Cara membuat diagram batang bertingkat di Microsoft Excel 2013

Ada beberapa jenis diagram batang, seperti diagram batang (biasa), diagram batang mendatar, diagram batang majemuk, diagram batang bertingkat dll. Sebenarnya cara membuat masing-masing diagram tersebut tidak jauh berbeda. Hanya saja tipe yang digunakan berbeda. Misalnya untuk membuat diagram bertingkat maka anda menggunakan tipe “Stacked Column”.

Contoh diagram batang bertingkat
Diagram batang bertingkat
Cara membuat diagram bertingkat di Microsoft Excel 2013 sangatlah mudah. Apabila anda menemui kesulitan dalam membuatnya, maka anda dapat mengikuti langka-langkah membuat diagram batang bertingkat di bawah ini.

Cara membuat diagram batang bertingkat di Microsoft Excel 2013
Langkah Pertama. Silahkan anda memasukkan data anda pada tabel. Sebagai contoh anda bisa melihat data pada gambar tabel di bawah (lihat langkah kedua). Tabel tersebut memuat hasil beberapa sample selama 10 tahun.

Langkah kedua. Setelah anda selesai mengetri data, berikutnya anda blok sel A1:D7 (seluruh data). Kemudian anda klik tab “INSERT”, lalu kli icon “Insert Column Chart” dan terakhir pilih “Stacked Column”. Dan diagram batang bertingkat pun secara otomatis akan ditambahkan ke sheet anda.
Diagram batang bertingkat
Sebenarnya tahap membuat diagram sudah selesai pada tahap dua. Pada tahap berikutnya anda akan belajar cara mengubah warna pada batang diagram agar menjadi lebih menarik dan juga cara menambahkan keterangan pada diagram.

Langkah ketiga. Cara mengubah warna yaitu anda klik bagian diagram yang akan dirubah warnanya. Misalnya box yang paling atas, maka anda klik box yang paling atas, lalu klik kanan mouse. Untuk mengubah bagian warna bagian dalam kotak, maka anda klik “Fill” dan klik warna yang anda sukai. Sedangkan untuk warnai garis tepi kotak tersebut, maka anda bisa mengklik “Outline” dan memilih warna favorit anda.
Diagram batang bertingkat2
Langkah keempat. Cara mengganti judul diagram. Biasanya setelah anda membuat diagram, maka judul diagram secara otomatis yaitu “Chart Title”. Nah pada judul ini anda bisa mengklik dua kali (double click) untuk mengedit dan menyesuaikkannya dengan judul diagram anda.

Langkah kelima. Cara menambahkan keterangan angka (label) pada masing-masing box. Caranya anda klik garis tepi diagram terlebih dahulu, kemudian anda akan melihat tanda plus di sudut kanan atas (lihat nomor 1 pada gambar di bawah). Silahkan anda klik tanda plus tersebut, lalu anda klik “Data Labels” (tepat dimata panahnya), terakhir anda klik “Center” untuk menambahkan keterangan angka di tengah box.
Catatan:
  • Selain judul dan keterangan anda bisa menambahkan keterangan lain pada diagram anda, misalnya anda dapat menambahkan judul pada sumbu x atau pun sumbu y (Axis Title). Anda dapat menambahkan tabel data (Data Tables), Gridline, dan error bars serta legenda (legend).
  • Anda juga dapat menggunakan tab “FORMAT” dan tab “DESIGN” untuk memformat dan mendesain ulang diagram anda. Kedua tab tersebut hanya akan terlihat setelah anda mengklik diagram. 

2 comments:

  1. nice gan , thx tutorialnya. sangat membantu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Terima kasih sudah berkunjung ke www.belajar-bareng.com

      Delete

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.