Cara membuat diagram venn di Microsoft Visio 2013

Untuk membuat diagram venn di visio anda perlu melalui dua tahapan. Tahapan pertama anda perlu menambahkan feature fragment pada toolbars. Kedua anda bisa langsung membuat diagram venn dengan sangat mudah. Berikut selengkapnya.

Contoh diagram venn
Visio venn diagram

Cara mengkustom fitur “Fragment” pada Toolbars
Langkah pertama. Silahkan anda membuka program Microsoft Visio 2013. Kemudian pilih template “Blank Drawing”. Setelah halaman terbuka, berikutnya anda klik tab “FILE, klik “Option” dan klik “Customize Ribbon”.
Langkah kedua. Pada bagian customize the Ribbon”, silahkan anda memilih “Main tabs”. Lalu pada bagian tab “Home” silahkan anda mengklik “Editing”  dan klik “New Group
Visio option
Langkah ketiga. Selanjutnya anda akan melihat tulisan “New Group (Custom)” di bawah tulisan editing yang tadi. Langsung saja anda mengklik tulisan “New Group (Custom)” tersebut, kemudian anda klik “Rename”. Setelah muncul jendela rename, lalu anda pilih symbol dan ubah nama pada “Display name” menjadi “Graph”. Terakhir anda klik “OK’.
Langkah keempat. Pada bagian “Choose commands from” silahkan pilih “Commands Not in the Ribbon”, lalu pilih “Fragment”. Selanjutnya anda klik tombol “Add” dan selesaikan dengan mengklik “OK”.
Visio option ribbon1
Setelah anda melakukan empat tahapan di atas, maka anda akan melihat fitur “Fragment” muncul pada ribbon. Lebih tepatnya pada tab “HOME”, posisi fitur paling kanan.

Cara membuat diagram venn
Pertama. Silahkan anda menggambar  2 atau lebih bentuk lingkaran menggunakan fiturs “Ellipse”. Ketika anda menggambar lingkaran posisikan sesuai dengan bentuk diagram yang anda inginkan.
Visio venn diagram
Kedua. Berikutnya anda blok seluruh bentuk lingkaran yang telah anda gambar. Lalu klik fitur “Fragment” pada ribbon.
Ketiga. Terakhir anda bisa double klik pada pecahan lingkaran untuk menuliskan teks. Anda juga bisa mengubah warna setiap pecahan lingkaran. Caranya anda klik bagian yang akan diubah warnanya. Lalu klik “Fill” pada ribbon dan pilih warna kesukaan anda.

Catatan:
Setelah anda menambahkan fitur “Fragment” pada ribbon, maka anda tidak perlu menambahkannya kembali ketika akan membuat diagram venn. Setelah diagram venn anda selesai dibuat, maka anda bisa mengcopy nya dan menempelkannya pada file lain. Misalnya file excel, dokumen word dll.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.