Cara membuat watermark di Microsoft Excel 2013

Watermark adalah gambar atau teks transparan yang berada di latar belakang file, yang melambangkan status file. Ini bisa menjadi penanda, keterangan, konsep atau sesuatu yang lain tentang file tersebut. Watermark ini bisa jadi merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya anda tambahkan ke file anda, terutama jika file anda bersifat privat atau pun rahasia.

Apabila anda belum mengetahui tentang cara membuatnya, maka anda tidak perlu kuatir. Jika pada postingan yang sebelum-sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang cara membuat watermark di Microsoft Word 2013, maka kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat watermark di Microsoft Excel 2013.

Mungkin beberapa orang berpendapat kalau membuat di Microsoft excel sulit, karena di excel tidak tersedia fitur penyisipan watermark seperti yang ada pada Microsoft Word 2013. Tapi tenang saja, anda tetap bisa membuat watermark dengan mudah meskipun tidak tersedia fitur watermark anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur wordart ntuk membuat watermark yang berupa teks, sedangkan untuk watermark gambar anda bisa menggunakan fitur header gambar.

Cara membuat watermark gambar di Microsoft Excel 2013
Langkah pertama. Anda buka file anda di Excel 2013, lalu anda klik tab “INSERT”. Selanjutnya anda klik “Header & Footer”.  Dan anda akan mendapati tab “DESIGN” untuk header & Footer akan muncul seperti gambar di bawah.
Excel header
Langkah kedua. Pada tahap ini anda akan memasukkan gambar pada header.  Caranya klik “Picture”, dan klik “From a File” dan pilihlah file dari komputer anda serta klik “Insert”.

Langkah ketiga. Setelah anda memilih gambar anda akan mendapati area header seperti gambar di bawah. Hal itu tidak mengapa. Karena anda hanya perlu double klik pada area lembar kerja anda dan watermark gambar akan segera muncul. Untuk menurunkan posisi gambar, anda dapat menambahkan enter sebelum  “&[Picture]”. Selesai.
Excel header image
Cara membuat watermark teks di Microsoft Excel 2013 
Pertama. Anda buka file anda di Microsoft Excel 2013, kemudian anda klik tab “INSERT”. Setelah itu anda klik icon wordart  (lihat huruf A miring pada grup “Text”). Lalu anda klik gaya wordart anda sukai. Sebagai contoh saya akan memilih “Fill – Blue, Accent 1, Shadow
Excel wordart
Kedua. Anda bisa merotasi wordart menjadi miring menggunakan tombol rotate (tekan dan tombol rotate, lalu geser sesuka anda). Anda juga bisa memperbesar ukuran teks, seperti anda membesar huruf seperti biasa.
Excel wordart1
Ketiga. Pada tahap ini, anda akan belajar membuat teks wordart menjadi transparan. Caranya klik garis tepi wordart anda dan klik tab “FORMAT”. Lalu anda klik mata panah pada sudut grup “Text Effects”, setelah pane muncul, anda klik “Text Fill & Outline”, berikutnya pilih “Solid Fill”, dan terakhir ubah transparansinya menjadi lebih besar.
Excel wordart2
Catatan: apabila anda merasa bingung atau kurang jelas dengan tahap tiga, maka anda bisa melakukan dengan mengklik sesuai urutan nomor pada gambar di atas. Semoga anda bisa berhasil membuat watermark di Microsoft Excel 2013 sesuai dengan keinginan anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.