Cara membuat diagram Sankey online

Diagram Sankey merupakan salah satu bentuk diagram flowchart yang sering digunakan untuk memvisualisasikan  penggunaan energy, material, biaya, transfer atau lainnya dalam sebuah proses. Cara membuat diagram Sankey ini tergolong susah-susah gampang.
membuat diagram Sankey
Untuk membuatnya secara manual mungkin sedikit ribet, namun anda bisa membuatnya menggunakan software khusus atau pun membuatnya secara online. Ada beberapa situs online yang dapat memudahkan anda untuk membuat diagram Sankey. Di bawah ini merupakan salah satu contoh cara membuat diagram Sankey secara online, lebih tepatnya pada situs sankeymatic.com

Cara membuat diagram Sankey online
Langkah pertama. Silahkan anda mengunjungi website sankeymatic.com kemudian anda klik “Get started” atau “Build a Sankey Diagram”.  Atau jika anda ingin lebih ringkas lagi, anda langsung kunjungi alamat website sankeymatic.com/build/

Langkah kedua. Pada kolom input, silahkan anda memasukkan data anda. Biasanya dalam kolom input tersebut sudah terdapat contoh sintaks pengisian data. Oleh karena itu, anda hanya perlu menyesuaikannya.
Diagram sankeymatic
Langkah ketiga. Setelah anda selesai mengisikan data anda, maka berikutnya hanya perlu mengatur diagram Sankey anda menggunakan tools yang tersedia. Seperti Size, Spacing & Shape, Colors, Advanced, Labels & Units.

Langkah keempat. Setelah selesai mengatur warna, ukuran, label dan sebagainya,  maka jangan lupa anda untuk melihat hasil tinjauan (Preview). Tujuannya untuk mengetahui apakah diagram anda telah sesuai dengan keinginan anda atau belum. Cara silahkan anda klik tombol “Preview” pada kolom input.

Langkah kelima. Setelah anda selesai mensetting diagram, maka tahap berikutnya adalah menyimpan diagram. Caranya perhatikan panel “Export”, pada bagian “Scale” silahkan anda pilih skala gambar yang anda inginkan. Sebagai contoh saya memilih Scale: 2x (Retina). Dan terakhir anda klik “Export 1200 x 1200 PNG” dan lanjutkan dengan proses menyimpan.
Diagram sankeymatic
Catatan:
  • Pada tahap ketiga tadi saya telah menyebutkan tentang tools. Untuk melihat tools yang tersedia dalam grup, maka anda cukup mengklik judulnya grup saja. 
  • Diagram sankeymatic
    Misalnya anda ingin mengatur anda ingin mengubah warna, maka anda klik grup “Colors:”. Dan tools pun akan terlihat, jadi anda bisa mengubah warna background (Background Color), warna pita (node colors) dan seterusnya.
  • Anda juga dapat menggabungkan atau pun menempelkan elemen diagram, caranya anda seret (drag)ujung elemen tersebut menuju ke elemen lain yang diinginkan. Bila sudah sesuai dengan keinginan anda langsung lepas (Drag).

Note: Mohon maaf, pada gambar terdapat data angka yang salah, yaitu ketidaksesuaian antara income dan Ouput. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.