Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2007

Keberadaaan daftar isi dalam membuat laporan, makalah, buku dan sebagainya memang merupakan hal yang sangat penting, dan hal tersebut tak bisa dipungkiri lagi. Dengan adanya daftar isi akan memberi kemudahan pada pembaca dan penulis untuk mengetahui bagian-bagian buku dll.

Anda memang dapat membuat daftar isi dengan cara manual. Tapi bisakah anda membayangkan betapa rumitnya kalau karya tulis yang dibuat daftar isinya itu terdiri dari ribuan halaman. Tentunya ini akan membuat anda pusing.

Namun, anda tak perlu cemas. Anda dapat membuat daftar isi secara otomatis menggunakan fitur “Table of content”. Ada dua cara yang bisa anda pilih untuk membuatnya. Pertama menggunakan level teks dan kedua menggunakan heading. 

Silahkan  anda  lihatlah contoh daftar isi di bawah dan cermati baik-baik
di
Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2007
Cara pertama - Menggunakan level text
Langkah pertama. Silahkan anda blok kalimat yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Misalnya "Metode Pengumpulan Data". Lalu anda klik tab "References", anda klik "Add text", dan terakhir klik "Level 1"
Langkah kedua. Anda bisa melakukan hal yang sama pada kalimat-kalimat berikutnya, dan menyesuaikannya dengan level yang anda inginkan.  Sebagai contoh "Sumber Data" untuk level 2, "Contoh Data primer" untuk level 3 dan seterusnya.

Langkah ketiga. Posisikan pointer anda pada halaman kosong dimana anda ingin menempatkan daftar isi. Lalu anda klik tab "References", lalu anda klik "Table of contents" dan terakhir klik "Automatic table 2". Dan daftar isi secara otomatis akan ditambah ditambahkan ke halaman anda.

Catatan:
  • Standarnya anda hanya akan melihat 3 leve text, untuk menambahkan level berikutnya lihat di bagian bawah artikel ini.
  • Standarnya judul daftar isi yaitu "Table of contents", untuk mengubahnya anda bisa mengeditnya secara manual.
Cara kedua - Menggunakan heading
Pertama. Blok kalimat yang akan dijadikan bagian 1, kalau di contoh “Metode Pengumpulan Data”. Diikuti dengan  mengklik  “heading 1”
di
Kedua. Blok kalimat yang akan dijadikan bagian 2, kalau di contoh “A. Sumber Data”. Selanjutnya anda bisa klik “heading 1”
di
Ketiga. Blok kalimat yang akan dijadikan sub bagian 2 (2.1) , kalau di contoh “Contoh data primer”. Diikuti dengan  mengklik  “heading 2.”. Lakukan sampai akhir, kalau untuk sub bagian 3 (2.1.1), maka klik “heading 3.”
di
Keempat. Tambahkan halaman kosong, tempat untuk menambahkan halaman daftar isi pada karya tulis anda. Pada halaman kosong tersebut anda klik “ References”, lalu klik  “Table of Contents” dan terakhir klik "Automatic table 2". Maka daftar isi akan muncul otomatis, untuk judul halaman biasanya bertuliskan kalimat “content”, anda bisa menggantinya secara manual dengan tulisan “daftar isi”. 

Catatan:
  • Heading 3, 4 dan seterusnya akan muncul setelah anda menggunakan heading sebelumnya. Misalnya jika anda telah menggunakan 2 maka heading 3 akan muncul secara otomatis pada kotak style.
  • Jika heading 3, 4 dan seterusnya tidak muncul maka anda bisa menekan Alt+CTRL+shift+S pada keyboard anda secara bersamaan. Lalu anda akan melihat panel "Styles" muncul, lalu anda klik "Options...". Berikutnya anda centang "Show next heading when previous level is used" dan terakhir klik "OK"
  • Untuk memodifikasi format huruf pada heading, maka anda bisa menekan Alt+CTRL+shift+S pada keyboard anda secara bersamaan. Lalu anda akan melihat icon "Manage Styles" (disamping tombol options).
Cara menambahkan jumlah level pada daftar isi
Apabila anda membutuhkan level teks lebih dari tigal level, maka anda bisa mengklik tab “References”, kemudian anda klik "Table of Contents" dan klik “Insert Table of Contents”. Selanjutnya akan muncul jendela “Tables of Contents”. Lalu silahkan anda ubah angka pada bagian “Show Levels” sesuai dengan angka yang anda butuhkan. Terakhir klik “OK”

Cara mengupdate daftar isi

Apabila anda telah membuat daftar isi kemudian anda melakukan perubahan pada dokumen anda, maka anda harus mengupdate daftar isi (table of contens) tersebut. Jadi bila ada perubahan nomor halaman atau level baru ditambahkan, maka daftar isi pun sesuai dengan dokumen. 

Cara mengupdate table of contents sangatlah mudah, anda cukup mengklik tab “References”. Selanjutnya anda klik “Update table”. Pilih “Update entire table” dan terakhir klik tombol “OK”. Dan daftar isi anda pun telah selesai diperbaharui.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.