Cara menghilangkan garis merah atau biru di Microsoft Word 2013

Sebelum berbicara lebih jauh tentang cara menghilangkan garis merah dan biru di word, tahukah anda apa maknaya garis merah atau biru di bawah teks word?

Garis merah berlekuk-lekuk di bawah teks maknanya penanda adanya kesalahan eja pada teks anda. Maksudnya kata yang anda masukkan tersebut  tidak terdapat dalam kamus. Sedangkan garis yang bewarna biru menandakan adanya kesalahan bahasa, gaya atau kesalahan umum pada teks anda.

Misalnya pada awal kalimat seharusnya anda menggunakan huruf capital tapi anda tidak menggunakannya.

Cara menghilangkan garis merah atau biru di Word 2013
  1. klik “file’
  2. word file save
  3. Klik “Options”
  4. word file export pdf
  5. Klik “Proofing”
  6. Hilangkan tanda centang pada “Check spelling as you type”
  7. Hilangkan tanda centang pada “Mark grammar errors as you type”
  8. word option proofing
  9. Terakhir klik “OK”
Read More »

Cara menghilangkan garis-garis (text boundaries) di Microsoft Word 2013

Garis-garis yang selalu muncul pada dokumen word biasanya adalah “Text Boundaries”. Text boundaries merupakan garis putus-putus yang membantu anda untuk mengetahui batas bagian teks dokumen, bagian header & footer, bagian footnote dan lainnya.

text boundaries

Sebenarnya text boundaries ini sangat membantu, meskipun demikian untuk sebagian orang garis-garis tersebut membuat mereka merasa tidak nyaman. Apabila anda juga merasa demikian, maka anda dapat menghilangkan garis-garis tersebut.

Dan anda juga dapat memunculkannya kembali di waktu yang lain. Untuk tahapan menghilangkan garis-garis tersebut bisa and abaca selengkapnya di bawah.

Cara menghilangkan garis-garis (text boundaries) di word 2013
  1. Klik “FILE”
  2. Klik “Options”
  3. word file export pdf
  4. Klik “Advanced”
  5. Perhatikan “Show Document content”, dan hilangkan tanda centang pada “Show text boundaries”
  6. word 2013 file options boundaries1
  7. Terakhir klik “OK”
Read More »

Cara menyisipkan object di PowerPoint 2013

Cara menyisipkan object di ppt - Di PowerPoint anda tidak hanya bisa menyisipkan tabel, gambar, ilustrasi, teks, tautan, komentar, symbol dan juga media, akan tetapi ada juga bisa menyisipkan objek lainnya. Seperti MS Excel Worksheet, WordPad Document, OpenDocument Text, MS Word Document, Bitmap Image dan sebagainya. Sebagai contoh anda dapat melihat tampilan MS Excel Worksheet yang dapat anda sisipkan di slide di bawah.

Pratinjau MS Excel Worksheet

MS Excel Worksheet

Anda dapat memasukkan data pada worksheet excel yang telah tersedia dan saat anda cetak atau tampilkan maka anda akan melihat anda dalam tabel seperti biasa. Bagaimana cara menyisipkan objek di PowerPoint 2013? Caranya tida sulit, anda dapat mengikuti tahapan di bawah.

Cara menyisipkan object di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT”

  2. Perhatikan group “Text”

  3. Powerpoint Insert Text

  4. Klik “Object”

  5. Pilih tipe objeck yang ingin anda sisipkan. Atau apabila anda ingin menyisipkan sebuah file, maka anda bisa mengklik “Create from file”, dan ikuti dengan klik “Browse…” untuk memilih/mencari file di computer anda.

  6. PowerPoint Insert Object

  7. Terakhir silahkan anda klik “OK”
Read More »

Cara menyisipkan smartart di PowerPoint 2013

Sebelum masuk ke ulasan mengenai cara menyisipkan smartart, mari kita cari tahu apa sebenarnya smartart? Smartart merupakan sebuah tools yang tersedia pada aplikasi ms office yang digunakan untuk membuat diagram, untuk mempermudah anda dalam menjelaskan sebuah daftar, alur, proses, saling berhubungan dan lainnya.

Bentuk-bentuk smartart sendiri sangat bervariasi, tentunya disesuaikan dengan jenis dan kegunaannya. Diantaranya list (untuk menguraikan daftar dari item tertentu), Process (untuk menggambarkan proses suatu hal), dan lain-lain. Sebagai contoh anda dapat memperhatikan beberapa variasi smartart berikut:

Contoh SmartArt

PowerPoint Insert SmartArt

Cara menyisipkan smartart di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT”

  2. Perhatikan group “Illustration”

  3. PowerPoint Insert Illustration

  4. Klik “SmartArt”

  5. Pilih dan klik bentuk smartart yang butuhkan.

  6. word 2013 insert smartart

  7. Klik “OK”

Bila anda menggunakan layout di slide anda, maka anda bisa mengklik “Insert SmartArt Graphic” untuk menyisipkan smartart ke slide presentasi anda.

Powerpoint insert Picture

Read More »

Cara menyisipkan gambar di PowerPoint 2013

Cara memasukkan gambar  di ppt  - Pada postingan sebelumnya saya sudah bagikan ke anda tentang cara membuat wordart di powerpoint dan cara memberikan efek pada wordart tersebut. Untuk melengkapi data presentasi anda, anda dapat menyisipkan gambar dengan mudah. Baik gambar dari computer anda maupun foto dari internet secara langsung.

Cara menambahkan gambar dari computer di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT”

  2. Klik “Pictures”

  3. Powerpoint insert image

  4. Pilih dan klik gambar dari koleksi anda.

  5. Powerpoint insert Picture

  6. Klik “Insert”

  7. Selesai.

Cara memasukkan gambar dari internet di PowerPoint 2013
  1. Pastikan computer atau perangkat anda sudah terhubung ke internet.

  2. Klik “INSERT”

  3. Klik “Online Pictures”

  4. Powerpoint insert image

  5. Anda dapat menyisipkan gambar dari bing, Facebook,Flickr, onedrive atau situs lainnya. Sebagai contoh anda dapat mengetikkan “flower” untuk menyisipkan gambar bunga dari bing. Kemudian tekan enter.

  6. Powerpoint insert Picture

  7. Pilih dan klik salah satu gambar yang tersedia. Dan terakhir klik “Insert”

  8. Powerpoint insert Picture

Untuk anda yang menggunakan layout, anda bisa mengklik “Pictures” untuk menyisipkan gambar dari computer, dan klik “Online Pictures” untuk menambahkan gambar dari internet.

Powerpoint insert Picture
Read More »

Cara membuat Wordart di PowerPoint 2013

Cara membuat Wordart di PowerPoint tidaklah sulit. tapi sebelum berbicara tentang cara membuatnya, tahukah anda apa itu Wordart? Wordart itu kata ataupun kalimat yang didekorasi, sehinggan menjad lebih indah, menarik dan berseni. Misalnya teks dibuat melengkung, melingkar, warna-warni dan diberi bingkai yang cantik. Berikut detail cara pembuatannya.

Contoh WordArt

  PowerPoint Wordart

Cara membuat Wordart di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT” 
  2. Klik “Wordart”

  3. Powerpoint Insert Text

  4. Pilih dan klik model Wordart yang tersedia

  5. PowerPoint Wordart

  6. Edit teks Wordart secara manual

  7. Anda juga dapat memberikan efek pada teks Wordart anda. Seperti anda dapat mengubah bentuk Wordart ke melengkung, melingkar, bergelombang atau lainnya, maka silahkan anda klik Wordart tersebut. Selanjutnya klik “FORMAT”, klik “Text Effect”, klik “Transform”, terakhir anda bisa memilih dan mengklik bentuk word art yang anda inginkan.

  8. PowerPoint Wordart

  9. Sedangkan untuk mengubah warna pada garis luar teks, maka anda bisa klik Wordart tersebut, selanjutnya klik “FORMAT”, klik “Text Outline” , terakhir pilih dan klik warna yang anda sukai. Untuk mengubah ketebalan garis luar pada teks anda bisa mengklik “weight”.

  10. PowerPoint Wordart

  11. Anda juga dapat mengubah warna isi teks. Caranya klik Wordart anda, selanjutnya klik “format”, klik “text fill”, terakhir anda dapat memilih dan mengklik warna kesukaan anda.

  12. PowerPoint Wordart
  13. Anda juga dapat memberi efek pada pada shape (kotak tempat teks berada). Caranya klik Wordart, kemudian klik “FORMAT”, klik “3D-Rotation”, terakhir silahkan anda mengklik rotasi yang anda butuhkan.
  14. PowerPoint Wordart 
Selain tools yang saya contohkan penggunaanya diatas, masih tersedia banyak tools yang tersedia pada powerpoint yang bisa anda gunakan untuk mendekorasi Wordart anda. Tentunya jangan takut untuk berkesperimen dengan setiap tombol yang tersedia. Kan masih anda undo untuk kembali! Semoga bermanfaat!
Read More »

Cara membuat header dan footer di PowerPoint 2013

Cara membuat header dan footer di powerpoint 2013 sangat mudah. Sebelum berbicara tentang cara membuatnya, perlu anda ketahui anda hanya bisa menambahkan footer pada halaman slide. Sedangkan pada halaman handouts anda dapat menambahkan header maupun footer. Apabila anda belum memahami maksud saya, mungkin anda bisa memperhatikan pratinjau slide dan handout berikut.

Pratinjau handouts

Powerpoint Insert Text

Pratinjau slide

Powerpoint Insert Text

Cara membuat header dan footer di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT”

  2. Klik “Header & Footer”

  3. Powerpoint Insert Text

  4. Untuk membuat footer pada slide silahkan anda centang “Footer” dan masukkan teks pada kotak di bawahnya.

  5. Powerpoint Insert Text

  6. Untuk membuat header dan footer pada handouts. Silahkan anda klik “Notes and Handouts”. Selanjutnya centang “Header” dan masukkan teks header di bawahnya. Dan juga centang “footer” dan masukkan teksnya.

  7. Powerpoint Insert Text

  8. Terakhir klik “Apply to All”, kemudian header dan footer akan muncul pada seluruh slide presentasi anda.
Read More »

Cara membuat album foto di PowerPoint 2013

Di PowerPoint 2013, anda dapat membuat album foto dengan mudah. Baik satu, dua atau lebih foto dari koleksi anda. Setiap foto pada album yang anda buat akan ditempatkan ada slide yang berbeda-beda. Bagaimana cara membuatnya? Baca selengkapnya di bawah.

Cara membuat album foto di PowerPoint 2013
  1. Klik “INSERT”

  2. Perhatikan group “Images”

  3. Powerpoint insert image

  4. Klik “Photo Album”

  5. Klik “New Photo Album”

  6. Powerpoint insert image

  7. Klik “File/Disk”

  8. Powerpoint insert image

  9. Pilih foto, untuk memilih beberapa foto sekaligus klik “CTRL” di keyboard anda dan klik foto-foto anda. selanjutnya klik “Insert”.

  10. Powerpoint insert image

  11. Klik “Create”

Setelah selesai membuat album, untuk selanjutnya anda bisa menambahkan animasi, effek dan sebagainya pada foto anda.
Read More »

Cara menghapus section di PowerPoint 2013

Keberadaan section pada slide presentation memang sangat berguna, bila jumlah slide anda puluhan atau ratusan. Namun lain halnya jika jumlah slide tidak lebih dari sepuluh. Mungkin untuk sebagian orang section justru membuat tidak nyaman.

Tetapi anda tidak perlu bingung. Cara menambahkan section sangat mudah, begitu pula cara menghapus section juga sangat mudah.

Cara menghapus section di PowerPoint 2013
  1. Klik pada nama section
  2. Klik kanan mouse
  3. Klik “Remove Section”
  4. PowerPoint 2013 home section 
Read More »

Cara menambahkan section di PowerPoint 2013

Cara menambahkan section di PowerPoint 2013 - Section merupakan cara mengelompokkan beberapa slide menjadi satu dengan nama section/kelompok tertentu. Fitur section pada slide presentasi powerpoint sangatlah bermanfaat, terutama untuk sebuah slide presentasi yang terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan slide. Selain itu anda dapat melipat (Collapse) dan membetangkan (expand) slide pada section tersebut.

Jadi anda hanya akan melihat nama-nama section pada panel slide atau juga keseluruhan slide. Dengan mengelompokan slide dalam section-section tertentu akan sangat memudahkan anda dalam menavigasi setiap slide presentasi anda. Cara menambahkan section di PowerPoint 2013 sangatlah mudah. anda bisa mengikuti petunjuk di bawah.

Cara menambahkan section di PowerPoint 2013
  1. Perhatikan panel slide, kemudian  klik pada slide yang akan di beri section.

  2. Powerpoint 2013 slide1

  3. Perhatian group “Slides”, selanjutnya klik “Section”

  4. PowerPoint 2013 newslide

  5. Lalu klik “Add Section”

  6. PowerPoint 2013 home section

  7. Untuk mengubah nama section, silahkan anda klik nama section. Selanjutnya klik kanan mouse dan pilih rename.

  8. PowerPoint 2013 home section

  9. Sedangkan untuk melipat (collapse) atau membentangkan (expand) slide, maka anda bisa mengklik mata panah pada section.

  10. PowerPoint 2013 home section 
Read More »

Cara mengubah layout di PowerPoint 2013

Cara ubah layout ppt - Slide layout merupakan tata letak slide yang memudahkan anda dalam mengatur element slide. Baik itu text box, tabel, grafik, smarart, gambar atau pun video anda bisa menambahkan semua dengan mudah. dan susunan item pada slide pun sudah rapi.

Belajar Bareng

Meskipun anda menggunakan slide layout anda tetap dapat mengatur tata letak item slide secara manual. Jadi anda tidak perlu kuatir. Cara menggunakan atau pun mengubah slide layout sangatlah mudah.  anda dapat mengikuti step-step berikut;

Cara mengubah layout di PowerPoint 2013
  1. Perhatikan group “Slides” pada tab home.

  2. Belajar Bareng

  3. Klik “Layout”

  4. Pilih dan klik tema layout yang anda butuhkan.

  5. Belajar Bareng 
Read More »

Cara menambahkan slide baru di PowerPoint 2013 dan 2007

Cara tambah slide di ppt - Untuk membuat presentasi di PowerPoint 2013, tentunya anda akan membutuhkan slide presentasi lebih dari satu slide. Untuk itu anda bisa menggunakan fitur new slide untuk menambahkan slide baru pada presentasi anda. Ada dua cara menambahkan slide, perhatikan tahapannya di bawah!

Cara mudah menambahkan slide baru di PowerPoint 2013

Cara pertama
  1. Silahkan anda perhatikan group “Slide” pada tab home. 

  2. Belajar Bareng

  3. Kemudian klik tombol “New Slide”

  4. Terakhir pilih dan klik salah satu layout yang anda sukai.

  5. Belajar Bareng


Cara kedua
  1. Klik “INSERT”

  2. Klik “New Slide”

  3. Belajar Bareng

  4. Klik model layout untuk slide baru anda.
Cara menambahkan slide baru di Microsoft powerpoint 2007

Membuat slide presentasi memang palig mudah menggunakan program microsoft powerpoint. Anda bisa membuat slide presentasi yang memukau, dengan mengkombinasikan isi slide yang berupa teks, gambar, audio maupun video. Semua bisa anda lakukan menggunakan microsoft powerpoint. Di microsoft powerpoint anda bisa menambahkan slide dengan mudah, dengan pilihan desain slide yang bervariasi. Berikut cara menambahkan slide baru di microsoft powerpoint.
  1. Buka program microsoft powerpoint

  2. Klik "newslide"

  3. Klik desain slide yang anda sukai, misalnya desain "title and content"

  4. Belajar Bareng

  5. Anda bisa mengedit teks dan gambar di slide yang baru secara manual.

  6. Selesai.
Read More »

Cara mengambil screenshot di Microsoft Word 2013

Anda ingin mengambil foto dari layar atau desktop computer, tapi bingung caranya? Anda tidak perlu bingung. Untuk anda yang telah menginstal word 2013 (Microsoft Word 2013) di computer anda, maka anda bisa mengambil screenshot desktop anda dengan mudah menggunakan fitur yang tersedia. Bagaimana caranya? Simak detail caranya di bawah.

Contoh screenshot yang diambil dari Microsoft Word 2013
word 2013 screenshot

Cara mengambil screenshot di Word 2013
Langkah pertama
Anda buka Microsoft Word 2013 di komputer anda. Selanjutnya anda klik tab “Insert” dan teruskan dengan mengklik “Screenshot”

Langkah kedua
Berikutnya anda akan melihat menu dropdow, yang berisi pilih jendela mana yang akan diambil screenshotnya. Silahkan anda memilih dengan klik jendela mana yang ingin anda ambil gambarnya.
word 2013 insert screenshot
Langkah ketiga
Setelah anda mengklik salah satu pilihan jendela, maka gambar yang anda sudah pilih akan ditambahkan ke halaman dokumen word anda secara otomatis. Satu hal lagi, anda juga bisa memilih klik “Screen Clipping” untuk menentukan area tertentu yang ingin anda ambil screenshotnya.
Read More »