Panduan membuat Animasi di Microsoft PowerPoint 2013 dan 2010

Di PowerPoint 2013, anda bisa membuat slide presentasi yang menarik dengan sangat mudah. Anda dapat menambahkan animasi pada objek tertentu, seperti shape (bentuk), clipart, text box, gambar,atau pun grafik. Anda dapat menambahkan animasi masuk, emphasis dan keluar pada object. Anda bisa menambahkan beberapa animasi sekaligus pada satu objek.

Selain itu anda juga bisa mengatur timing dari animasi yang anda gunakan, contohnya anda dapat mengatur kapan animasi dimulai, menentukan berapa lama durasi animasi, penundaan animasi dan juga anda dapat mengubah urutan animasi. Berikut beberapa panduan  menggunakan animasi di PowerPoint 2013.

Cara-cara di bawah selain bisa diterapkan pada PowerPoint 2013, juga dapat diterapkan pada Microsoft PowerPoint 2010

Empat jenis animasi yang tersedia di PowerPoint 2013

Saat anda mengklik tombol “Add Animation” yang terdapat pada ribbon tab “Animations”, Anda akan melihat beberapa pilihan tipe animasi yang dapat anda pilih dan terapkan pada objek anda. Berikut keempat tipe animasi yang tersedia.

  1. Animasi “Entrance” digunakan untuk mengontrol bagaimana objek memasuki slide. Misalnya, bila anda menambahkan animasi “Split” pada objek, maka saat objek tersebut memasuk slide maka animasi yang akan muncul adalah objek akan "terbelah kemudian menyatu".

  2. Animasi “emphasis”,  animasi ini digunakan ketika objek sudah masuk pada slide, animasi ini bisa terlihat apabila anda mengklik mouse. Misalnya, Anda dapat menambahkan animasi emphasis lebih tepatnya “spin” untuk membuat objek berputar ketika Anda mengklik mouse.

  3. Animasi “Exit”, anda bisa menggunakan animasi untuk mengontrol bagaimana objek keluar dari slide. Misalnya, dengan menambahkan animasi exit khususnya “Fade”, maka objek akan memudar dan menghilang.

  4. Animasi “Path”, animasi ini berfungsi kurang lebih seperti animasi “emphasis”, kecuali objek dapat bergerak dalam slide dengan mengikuti arah jalur yang telah anda tentukan, seperti objek mengikuti jalur “Shape” atau “lingkaran”.

Cara menambahkan animasi dan efek pada objek

Langkah pertama anda sisipkan objek anda terlebih dahulu. Misalnya text box, bentuk bintang, gambar atau lainnya. Selanjutnya anda klik objek tersebut, lalu klik tab “Animations”, berikutnya klik tombol “Add animation”, terakhir pilih dan klik tipe animasi yang anda inginkan.

PowerPoint 2013 Animation

Effect Options

Setelah anda menambahkan animasi, selanjutnya anda dapat memilih efek animasi. Cara pilih animasi  di animation pane. Kemudian anda klik “Effect Options”, terakhir anda pilih dan klik efek animasi yang anda minati.

PowerPoint 2013 Animation2

Cara memunculkan panel animasi (Animation pane)

Kenapa harus memunculkan “Animation Pane”? Dengan adanya “Animation Pane” akan memudahkan anda untuk melihat, memilih dan mengatur timing animasi serta memudahkan anda mengubah urutan animasi.

powerpoint animation pane

Caranya memunculkan animation pane. pertama klik tab “Animations”, lihat ke grup “Advanced animation” dan selanjutnya anda klik “Animations Pane” untuk memunculkan panel animasi. Dan panel animasi pun akan muncul di bagian kanan jendela PowerPoint anda.

Cara mengatur timing pada animasi

Anda bisa mengatur timing seperti mengatur kapan animasi di mulai (start), durasi animasi (durations),penundaan (delay), dan mengubah urutan animasi. Caranya anda pilih animasi yang ingin anda atur timing atau pun urutannya pada panel animasi. Selanjutnya anda klik tab “Animations” kemudian perhatikan grup “Timing”. Dan terakhir ada bisa langsung menggunakan tools yang tersedia pada grup “Timing”. Seperti start, delay dan durations.

PowerPoint 2013 Animation3

Catatan:
  • Anda bisa mengatur timing dan efek animasi secara langsung dari panel animasi “Animation pane”. Pilih dan klik animasi pada panel animasi, selanjutnya anda klik tombol mata panah.

  • powerpoint animation pane

  • Mengatur kapan animasi dimulai. Secara standar animasi akan dimulai ketika anda mengklik mouse (Start On Click). Pilihan lainnya, “Start With Previous” untuk memulai efek bersamaan dengan efek animasi sebelumnya. Dan “Start After Previous” untuk memulai efek setelah efek animasi sebelumnya selesai.

  • Gunakan tool "preview" untuk melihat pratinjau animasi pada slide.

Cara menghapus animasi
Anda pilih animasi di animation pane dan klik tombol “delete” pada keyboard anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.