Cara membuat Microsoft Word tidak bisa di edit dengan cepat

Pernah anda mengalami kejadian seperti ini? Anda mengijinkan teman atau partner kerja anda untuk melihat dokumen word anda. Namun setelah anda mengijinkannya, ternyata orang tersebut mengedit dokumen word anda tersebut. Jika hal ini terjadi, tentunya akan menjadi hal yang tidak menyenangkan.

Untuk menghindari kejadian seperti di atas, maka anda bisa memproteksi dokumen word anda agar tida dapat diedit. Jadi tidak ada orang lain yang bisa mengedit dokumen anda, dan anda pun bisa tenang ketika memberikan dokumen tersebut ke orang lain.

Cara cepat membuat Microsoft Word tidak bisa di edit

Apakah cara menyeting dokumen agar tidak bisa diedit itu sulit? Tidak. Cara mengatur agar dokumen word tidak bisa edit tidaklah sulit. Ada dua cara yang bisa anda gunakan. Pertama anda menambahkan perlindungan melalui “editing restrictions” dan cara kedua yaitu dengan “general option”. Untuk mengetahui lebih lanjut kedua cara tersebut, maka anda membaca detail cara tersebut di bawah.

Cara pertama - “editing restrictions”

Langkah pertama. Silahkan anda buka dokumen Microsoft Word anda.  Lalu anda klik tab “review”.

Langkah kedua. Anda klik tombol “protect document” pada ribbon. Dan lanjutkan dengan mengklik "restrict formatting and editing".

kuncidokword

Langkah ketiga: lalu anda centang kotak “allow only this type of editing in the document” dan terakhir klik “yes, start enforcing protection”. Lalu anda akan melihat jendela “protection method”.  Terakhir anda masukkan password sebanyak dua kali. Ingat, gunakan password yang sama pada kedua kotak yang tersedia dan klik tombol “ok”. Selesai.

word editing restrictions

Cara kedua - “general option”

Cara kedua ini sedikit berbeda dengan cara pertama. Karena pada cara kedua ini anda akan melakukan proses penyimpan ulang (save as). Baca selengkapnya pada uraian di bawah.

Langkah pertama. Anda klik icon ms office dan pilihlah “save as”. Setelah jendela save as terbuka, maka anda klik tulisan “tools” yang berada didekat tombol “save”. Selanjutnya anda pilih “general options”.

mengunci dokumen word

Langkah kedua. Anda centang kotak “read-only recommended” dan masukkan password pada kotak “password to modify”. Akhir tahap ini anda hanya perlu menekan tombol “ok”

mengunci dokumen word

Langkah ketiga. Tahap ini adalah tahap dimana anda diminta untuk mengulangi password yang sama dan menekan tombol “ok”. Terakhir anda hanya perlu menyimpan dokumen dengan menekan tombol “save”. Dan selesai.