Cara membuat sumber kutipan dan daftar pustaka di Microsoft Word 2013

Ketika anda menulis sebuah tulisan untuk publikasi ilmiah, maka biasanya anda perlu menempatkan sumber kutipan dan daftar pustaka di dokumen anda tersebut. Misalnya makalah, Jornal, Artikel, Buku teks, skripsi dan sebagainya.

Ketika anda mengolah dokumen dengan Microsoft Word, maka anda bisa dengan mudah membuat sumber kutipan dan juga daftar pustaka tersebut. Meskipun demikian tidak semua orang mengetahui caranya membuatnya. Nah, untuk anda yang belum mengetahui cara membuat sumber kutipan dan daftar pustaka di Word 2013, maka anda bisa membaca uraian di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Cara membuat sumber kutipan di Word 2013 

Sebelum membuat daftar pustaka, kita akan belajar membuat sumber kutipan terlebih dahulu. Karena sumber kutipan tersebut nantinya akan muncul secara otomatis pada saat anda membuat daftar pustaka.

Langkah pertama membuat sumber kutipan,  anda ketikkan kalimat yang merupakan hasil kutipan, misalnya teori-teori atau lainnya. Setelah anda selesai mengetik, kemudian anda klik tab “INSERT”
Kemudian anda klik “Insert Citation” dan pilihlah “Add New Source…”.

Citation and Bibliography

Berikutnya anda akan melihat jendela pembuatan kutipan (Create Source) seperti di bawah. Lalu silahkan anda isi semua bagian yang ada.

Citation and Bibliography

Sebelum anda mengisi setiap bagian tersebut, maka pilihlah tipe sumber yang anda gunakan. Caranya anda klik bagian “Type of Source”.

Citation and Bibliography

Karena sumber yang berbeda kemungkinan bagian-bagian yang harus diisi juga berbeda. Misalnya untuk sumber buku anda harus mengisi nama pengarang (Author), judul buku (Title), tahun terbit (year), kota terbit (city) dan penerbit (Publisher).

Sedangkan untuk sumber dari website bagian yang dibutuhkan adalah nama pengarang (author), nama halaman web (Name of Web Page), nama situs web (name of web site), tahun (year), bulan (month), day (tanggal) dan juga alamat halaman web (URL).

Jadi pastikan anda memilih tipe sumber untuk kutipan anda yang sesuai dengan yang anda miliki. Setelah anda selesai mengisi bagian “Create Source” maka terkahir anda klik tombol “OK”. Selesai. Lakukan penulisan sumber kutipan ini setiap anda selesai mengetikkan kutipan yang ambil.

Cara membuat daftar pustaka di Word 2013

Setelah anda membuat sumber kutipan berikutnya adalah cara membuat daftar pustaka. Jika anda sama sekali tidak memasukkan sumber kutipan seperti diatas, maka hasil daftar pustaka nantinya akan kosong. Jadi sebelum membuat daftar pustaka, pastikan anda telah memasukkan sumber kutipan.

Cara membuat daftar pustaka pertama-tama anda klik tab “INSERT”. Lalu anda klik “Bibliography”. Selanjutnya anda pilih dan klik model daftar pustaka yang anda inginkan. Dan daftar pustaka pun telah selesai dibuat.

Catatan: pada saat daftar pustaka selesai dibuat maka judulnya adalah “Bibliography”. Dan anda bisa mengganti judul tersebut menjadi “DAFTAR PUSTAKA” secara manual.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.