Cara mengaktifkan atau enable macro di Microsoft Excel 2013

Macro merupakan serangkaian code yang berisi perintah untuk melakukan tugas berulang secara otomatis. Misalnya anda dapat mengakses macro yang telah anda rekam sebelumnya melalui toolbar atau menu lainnya. Dengan demikian, anda dapat menghemat waktu. Di Microsoft excel 21013 anda dapat mengaktifkan macro dengan sangat mudah.

Cara mengaktifkan atau enable macro di Excel 2013

Langkah pertama. Silahkan anda membuka program Microsoft Excel 2013. Carany anda klik start menu, klik “All Programs”, cari “Microsoft Office 2013” dan klik “Excel 2013

Langkah kedua. Anda klik tab “FILE”, lalu anda pilih “Options”. Setelah jendela excel option terbuka silahkan anda pilih “Trust Center”, dan lanjutkan dengan mengklik “Trust Center Settings”
Excel Option Trustcenter

Langkah ketiga. Setelah jendela Trust center terbuka, silahkan anda mengklik “Macro settings”. Lalu anda bisa memilih ingin menonaktifkan semua macro, mengaktifkan semua macro atau dengan pengecualian lainnya. Terakhir klik tombol “OK”
Excel Option Macro
Keterangan: 
  • Disable all macros without notification (Menonaktifkan semua macro tanpa pemberitahuan)
  • Disable all macros with notification (Menonaktifkan semua macro dengan pemberitahuan), ini merupakan pengaturan standar yang biasa digunakan. 
  • Disable all macros except digitally signed macros (Menonaktifkan semua macro kecuali macro digital yan telah ditandatangani ).
  • Enable all macros (mengaktifkan semua macro), pengaturan ini tidak disarankan. Karena bila anda memilih pengaturan ini maka apabila  terdapat macro, maka perintah akan otomatis dijalankan tanpa adanya pemberitahuan.
Peringatan!
Meskipun macro ini sangat menguntungkan, sebaiknya anda berhati-hati juga. Terutama jika anda membuka file yang telah anda unduh dari internet. Bisa jadi dalam file yang telah anda unduh tersebut terdapat macro.  Apabila anda mengaktifkan semua macro, kemudian file yang telah anda unduh di internet mengandung perintah-perintah jahat dalam macro maka hal tersebut dapat membahayakan computer anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.