Cara membuat daftar gambar atau table of figures di Microsoft Word 2013

Tak ubahnya dengan daftar isi yang digunakan sebagai navigasi dalam sebuah dokumen, daftar gambar juga digunakan pada sebuah dokumen untuk memudahkan pembuat atau pun pembaca dokumen untuk mengetahui label dan keberadaan gambar pada halaman.

Untuk itu, bila dokumen anda mengandung banyak gambar maka sebaiknya anda menambahkan daftar gambar.  Cara membuat daftar gambar tidak sulit, anda bisa membuatnya di Word 2013.

Sebelum anda membaca lebih auh tentang cara membuat daftar gambar, maka terlebih dulu anda harus mengetahui tentang caption dan cara membuat caption pada gambar. Sebuah caption pada gambar adalah sebuah keterangan ringkas tentang gambar tersebut.

Sebelum anda membuat daftar gambar, maka anda harus menambahkan caption untuk setiap gambar yang anda sisipka di dokumen anda. Cara membuat caption dan membuat daftar gambar di Word 2013 sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti petunjuknya secara rinci pada ulasan di bawah.

Cara membuat caption pada gambar di Word 2013

Langkah pertama anda masukkan gambar anda. Caranya anda klik tab “INSERT”. Kemudian anda klik “Pictures”, lalu pilih gambar dari koleksi anda dan klik “Insert”. Dan gambar anda pun telah selesai di sisipkan.

Catatan : anda bisa mengklik “Online Pictures” untuk memasukkan gambar dari internet. Tapi perlu anda ingat, sebelum itu anda pastikan terlebih dulu computer anda telah terhubung ke internet.

Langkah kedua. Setelah anda memasukkan gambar, selanutnya anda klik gambar anda tersebut. Lalu anda klik tab “REFERENCES” dan klik “Insert Caption”. Dan setelah itu anda akan melihat jendela seperti di bawah ini muncul.

Word 2013 Caption

Langkah ketiga. Masukkan keterang gambar pada kolom “Caption:”. Misalnya “Figure 1 Sepatu” untuk caption gambar sepatu. Selanjutnya klik tombol “OK”

Word 2013 Caption1

Ingat!
Bila anda menggunakan bahasa Indonesia maka anda bisa mengubah tulisan figure menjadi gambar. Caranya klik “New Label…”. Lalu ketikkan “Gambar” dan klik lah tombol “OK”. Kemudian pada bagian Options Label, silahkan anda pilih “Gambar”. Selesai.

Lakukan penambahan caption pada setiap gambar yang telah anda sisipkan sesuai dengan cara di atas, satu persatu.

Cara membuat daftar gambar di Word 2013 

Seusai anda memberi caption pada tiap gambar, maka tahap berikutnya adalah membuat daftar gambar. Caranya sangat mudah. Pertama anda klik tab “REFERENCES”. Kemudian anda klik “Insert Table of Figures”. Dan anda akan melihat endela seperti di bawah ini muncul.

Word 2013 Caption2

Keterangan. Bila anda ingin menghilangkan nomor halaman pada daftar tabel, maka anda bisa menghilangkan tanda centang pada “Show page numbers”. Untuk menghilangkan tanda titik-titik penghubung teks dengan nomor halaman maka anda pilih “None” pada bagian “Tab leader”. Dan juga jangan lupa untuk mengganti “Caption label” menjadi “Gambar”.

Setelah anda selesai pada jendela “Table of Figures”, kemudian anda klik tombol “OK.”. Dan daftar gambar pun telah selesai dibuat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.