Cara membackup dan mengganti template blog di blogger dengan mudah

Apakah anda berencana mengganti atau mengotak-atik template blog anda? saya sarankan, sebelum anda menggantinya, silahkan anda mem-backup template blog anda terlebih dahulu. Hal tersebut diperlukan jika terjadi kesalahan pada template anda yang baru, maka anda bisa dengan mudah kembali menggunakan template lama anda.

Berikut anda bisa membaca bagaimana cara untuk membackup template dan cara mengganti template di blogger.

Cara membackup template
  1. Kunjungi situs resmi blogger, yaitu www.blogger.com
  2. Masuk (login) ke blogger menggunakan akun google anda.  entry alamat email dan password anda. apabila anda memiliki akun google anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Anda bisa melihat cara membuat akun google pada tautan di bawah.
  3. Masuk ke dashboard blog anda dan pilih template.
  4. Cara backup template
  5. Klik “Back/Restore” .
  6. Cara backup template
  7. Setelah muncul tab baru, pilih “download full template.
  8. Selesai.

Setelah anda mendownload template, anda bisa lihat file template itu di menu download  browser anda. jika anda ingin merestore atu mengembalikan template  maka anda bisa pilih “Choose file”, dan pilih file template blog anda. 

Cara mengganti template blog di blogger  dengan mudah
Pertama masuk www.blogger.com dengan menggunakan email dan password gmail anda. Selanjutnya anda klik nama blog untuk menuju ke dashboard blog tersebut.
Blogger post
Kedua. Pada tampilan overview, silahkan anda klik “template” pada bilah navigasi sebelah kiri.
Blogger Template

Ketiga. Arahkan cursor anda ke salah satu template, kemudian akan muncul tulisan “apply to blog”. Selanjutnya silahkan anda klik tulisan “apply to blog” untuk mengganti template dengan template yang anda pilih tersebut.

Cara menyesuaikan template blog dengan keperluan anda di blogger

Selain mengganti template, anda juga dapat menyesuaikan template blog dengan kebutuhan anda. misalnya anda ingin mengubah gambar pada background blog, mengubah ukuran dan warna pada judul blog, mengubah layout dan lain-lain.

Pertama, silahkan anda buka halaman dashboard blog anda dan klik “template” pada bilah navigasi sebelah kiri.

Kedua. Lanjutkan dengan mengklik tombol “customize”.
Blogger Template

Ketiga. Berikutnya anda akan terbuka halaman “blogger template designer”. Untuk mengubah gambar background pada template, maka anda klik “background” pada bilah kiri. Dan lanjutkan dengan mengklik tombol mata panah pada “background image”. Akhiri dengan mengklik salah satu background dan klik “done”
Blogger Template
Keempat. Untuh mengubah ukuran halaman dan sisi kanan blog, maka silahkan anda klik “adjust widths”.

Kelima. untuk menyesuaikan layout anda bisa mengklik “layout”. sebagai contoh, anda dapat mengubah bagian footer blog menjadi beberapa bagian.

Keenam. Untuk pengaturan lebih lanjut anda bisa mengklik tombol “advance”. Seperti pengaturan font, warna huruf, background, menambahkan kode css dan sebagainya.

Ketujuh. Setelah anda selesai menyesuaikan template blog anda, maka terakhir silahkan anda klik tombol “apply to blog” (pojok kanan atas).

Catatan.
Anda juga dapat menggunakan template yang telah anda download dari situs penyedia template untuk blogger.