Cara membuat hyperlink di Microsoft Word 2013

Menambahkan hyperlink pada dokumen anda dapat membantu pembaca dokumen anda untuk mengakses informasi kontak atau link lainnya dengan cepat. Anda bisa membuat hyprlink dari teks, shape (bentuk-bentuk) atau pun gambar.

Cara membuat hyperlink di Microsoft Word 2013 sangatlah mudah. Jika anda ingin membuat hyperlink dari sebuah teks maka silahkan anda klik teks tersebut terlebih dahulu. Jika anda ingin membuat hyperlink dari shapes atau gambar, maka silahkan anda klik gambar atau shapes tersebut.

Selanjutnya anda klik kanan mouse, lalu klik “Hyperlink….”.  Selanjutnya akan muncul jendela “Insert Hyperlink”.
Belajar Bareng
Jika anda ingin menautkan link tersebut ke file lain maka pada kotak “Link to” silahkan anda pilih “Existing File or Web Page”, lalu langsung klik icon “Browse for file” dan pilih file di computer anda. Dan terakhir klik “OK”.
Belajar Bareng
Catatan: icon “Browse for file” berada didekat tombol “Bookmark…”, untuk mengetahuinya silahkan anda arahkan mouse ke icon tersebut dan nama icon tersebut akan muncul. Jadi anda bisa mengenalinya.

Apabila anda ingin menautkan link tersebut ke sebuah halaman website, setelah anda memilih “Existing File or Web Page”, maka selanjutnya masukkan alamat website anda pada kotak “Address:” dan klik “OK”.

Keterangan:
Jika anda ingin menautkan link ke dokumen yang sama, maka pada kotak “Link to:” anda bisa memilih “Place in This Document”. Sedangkan untuk menautkan ke dokumen baru, anda bisa memilih “Create New Document”. Dan pilihan terakhir untuk menautkan link ke alamat email, maka anda bisa memillih “E-mail Address”.

Setelah Anda membuat hyperlink, maka anda harus mengujinya. Misalnya jika anda telah menautkan link ke sebuah situs web, maka setelah anda klik link tersebut  browser Anda secara otomatis membuka dan menampilkan situs. Jika link tidak bekerja dengan baik, coba anda periksa ulang  apakah ada salah eja pada alamat link anda.

Untuk mengedit link anda, silahkan anda klik link tersebut, lalu anda klik kanan mouse. Untuk mendeit anda bisa memilih “Edit HyperLink”, sedangkan untuk menghapus hyperlink anda bisa memilih “Remove HyperLink”.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.