Cara membuat pivot table di Microsoft excel 2013

Kegiatan menganalisis data yang memang bisa di bilang mudah dan juga dapat dikatakan sulit. Apabila jumlah datanya tidak banyak mungkin bisa dengan lakukan dengan cara sederhana. Akan tetapi bagaimana bila datanya berjumlah banyak. Seperti data laporan penjualan dari toko yang anda miliki.

create pivot table 

Di excel 2013 anda bisa membuat pivot table untuk mempermudah proses analisis data . Misalnya anda ingin mengetahui data penjualan pada tanggal tertentu. Cara membuat pivot table di excel 2013 tidak sulit kok. Anda bisa membaca langkah-langkahnya di bawah.

Cara membuat pivot table di excel 2013 dengan mudah

Langkah pertama. Masukkan seluruh data anda dalam tabel kemudian silahkan anda blok (pilih) seluruh cell yang berisi data anda.

insert Pivot table

Langkah kedua. Selanjutnya klik tab “Insert” dan klik “Pivot Table” pada grup tables.

insert Pivot table

Langkah ketiga. Berikutnya anda akan melihat jendela pembuatan pivot table seperti di bawah. Silahkan anda perhatikan kolom “Select a table or range” dan periksalah apakah table atau range data yang anda pilih sudah sesuai.

insert Pivot table

Langkah keempat. Masih berkutat pada gambar di atas (lihat gambar pada langkah ketiga). Silahkan anda pilih tempat dimana anda ingin menempatkan pivot table anda. Apakah anda ingin menempatkan pivot table pada sheet yang baru (New Worksheet) atau anda ingin menempatkan pivot table pada sheet yang sedang anda buka sekarang. Terakhir dari tahap ini, silahkan anda klik tombol, “OK”.

Langkah kelima. Untuk mengatur bagian pada laporan (pivot table) anda bisa memperhatikan panel pada bilah kanan. Kemudian anda bisa  menyeret (drag) bagian ke area “Filter”, area “Column”, area “Rows” atau area “value”.  Sebagai contoh anda dapat memperhatikan screenshot di bawah. Dan anda bisa melihat hasil pembuatan pivot tablepada gambar di atas.

insert Pivot table