Cara membuat table of figures atau daftar gambar di Microsoft Word 2007

Cara membuat table of figures tidaklah sulit, dan caranya pun tidak jauh beda dengan cara membuat daftar isi. Bedanya jika saat membuat daftar isi anda harus menambahkan level pada teks, sedangkan di table of figures anda harus menambahkan caption pada gambar terlebih dahulu sebelum anda membuat daftar gambar.

Untuk selengkapnya tentang cara menambahkan caption dan membuat daftar gambar anda bisa membacanya di bawah ini.

Cara menambahkan caption pada gambar di Microsoft Word 2007

Tahap satu. Buka dokumen word anda yang memuat gambar yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Bila anda baru membuat dokumen, maka anda dapat menyisipkan gambar terlebih dahulu pada dokumen anda. Caranya kli tab “INSERT”, klik “Picture” dan pilihlah gambar yang anda butuhkan.

Tahap dua. Seusai anda menyisipkan gambar, selanjutnya anda klik gambar tersebut. Kemudian anda klik tab “References”, kemudian ikuti dengan mengklik “Insert Caption”. Setelah itu akan muncul jendela seperti berikut.

Word 2013 Caption1

Tahap tiga. Ketikkan penjelasan singkat tentang gambar anda  pada kolom “Caption”. Misalnya “Figure 1 Cat”, yang artinya gambar nomor 1 merupakan gambar kucing. Terakhir anda klik tombol “OK” dan selesai.

Catatan penting:

Apabila dokumen anda merupakan dokumen yang berbahasa Indonesia, maka sebaiknya label “Figure” diubah menjadi label “Gambar”. Cara mengubahnya sangat mudah. Yaitu, anda klik tombol “New Label…”, lalu anda ketikkan “Gambar” dan klik “OK”. Setelah itu pada kolom “Options Label” silahkan anda pilih gambar. Terakhir klik “OK” dan usai sudah tahapan menambahkan caption.

Cara membuat table of figures atau daftar gambar di Microsoft Word 2007

Nah, sekarang kita masuk ke inti postingan ini, yaitu cara membuat table of figures di MS Word 2007. Pertama anda bisa memposisikan pointer pada area dimana anda ingin menempatkan daftar gambar nantinya. Kemudian anda klik tab “References” dan ikuti dengan klik “Insert Table of Figures”. Lalu anda akan melihat jendela table of figure seperti berikut ini muncul.

Word 2013 Caption2

Setelah jendela seperti di atas muncul, langkah berikutnya adalah memilih label. Caranya anda klik tombol caption label, ubahlah yang tadinya “Figure” menjadi “Gambar”. Bila anda ingin menyertakan nomor halaman pada daftar gambar, maka biarkan “show page number” tetap tercentang.

Untuk mengubah atau menghilangkan tanda titik penghubung teks dengan nomor halaman, maka klik bagian “tab leader”. Jika tab leader menunjukkan “None” itu artinya tidak ada tanda penguhubung antara teks dan nomor halaman. Setelah anda selesai, maka langkah terakhir anda klik tombol “OK” dan table of figure pun telah jadi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.