Cara freeze di Microsoft Excel 2013

Apabila anda sedang bekerja dengan file excel yang terdiri dari ribuan baris atau pun kolom mungkin anda sering menemui kesulitan, salah satu kesulitan yang paling sering ditemui adalah anda mungkin lupa dengan judul/header kolom.

Ketika anda bersusah payah menggulir kolom ke ribuan baris secara perlahan, ternyata anda lupa dengan judul kolomnya, dan bagian kolom yang mana. Hal tersebut anda benar-benar akan membuat kita pusing. Nah untuk menghindari permasalahan ini maka anda harus mengetahui tentang menggunakan fitur freeze.

Freeze merupakan salah fitur yang mendasar dan sangat menguntungkan. Dengan fitur ini anda bisa membekukan baris atau pun kolom yang anda inginkan. Jadi ketika anda mencari salah satu baris, maka barisan judul/header kolom akan membeku alias diam tak bergerak. Untuk anda yang belum tahu cara menggunakan freeze di Microsoft Excel 2013, maka anda menyimak langkah-langkah berikut.

Cara freeze di Excel 2013

Sebagai contoh saya akan membekukan judul kolom pada tabel (lihat gambar tabel di bawah). Tepatnya saya ingin membekukan sel no, group 1, group 2 dan seterusnya.  Jadi ketika saya menggulir tabel ke bawah judul tabel tersebut tetap diam.

Langkah pertama. Posisikan pointer pad sel di bawah sel yang berisi judul/header kolom. Kalalu pad a kasus saya, saya memposisikan pointer pada sel B4 (lihat gambar di bawah).

Belajar Bareng

Langkah kedua. Selanjutnya anda klik tab”VIEW”, lalu anda klik “Freeze Panes”. Setelah menu dron muncul silahkan anda klik “Freeze Panes”. Selesai.

Belajar Bareng

Bagaimana menurut anda? Sangat mudah bukan cara membekukan judul/header kolom. Apabila anda ingin menghilangkan freeze, maka caranya kurang lebih sama. Pertama anda posisikan pointer pada sel yang tadi di freeze (B4), kemudian anda klik tab “VIEW”, berikutnya anda klik “Freeze Panes” dan pilihlah “Unfreeze Panes”.

Comments

Matched content

Cari tutorial yang diinginkan dengan support dari Google