Cara menggunakan VLOOKUP di Microsoft Excel 2013

VLOOKUP merupakan salah satu fungsi yang bisa anda gunakan di microsoft excel 201. Dengan fungsi vlookup anda dapat membaca tabel dengan mudah, anda mengetahui nilai yang anda ingin dengan menggunakan kunci tertentu.

Sebagai contoh penggunaan vlookup, anda bisa mengamati gambar berikut. Misalnya anda ingin mengetahui berapa nilai price, stock, order dan reorder dari code “A”. Maka anda hanya perlu mengetikkan code pada sel I4, dan nilai price, stoct, order dan reorder akan muncul secara otomatis dibawahnya.

Jadi apapun kode yang masukkan pada sel I4, maka anda akan mendapati nilai yang muncul sama persis dengan nilai yang terdapat pada tabel 1 (tabel hijau).  Misalnya jika anda memasukkan kode B pada sel I4, maka secara otomatis akan memperlihatkan nilai price = $19, stock = 17, On order= 40 dan nilai reorder adalah 25.
EXCEL VLOOKUP FORMULAS
GAMBAR 1
Lalu, tepatnya di sel yang mana anda harus menggunakan fungsi vlookup. Pada masing-masing sel (I5,I6,I7 dan I8) saya menggunakan fungsi vlookup. Cara menggunakan fungsi vlookup menurut saya tidak terlalu sulit. Namun belum pernah membuatnya, maka anda bisa mencoba melakukannya sesuai petunjuk di bawah.

Cara menggunakan VLOOKUP di Excel 2013
Cara pertama
Cara ini sangatlah mudah, anda hanya perlu memasukkan rumus pada sel yang anda inginkan. Misalnya pada sel I5 anda ingin memunculkan nilai price, maka rumus yang saya ketikkan adalah =VLOOKUP(I4,B5:F24,2,FALSE)
GAMBAR 2
RUMUS:
Sel I5, rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(I4,B5:F24,2,FALSE)
Sel I6, rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(I4,B5:F24,3,FALSE)
Sel I7, rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(I4,B5:F24,4,FALSE)
Sel I8, rumus yang digunakan adalah =VLOOKUP(I4,B5:F24,5,FALSE)

Cara kedua
Pertama. silah anda memasukkan data dalam tabel,jika dalam gambar di atas tabel warna hijau. Tabel ini nanti digunakan sebagai “Table_array”. Anda juga bisa membuat tabel kedua seperti Gambar 1 (tabel merah) dan menyesuaikkannya sesuai data yang anda inginkan.

Kedua. Pada sel “I5” saya ingin memunculkan nilai price. Jadi saya klik sel I5, kemudian klik tab “FORMULAS”,  klik “Lookup & Reference”, dan pilih “VLOOKUP”.

Ketiga. Setelah muncul dialog seperti gambar berikut, maka anda bisa melengkapinya dan setelah lengkap anda klik “OK”. Selesai.
EXCEL VLOOKUP FORMULAS
Keterangan:
Lookup_value, ini merupakan nilai yang anda cari dalam tabel. Anda bisa langsung memasukkan nilai tertentu atau anda bisa emmilih sel tertentu. Contohnya dalam tabel di atas saya memilih sel “I3”. jadi apapun nilai (code) yang dimasukkan dalam sel I3, maka akan memunculkan nilai yang relevan.

Table_array, merupakan tabel yang beisi sumber data. Misalnya disini saya menggunakan tabel B5:F24 (tabel 1 atau tabel warna hijau).

Col_index_num, merupakan angka kolom yang berisi nilai yang diinginkan. Misalnya pada tabel saya di atas terdapat 4 kolom yaitu kolom 2 (price), kolom 3 (in stock), kolom 3 (on order), dan kolom 4 (reorder). Contohnya, pada sel I5 saya ingin memuncul nilai price, maka “Col_index_num” yang saya masukan pada rumus adalah 2. Artinya kolom kedua. Sedangkan pada rumus di sel I6, saya angka yang saya gunakan untuk “Col_index_num” adalah 3.

Range_lookup, merupakan nilai logis yang anda inginkan, apakah nilai perkiraan atau nilai yang sama persis (tepat). Dan saya memilih “FALSE”.

Baik cara pertama atau pun kedua akan menghasilkan nilai yang sama. Jadi tidak masalah cara manapun yang anda gunakan, yang paling penting adalah anda mengerti kegunaan fungsi vlookup dan mempraktekkan fungsi VLOOKUP.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.