Cara membuat diagram pie di Microsoft Excel 2010

Diagram pie atau diagram lingkaran merupakan salah satu diagram yang sering digunakan untuk melengkapi dokumen, slide presentasi, laporan dan sebagainya.  Diagram pie menampilkan data secara visual dalam bentuk bagian-bagian tertentu (persentase), dimana setiap bagian dari data yang di wakili sebagai bagian dari keseluruhan data. Dengan menambahkan diagram dalam data anda dapat mempermudah pembaca untuk mengalisis data yang disajikan.

Di Microsoft Excel 2010, anda bisa membuat diagram pie dengan sangat mudah. Baik diagram pie yang dua dimensi atau pun tiga dimensi. Anda dapat memanfaatkan tools yang tersedia untuk membuat diagram menjadi lebih mudah dipahami dan juga menarik.

Di bawah saya akan menyajikan tentang langkah-langkah dasar membuat diagram dengan cepat dan sangat mudah. Akan tetapi sebelum melangkah ke tahap pembuatannya, sebaiknya anda amati contoh diagram pie berikut.

word pie chart

Cara membuat diagram pie di Microsoft Excel 2010

Langkah pertama, silahkan anda masukkan data anda dalam tabel. Kemudian anda blok seluruh data dalam tabel, dan lanjutnya dengan mengklik tab “Insert”.

word pie chart

Langkah kedua Lalu anda klik “Pie” , pilih dan klik bentuk diagram pie yang anda butuhkan. Misalnya anda dapat mengklik “Exploded pie” . Diagram pie pun telah selesai di buat. Anda dapat memformat diagram pie anda. Seperti mengubah  warna pada diagram, melengkapi judul, legenda dan elemen lainnya pada diagram. Baca lebih lanjutan tentang tutorial memformat diagram pie di bawah.

word pie chart

Cara memformat diagram pie

Cara menambahkan judul pada diagram pie. Pertama anda klik area diagram, lalu anda klik tab “Layout” dan klik “Chart Title”. Berikutnya anda akan melihat pilihan dimana anda bisa menempatkan judul, silahkan anda pilih dan klik salah satu dari pilihan tersebut.

Cara menambahkan keterangan angka (legend) pada diagram pie. Anda klik area diagram, lanjutkan dengan mengklik tab “layout” dan klik “Legend”. Lalu anda pun dapat memilih dan mengklik dimana anda ingin menempatkan keterangan legend. Sebagai contoh anda dapat mengklik “Show Legend at right” untuk menambahkan dan menempatkan keterangan legend di sebelah kanan diagram.

Cara menambahkan keterangan angka pada setiap bagian diagram (Data Labels). Anda klik diagram yang telah anda buat, lalu anda klik tab “Layout”, klik “Data Labels”, pilih dan klik “Inside End”. Anda bisa mengklik selain “Inside End” untuk memposisikan keterang di area lainnya.

Secara standar keterangan data labels biasanya berupa angka (jika angka dalam tabel kecil). Namun anda dapat mengubahnya menjadi persen. Dengan cara anda klik area diagram, klik tab “Layout” , klik “Data Labels” dan klik “More Data Label Options”.

Setelah muncul jendela “Format Data Labels”, maka berikutnya anda klik “Number” pada bilah navigasi kiri. Lalu klik “Percentage” dan terakhir klik “Close”

Cara mengubah warna bagian pada diagram pie, anda klik dua kali (double) pada bagian diagram yang diubah warnanya. Selanjutnya klik tab “Format”, klik “Shape Fill” dan klik warna yang anda sukai. sebagai informasi tambahan, “shape fill” untuk mengubah warna bagian dalam dan “Shape outline” untu mengubah warna garis luar.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.