Cara membuat drop cap di Microsoft Word 2007

Apa itu drop cap? 

Sebuah drop cap merupakan huruf yang berada di awal paragraph, yang membuat drop cap berbeda dengan huruf lain adalah ukurannya, drop cap mempunyai ukuran yang lebih besar dari ukuran huruf yang digunakan dalam paragram tersebut. Dan posisinya menurun hingga beberapa baris teks.

Anda bisa membuat drop cap hanya dengan satu huruf saja, satu kata atau sesuai kebutuhan anda. Ada dua model drop cap. Pertama gaya drop cap yang hanya menggantikan huruf awal pada beberapa baris teks. Gaya yang kedua adalah pada margin, jadi drop cap akan menjadi huruf awal di paragraph dan di bawah drop cap tersebut tidak teks sama sekali.

Cara membuat drop cap di Microsoft Word 2007

Cara membuar drop cap sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan kursor pada awal paragraph atau anda bisa memblok huruf diawal paragraph. Kemudian anda klik tab “Insert” dan berikutnya klik “Drop Cap”. Selanjutnya anda bisa memilih dan memklik “Dropped” atau “In Margin”. Selesai.
word 2007 Drop Cap
Satu lagi yang perlu anda ketahui  anda juga bisa membuka “Drop Cap Options…” untuk mengatur drop cap anda lebih lanjut. Caranya anda klik drop cap anda, kemudian klik tab “Insert”, lalu klik “Drop Cap” dan akhiri dengan mengklik “Drop Cap Options…”.  Misalnya untuk menentukan agar huruf menurun hingga empat baris. Maka anda ubah “Lines to drop” menjadi  dan klik “OK”. Selesai.
word 2007 Drop Cap

Keterangan untuk “Drop Cap Options…”
  • Position : mengatur posisi huruf
  • Font : gaya huruf (font)
  • Lines to drop : jumlah baris
  • Distance from text : jarak baris dengan teks. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.