Cara membuat sumber kutipan dan daftar pustaka di Microsoft Word 2013

Ketika anda menulis sebuah tulisan untuk publikasi ilmiah, maka biasanya anda perlu menempatkan sumber kutipan dan daftar pustaka di dokumen anda tersebut. Misalnya makalah, Jornal, Artikel, Buku teks, skripsi dan sebagainya.

Ketika anda mengolah dokumen dengan Microsoft Word, maka anda bisa dengan mudah membuat sumber kutipan dan juga daftar pustaka tersebut. Meskipun demikian tidak semua orang mengetahui caranya membuatnya. Nah, untuk anda yang belum mengetahui cara membuat sumber kutipan dan daftar pustaka di Word 2013, maka anda bisa membaca uraian di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Cara membuat sumber kutipan di Word 2013 

Sebelum membuat daftar pustaka, kita akan belajar membuat sumber kutipan terlebih dahulu. Karena sumber kutipan tersebut nantinya akan muncul secara otomatis pada saat anda membuat daftar pustaka.

Langkah pertama membuat sumber kutipan,  anda ketikkan kalimat yang merupakan hasil kutipan, misalnya teori-teori atau lainnya. Setelah anda selesai mengetik, kemudian anda klik tab “INSERT”
Kemudian anda klik “Insert Citation” dan pilihlah “Add New Source…”.

Citation and Bibliography

Berikutnya anda akan melihat jendela pembuatan kutipan (Create Source) seperti di bawah. Lalu silahkan anda isi semua bagian yang ada.

Citation and Bibliography

Sebelum anda mengisi setiap bagian tersebut, maka pilihlah tipe sumber yang anda gunakan. Caranya anda klik bagian “Type of Source”.

Citation and Bibliography

Karena sumber yang berbeda kemungkinan bagian-bagian yang harus diisi juga berbeda. Misalnya untuk sumber buku anda harus mengisi nama pengarang (Author), judul buku (Title), tahun terbit (year), kota terbit (city) dan penerbit (Publisher).

Sedangkan untuk sumber dari website bagian yang dibutuhkan adalah nama pengarang (author), nama halaman web (Name of Web Page), nama situs web (name of web site), tahun (year), bulan (month), day (tanggal) dan juga alamat halaman web (URL).

Jadi pastikan anda memilih tipe sumber untuk kutipan anda yang sesuai dengan yang anda miliki. Setelah anda selesai mengisi bagian “Create Source” maka terkahir anda klik tombol “OK”. Selesai. Lakukan penulisan sumber kutipan ini setiap anda selesai mengetikkan kutipan yang ambil.

Cara membuat daftar pustaka di Word 2013

Setelah anda membuat sumber kutipan berikutnya adalah cara membuat daftar pustaka. Jika anda sama sekali tidak memasukkan sumber kutipan seperti diatas, maka hasil daftar pustaka nantinya akan kosong. Jadi sebelum membuat daftar pustaka, pastikan anda telah memasukkan sumber kutipan.

Cara membuat daftar pustaka pertama-tama anda klik tab “INSERT”. Lalu anda klik “Bibliography”. Selanjutnya anda pilih dan klik model daftar pustaka yang anda inginkan. Dan daftar pustaka pun telah selesai dibuat.

Catatan: pada saat daftar pustaka selesai dibuat maka judulnya adalah “Bibliography”. Dan anda bisa mengganti judul tersebut menjadi “DAFTAR PUSTAKA” secara manual.

Read More »

Cara membuat dan mengatur tabel di Microsoft Word 2007

Membuat tabel merupakan salah satu termudah untuk mengatur data anda di word, baik data anda yang berupa teks singkat ataupun data berupa angka. Dengan adanya tabel anda bisa mengelompokkan data-data berdasarkan kategori yang anda inginkan.

Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Word 2007. Agar dokumen anda menjadi lebih lengkap dan mudah untuk dipahami. Cara membuat tabel di Microsoft Word 2007 sangatlah mudah. Jika anda yang belum mengetahui tentang cara membuat dan memodifikasi table di Microsoft Word 2007, maka anda bisa mengikuti arahan di bawah ini.

Cara membuat tabel di Microsoft Word 2007

Ada beberapa cara membuat tabel di MS Word 2007 . Diantaranya menggunakan grid yang tersedia, menyisipkan table, menggambar tabel (draw tabel), excel spreadsheet, dan tabel cepat (quick tables). Tapi kali ini saya akan membahas dua cara saja untuk anda.

Cara pertama

Cara pertama ini merupakan cara tercepat. Anda hanya perlu mengklik tab “Insert”. Kemudian klik “Table”. Terakhir anda bisa mengarahkan pointer anda pada grid (jaring-jaring) yang tersedia sesuai jumlah yang anda inginkan, dan klik tombol kiri di mouse anda. Dan tabel pun telah jadi.

bikintabeldiword

Cara kedua

Cara kedua ini memang tidak secepat cara pertama, tapi anda bisa membuat tabel dengan mudah dengan  cara ini. Langkah pertama anda klik tab “Insert”, kemudian klik “Table”. Lalu klik “Insert Table…”. Setelah anda melihat jendela insert table muncul seperti di bawah ini, maka anda bisa memasukkan jumlah kolom pada bagian “Number of columns” dan baris pada kotak “Number of rows”. Terakhir tekan tombol “OK”. Dan tabel pun telah selesai dibuat.

bikintabeldiword

Cara mengatur table di Microsoft Word 2007

Cara menambahkan kolom atau baris di tabel

Tempatkan pointer pada salah satu  cell (kotak) pada tabel. Kemudian kanan mouse dan klik “Insert”. Dan berikutnya anda bisa memilih dimana anda ingin menambahkan kolom atau baris. Sebagai contoh anda bisa mengklik “Insert Rows Below” untuk menembahkan baris pada posisi di bawah kotak yang anda pilih tadi. Yang perlu anda ketahui adalah “column” untuk kolom dan “rows” untuk baris.

Cara menghapus kolom atau baris pada tabel

Posisikan pointer anda pada salah satu cell dimana baris/kolom akan dihapus. Selanjutnya anda klik kanan mouse, kemudian klik “Delete Cells…”. Setelah jendela untuk mendelete keluar, anda bisa memilih cell mana yang akan anda hapus. Misalnya anda ingin mendelete seluruh baris pada cell tersebut, maka selanjutnya anda klik “Delete entire row” dan klik tombol “OK” .

Maka cell yang akan anda delete pun sudah terhapus. Bila anda ingin menghapus beberapa cell atau beberapa baris/kolom, maka terlebih dulu blok seluruh kolom yang akan anda hapus tersebut. Barulah anda klik kanan mouse dan menghapusnya.

Cara menggabungkan beberapa cell mejadi satu

Pertama anda blok bagian cell yang akan anda gabungkan, bisa beberapa cell, beberapa baris atau pun beberapa kolom. Setelah anda blok, selanjutnya anda klik kanan mouse dan klik “Merge cells”. Selesai.

Cara membagi cell menjadi beberapa baris atau kolom

Letakkan pointer pada cell yang akan di bagi, kemudian klik kanan mouse dan klik “Spil cell”. Bila anda ingin memecah cell menjadi beberapa kolom, maka masukkan jumlah kolom yang anda inginkan pada kotak “Number of Columns” dan klik tombol “OK”. Maka cell pun akan terpecah menjadi beberapa kolom sesuai keinginan anda. untuk memecahnya menadi beberapa baris maka anda bisa memilih “Number of rows”

Cara memampatkan tabel sesuai isinya

Seringkali ketika membuat tabel kita membuat tabel yang sangat besar dan tidak sesuai dengan isinya. Agar tabel pas sesuai isinya maka anda bisa menggunakan “AutoFit”. Caranya anda letakkan pointer pada area tabel, kemudian klik tab “Layout”. lalu anda klik “AutoFit” dan pilihlah “AutoFit Contents”. Dan selesai.

Ingat! Tab “Design” dan Tab “Layout” hanya muncul ketika anda mengklik cell atau memblok beberapa cell pada tabel.

Cara mengubah warna isi dan garis pada tabel

Cara mengubah warna isi tabel

Pertama anda letakkan pointer pada cell tertentu. Bila anda ingin mengubah warna beberapa cell sekaligus, maka anda bisa memblok seluruh cell tersebut. Lalu anda klik tab “Design” dan klik “Shading”. Terakhir anda bisa mengklik warna yang anda sukai.

Cara mengubah warna  garis pada tabel

Anda blok cell yang garisnya akan diubah warnanya. Kemudian klik tab “Design” dan klik “Borders” lalu pilihlah “All Borders”. Dan anda akan melihat seluruh cell yang telah anda pilih tadi tidak memiliki garis (alias bewarna putih). Selanjutnya anda klik “Pen color” dan klik warna yang anda inginkan. Setelah itu anda blok lagi cell yang garisnya tidak bewarna tadi, dan klik “Borders” lalu pilih “All Borders”. Selesai.
Read More »

Bullets, Numbering dan Multilevel List – Microsoft Word 2007 & 2010, Word 2013

Abstrak: Cara membuat Bullets, Numbering dan Multilevel List di Word 2013 ataupun di Microsoft Word 2007 & 2010

Apa itu bullets dan numbering?


Di Word, Bullets  adalah sebuah symbol yang digunakan ketika membuat sebuah daftar, bullets sendiri ditempatkan sebelum teks. Symbol yang bisa digunakan untuk bullets bermacam-macam, seperti tanda titik, panah, mata panah, check dan sebagainya.

Numbering sendiri tak beda jauh dengan bullets, mempunyai fungsi dan kegunaan yang kurang lebih sama. Bedanya kalau bullets menggunakan symbol, sedangkan untuk numbering menggunakan angka atau pun huruf, seperti angka dan titik, angka dan tanda kurung, huruf abad dengan titik, huruf abad dengan tanda kurung dan sebagainya.

Bullets sangat sesuai untuk daftar dimana urutan setiap item dalam daftar bisa disusun secara acak, jadi item muncul pada urutan keberapa tidaklah penting. Dengan kata lain bullets digunakan untuk mengurutkan daftar item, dimana item yang muncul dalam daftar dalam posisi acak. Misalnya anda menyebutkan contoh-contoh binatang.

Sedangkan untuk numbering  sangat cocok untuk daftar dimana item dalam daftar harus sesuai ketentuan dan tidak boleh terbalik. Misalnya anda membuat daftar tentang langkah-langkah melalukan suatu hal. Maka setiap item yang muncul dalam daftar harus sesuai urutan.

Multilevel list. Multilevel list merupakan tanda yang digunakan untuk membuat daftar item yang memiliki level yang berbeda. Level bisa digunakan untuk model bullets atau pun numbering.

Tetapi bagaimanapun juga anda bebas menggunakan yang manapun, anda bisa menggunakan bullets atau numbering untuk daftar sesuai dengan keinginan anda. karena tidak ada aturan khusus untuk menggunakannya.

Bagaimana cara membuat bullets, numbering dan multilevel list?

Cara membuat bullets

Cara membuat bullets sangatlah mudah. anda hanya perlu menekan tombol bullet pada group paragraph di ribbon. Untuk memilih symbol anda bisa mengklik tanda panah disamping numbering dan mengklik salah satu symbol yang telah tersedia. Jika symbol yang anda gunakan tidak tersedia, maka anda bisa mengklik “Define New Bullets”. Lalu klik “Symbol” dan anda bisa memilih symbol. Terakhir anda bisa mengklik tombol “OK”.

Cara membuat numbering

Cara membuat numbering atau penomoran tidak jauh beda dengan cara membuat bullets. Anda hanya perlu mengklik icon “Numbering” dan untuk memilih lainnya anda bisa mengklik tombol panah disampingnya.  Untuk membuat numbering dengan format yang anda inginkan maka anda bisa mengklik  “Define New Number Format…”. Dan selanjutnya anda bisa memformatnya sesuai kebutuhan.

Apakah bisa membuat numbering yang dimulai dari angka selain 1? Tentu saa bisa, anda bisa membuat penomoran dengan nomor awal yang anda inginkan. Caranya anda buat penomoran seperti biasanya. Kemudian setelah nomor jadi, maka anda klik nomor tersebut. Lalu klik tanda panah di samping icon “Numbering” dan klik “Set Numbering Value”.

Cara membuat Multilevel list

Caranya anda langsung saja klik icon “Multilevel List”.  Dan selanjutnya anda bisa memilih gaya multi level list yang anda inginkan.  Bila anda ingin membuat multilevel list dengan gaya anda sendiri maka anda bisa mengklik “Define New Multilevel List…”. Selanjutnya anda bisa mengklik level yang akan anda ubah, dan klik “Font” untuk mengubahnya ke huruf lain.
Read More »