Cara menghapus data ganda (duplicates) di Microsoft Excel 2013

Cara menghapus data ganda (duplicates) di Excel 2013 - Ketika anda mengolah data di Microsoft Excel 2013, mungkin anda pernah menyalin data dan tanpa disengaja muncul beberapa atau banyak data ganda. Apabila data anda sedikit tentu bukan masalah besar untuk menghapusnya secara manual.

Namun lain ceritanya jika jumlah data anda ribuan atau bahkan puluhan ribu. Bila anda hendak menghapusnya secara manual tentu akan memakan waktu dan membuat anda cukup pusing. Untuk itu, saya bagikan ke anda tutorial cara menghapus data ganda dengan cepat menggunakan tool remove duplicates.

Cara menghapus data ganda (duplicates) di Microsoft Excel 2013

Sebagai contoh anda dapat melihat data dalam tabel di bawah. Dalam tabel tersebut terdapat beberapa baris data yang memmpunyai nilai sama persis. Lebih tepatnya yaitu pada baris ke 1, baris  ke 5, baris ke 10, baris ke 13, baris ke 16 dan baris ke 20.
Belajar Bareng
Langkah pertama.  Kemudian anda ingin membiarkan data pada baris pertama dan menghapus semua duplikatnya. Maka yang perlu anda lakukan adalah memblok seluruh data atau tabel. Kemudian anda klik tab “DATA” dan lanjutkan dengan mengklik “Remove Duplicates”. (Anda dapat menemukan tool  “Remove Duplicates”. Pada grup “Data Tools”).
Belajar Bareng
Langkah kedua.Setelah anda mengklik remove duplicates data, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini. Karena anda akan menghapus seluruh duplikat, maka biarkan seluruh kolom tercentang. Dan anda akhiri dengan mengklik tombol “OK”.

Langkah ketiga. Terakhir anda akan melihat kotak dialog yang berisi teks berikut “5 duplicates values found and removed, 16 unique values remain”. Apabila anda melihat kotak dialog tersebut, maka langsung saja anda klik tombol “OK”. Maksud teks tersebut adalah “5 nilai ganda telah ditemukan dan dihapus, tersisa 16 nilai yang unik”. Intinya semua data ganda di tabel anda telah terhapus dan tersisa data yang brnilai unik.
Comments

Sponsored Links

Cari tutorial yang diinginkan dengan support dari Google