Cara membuat histogram dan line graph di Microsoft Word 2007

Histogram merupakan salah satu model diagram yang menggambarkan penyebaran data yang sering digunakan untuk melengkapi dokumen word. Cara membuat histogram tidaklah sulit asal anda tahu caranya. Anda bisa membaca rincian cara membuatnya di bawah ini.

Contoh:
Histogram linegraph

 Cara membuat histogram dan line graph di Microsoft Word 2007

Langkah pertama;
silahkan anda mengklik tab “Insert”, kemudian coba anda perhatikan grup “Illustration”. Lalu lanjutkan dengan mengklik “Chart”
Insert Illustration
Langkah kedua;  kemudian anda akan melihat jendela yang berisi model-model atau bentuk-bentuk grafik. Maka silahkan anda pilih dan klik  model “Clustered Column. Dan akhiri dengan mengklik tombol “OK”.
membuat diagram
Langkah ketiga: setelah anda memilih model grafik maka akan muncul lembar kerja excel. Lanjutkan dengan memasukkan data untuk histogram anda pada lembar kerja excel tersebut. Kalau sudah selesai mengetikkan data anda, maka anda bisa menutup lembar kerja excel  tersebut.
Histogram linegraph
Langkah empat: Apabila anda ingin merapatkan batang (data series) pada histogram, maka silahkan anda klik pada data series dan lanjutnkan dengan mengklik kanan mouse. Setelah muncul pilihan silahkan anda klik “Format data series…”.
Histogram linegraph
Langkah kelima. Setelah anda mengklik format data series, maka akan muncul jendela format data series seperti di bawah. Berikutnya silahkan anda ubah “Gap Width” menjadi nol persen (0%). Setelah selesai jangan lupa untuk mengklik “Close”.

Bagaimana cara menambahkan line graph pada histogram?

Untuk member line graph pada histogram, silahkan anda klik area histogram terlebih dahulu. Kemudian ikuti dengan mengklik tab “Layout”.  Selanjutnya klik “trendline”.  Dan akhiri dengan mengklik “Linear Trendline”
Histogram linegraph
Bagaimana cara mengubah gaya histogram?

Di Microsoft Word 2007, anda dapat mengubah format histogram dengan mudah. Misalnya anda ingin mengubah gaya batang (data series) pada histogram, maka anda hanya perlu mengklik bagian batang  tersebut. Lalu anda klik tab “Format”. Perhatikan grup “Shape style”  dan klik style yang anda sukai.
Histogram linegraph
Atau jika anda ingin mengubahnya dengan warna yang anda sukai, maka maka anda hanya perlu mengklik “Shape fill” dan klik warna yang anda suka. Masih banyak tool yang tersedia pada tab design, layout dan format yang bisa anda gunakan untuk melengkapi histogram, mempercantik histogram dan mengubah desain  histogram. Yang perlu diingat, untuk dapat menggunakan alat-alat tersebut anda harus mengklik area yang ingin anda ubah terlebih dahulu.