Cara agar blog muncul di hasil penelusuran Google

Sudah menjadi hal yang umum kalau seorang pemilik blog atau website menginginkan blog mereka muncul di halaman hasil penelusuran Google. Bahkan tak jarang yang berharap halaman blog mereka selalu muncul di halaman pertama di hasil penelusuran. Banyak cara yang bisa anda coba agar blog anda muncul di Google, beberapa cara yang bisa anda coba misalnya sebagai berikut:

Cara cepat agar blog muncul di hasil penelusuran Google
  1. Pastikan privacy blog anda sudah diatur ke public

  2. Banyak orang menulis blog untuk berbagi pemikiran mereka dengan semua orang. Namun demikian sebagai pemilik blog, anda memiliki control penuh terhadap blog anda dan dapat memilih siapa saja yang dapat melihat blog anda. 

    Anda bisa menjadikan blog anda sebagai blog pribadi dimana hanya anda atau orang-orang tertentu saja yang bisa mengakses blog anda.  Agar blog bisa dirayapi dengan baik oleh Googlebot, bisa muncul di Google dan dapat dibaca oleh semua orang maka  pastikan kalau izin pembaca blog anda untuk public. 

  3. Isi blog dengan konten yang berkualitas

  4. Agar blog muncul di Google maka anda perlu membuat konten yang berkualitas. Konten yang berguna untuk orang lain dan bersifat informative. Konten yang orisinil dan unik alias bukan hasil copy paste.  Karena Google biasanya menyingkirkan blog yang berisi konten-konten yang hasil copy paste.

    Dengan membuat konten yang bernilai maka anda tidak perlu kuatir tidak dapat ditemukan pengguna internet lain di Google.  Meskipun anda tidak menerapkan seo di blog anda, dengan adanya konten yang berguna dan informative tentunya pengunjung dapat menemukan blog anda di Google. 

    Dan  disarankan untuk anda  membuat konten yang benar-benar dibutuhkan orang lain, konten yang sangat fresh berisi berita atau informasi yang sedang ngetrend. Informasi yang disajikan di blog anda sebaiknya terstruktur, tidak bertele-tele dan lengkap. Misalnya anda membuat resep masakan, dengan isi konten yang lengkap meliputi, bahan, bumbu, cara memasak, cara menyajikan, kandungan gizi dan sebagainya.

  5. Tambahkan situs ke webmaster

  6. Google webmaster (Search console). Anda bisa menambahkan situs atau blog anda ke layanan Google search console secara gratis. Dengan demikian anda dapat memantau bagaimana kinerja blog anda.  Misalnya anda dapat meminta Google untuk merayapi dan mengindeks blog anda, sehingga blog anda bisa muncul di halaman hasil penelusuran Google. 

    Banyak tools yang tersedia di Google search console yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan lalu lintas blog anda dan mempertahankan keberadaan blog anda di halaman hasil penelusuran Google. Untuk bisa masuk ke Google search console dan memanfaatkan tools yang ada, anda bisa menggunakan akun Google yang telah anda miliki.  Jadi jika anda belum memiliki akun Google, maka sebaiknya anda membuat akun google terlebih dahulu. 

    Bing webmaster. Tidak hanya Google search console, anda perlu  menambahkan situs anda ke bing webmaster dan menggunakan tool-tool yang tersedia untuk memantau kinerja situs dan membuatnya muncul di halaman hasil mesin pencari bing. Untuk bisa menggunakan layanan bing webmaster maka anda harus memiliki akun Microsoft.

  7. Desain blog/situs yang baik dan bagus

  8. Setiap orang tentunya memiliki tolok ukur desain yang baik dan bagus berbeda-beda. Salah satunya anda bisa mengikuti pedoman Google search console yaitu; desain situs responsive, desain situs mudah dirayapi mesin pencari dan memiliki navigasi yang mudah.

    Dengan desain situs yang responsive, anda bisa mendapatkan pengunjung dari pengguna computer, ponsel atau pun tablet. Desain situs yang mudah dirayapi mesin pencari tentunya dapat membantu Google atau mesin pencari lainnya dalam memahami situs anda, blog akan dirayapi dan muncul di halaman hasil penelusuran. Terakhir navigasi yang mudah dapat membantu pengunjung ketika mereka ingin menjelajahi  website/blog anda.

  9. Buat video yang terkait dengan blog anda.

  10. Membuat video tentang blog anda atau video yang berkaitan dengan blog, kemudian menguploadnya di situs lain seperti youtube bisa meningkatkan traffic blog anda. Misalnya anda membuat video tutorial memasak dan menguploadnya di channel youtube anda dan menambahkan alamat blog anda sebagai watermark. 

    Jadi blog anda bisa muncul di Google secara langsung atau channel anda yang mengarah ke blog yang muncul di hasil pencarian Google.

  11. Buat fan page blog di media social dan share konten blog anda

  12. Buatlah fan page blog anda di media social seperti Facebook dan Google plus. Gunakan nama blog  cantumkan url anda di fan page tersebut. Jangan lupa share konten blog anda ke fanpage tersebut. Kenapa membuat fanpage untuk blog ? Biar pengunjung blog bertambah, blog semakin tenar dan disukai oleh serach engine seperti Google.

  13. Sabar

  14. Search engine tidak merespon perubahan dalam waktu singkat atau dalam semalam. Semua butuh waktu, karena Google tidak hanya merayapi puluhan blog dan website, melainkan ratusan juta. Blog anda bisa muncul dengan cepat dalam hitungan jam, hari, mingguan atau berbulan-bulan di Google search result. Jangan putus asa - tetap bersemangat, berusaha dan berdoa.  

Tips lainnya:

  1. Gunakan jasa periklanan Google, manfaatkan kekuatan iklan untuk mendompleng blog anda.
  2. Terapkan seo di blog anda.
  3. Lakukan penelitian kata kunci dan pilih kata kunci yang banyak dicari orang tetapi nilai kompetisinya rendah.


Apakah saya menerapkan cara-cara diatas untuk blog www.belajar-bareng.com?

Beberapa cara yang saya paparkan diatas telah saya coba terapkan pada blog saya ini. Tepatnya mengaturnya privacy blog ke public, menambahkan blog ke Google search console dan bing webmaster, saya buat video tutorial dengan mencantumkan blog ini didalamnya, membuat fanpage di Google plus dan Facebook.

Sedangkan untuk membuat konten yang berkualitas, saya sendiri selalu berusaha untuk dapat membuatnya. Walaupun sampai sekarang saya masih belum bisa membuatnya, karena saya merasa konten blog ini sangat berantakan.

Dan untuk desain blog, saya belum memiliki ilmu atau kemahiran dalam hal mendesain blog atau pun website. Jadi saya memilih desain simple yang telah disediakan oleh blogger. Untuk poin sabar, mari kita bersama-sama selalu belajar untuk bersabar.

Ingat!
Hindari cara-cara curang untuk memanipulasi mesin pencari.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.