Cara membuat diagram ishikawa/fishbone di Microsoft Visio 2013

Diagram ishikawa merupakan diagram yang dipopulerkan oleh Kaoru Ishikawa. Diagram ishikawa juga mempunyai banyak sebutan atau nama lain, seperti “fishbone diagram (diagram tulang ikan)”, “herringbone diagram”, “fishikawa” dan juga “cause and effect diagram (sebab-akibat)”.

Diagram ishikawa digunakan untuk mengidentifikasi seluruh penyebab yang berkontribusi atau berkemungkinan menyebabkan masalah. Anda bisa membuat diagram ishikawa dengan menggunakan program Microsoft office Visio 2013.  Untuk anda yang belum mengetahui seperti apa bentuk diagram ishikawa dan bagaimana cara membuatnya, maka anda bisa membacanya di bawah.

Contoh diagram ishikawa / diagram fishbone
Ishikawa Diagram

Cara membuat diagram ishikawa/fishbone di Microsoft Visio 2013
Langkah pertama. Silahkan anda membuka program Microsoft visio 2013 di computer anda. Caranya anda klik “start” (icon windows), lalu klik “All Programs”, lalu “Microsoft Office 2013” dan terakhir klik “Visio 2013”

Langkah kedua. Setelah Microsoft Visio 2013 terbuka, berikutnya silahkan anda mengetikkan kata “Fishbone” pada kolom pencarian dan tekan tombol enter pada keyboard anda. Kemudian anda akan melihat template diagram bernama “Cause and Effect Diagram”.
Visio Ishikawa Diagram1
Catatan : 
Jika komputer anda tidak terhubung ke internet, maka anda bisa mengklik folder template "Bussiness", lalu tekan “Cause and Effect Diagram”. Kemudian lanjutkan ke langkah ketiga.

Langkah ketiga. Selanjutnya anda klik diagram yang bernama “Cause and Effect Diagram” tadi. Lalu akan muncul dialog box seperti gambar di bawah. Silahkan anda memilih akan menggunakan “Metric Units” atau “US Unit”. Setelah anda memilih, silahkan anda akhiri tahap ini dengan mengklik tombol “Create”.
Visio Ishikawa Diagram
Langkah keempat. Setelah mengklik create, maka template diagram fishbone (ishikawa) secara otomatis terbuka. Biasanya warna template diagram adalah biru. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah memasukkan teks effect/problem/masalah dan category/factor pada masing-masing posisi.
Visio Ishikawa Diagram3
Untuk dapat mengetikkan teks pada box maka pertama harus mengklik dua kali (double click) pada anak panah yang menuju/dari box tersebut. Sebagai contoh saya akan  memasukkan teks effect, maka saya double click anak panah yang menuju box untuk effect. Kemudian ketikkan teks anda.

Langkah kelima. Untuk menambahkan kategori baru dan juga penyebab, maka anda bisa men-drag (tekah, tahan & seret) dari panel kiri menuju posisi yang sesuai. Lalu double klik pada anak panah, selanjutnya text box muncul dan anda bsia mengetikkan teks anda.
Visio Ishikawa Diagram4
Langkah keenam. Ini merupakan tahap akhir dari membuat diagram fishbone, berikutnya anda bisa menyimpan diagram tersebut dalam bentuk file Microsoft visio drawing, atau anda juga bisa menyimpannya dalam bentuk JPEG. Dan nantinya anda dapat menambahkan diagram tersebut ke dokumen word, atau lainnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.