Cara membuat footnote dan endnote di Microsoft Word 2013

Abstrak: Cara membuat catatan kaki atau footnote dan cara membuat catatan akhir atau endnote di Word 2013.

Footnote atau catatan kaki merupakan teks yang berada di bagian  bawah halaman atau teks, ukuran huruf yang digunakan untuk teksnote lebih kecil dari teks utama. Footnote digunakan untuk berbagai tujuan. Sebuah catatan kaki biasanya akan ditunjukkan dengan angka yang ditulis pada akhir sebuah teks (fakta, referensi atau kutipan). Kemudian teks penjelasannya akan terletak di bagian bawah halaman.

Contohnya, catatan kaki digunakan untuk memberitahukan kepada pembaca tentang sumber kutipan yang digunakan dalam teks utama,. Contoh lainnya footnote digunakan untuk penulis untuk menanggapi kutipan atau teks tertentu dll.

Endnote atau catatan akhir merupan sebuah catatan singkat di akhir sebuah dokumen atau akhir section tertentu yang digunakan  untuk memberikan informasi tertentu, seperti informasi kutipan, referensi tambahan atau pun catatan khusus lainnya. Perlu anda ketahui jika footnote posisinya di bagian bawah halaman dokumen, maka endnote berada di akhir dari dokumen.

Cara membuat footnote dan endnote di Word 2013

Langkah pertama.  Tempatkan pointer pada akhir teks utama anda (fakta, kutipan, referensi atau komentar).

Langkah kedua. Anda klik tab “REFERENCES”, kemudian anda klik “Insert Footnote” untuk menambahkan footnote. Dan klik “Insert Endnote” untuk menambahkan endnote (catatan akhir).

catatan kaki

Langkah ketiga. Jika anda membuat footnote maka anda akan melihat angka di bagian bawah halaman.  Ketikkan teks footnote (catatan kakit) area tersebut, tepatnya setelah angka.

catatan kaki

Sedangkan untuk untuk endnote anda akan melihatnya muncul di akhir dokumen, biasanya ditandai dengan angka juga misalnya, I, ii dan seterusnya. Ketikkan catatan akhir (endnote) pada area tersebut. Selesai.

Catatan:
Anda bisa menambahkan footnote atau pun endnote setelah menuliskan fakta atau pun setelah dokumen selesai anda ketikkan. Sebagai tips, anda bisa menambahkan footnote atau endnote langsung setelah selesai mengetikkan teks utama (fakta, referensi atau lainnya). Alasannya, hal tersebut digunakan untuk mengantisipasi kalau anda lupa membuatnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.