Cara membuat hyperlink di PowerPoint 2013

Untuk memudahkan navigasi slide presentasi di powerpoint 2013, maka anda dapat menautkan (membuat hyperlink) ke slide lain pada file yang sama, dokumen lain, halaman web, dokumen baru atau ke alamat email. Jadi ketika anda mengklik link (tautan) tersebut, maka anda akan langsung diarahkan ke halaman yang anda inginkan.

Biasanya hyperlink ini digunakan untuk membuat tombol back  atau kembali, tombol next, selanjutnya, tombol beranda atau home dan sebagainya. Jadi anda hanya perlu membuat gambar tombol dan menambahkan hpyperlink pada tombol tersebut. Cara membuat hyperlink tidak begitu sulit. Bagaimana caranya? Silahkan anda baca selengkapnya di bawah.

Cara membuat hyperlink di PowerPoint 2013

Pertama. Anda blog blok kalimat atau shape (tombol yang te;ah anda buat) yang akan anda beri hyperlink. Kemudian anda klik tab  “INSERT” dan perhatikan group “Links”

PowerPoint Links

Kedua. Anda klik tool “Hyperlink”. Lalu akan muncul jendela insert hyperlink seperti di bawah. Apabila anda ingin menautkankan kata yang anda blok tadi ke slide lain pada dokumen yang sama, maka silahkan anda klik “Place in This Document”

PowerPoint Links

Ketiga. Selanjutnya anda pilih dan klik nama slide pada kotak “Select a place in this document.
Dan terakhir klik “OK”

Catatan;
  • Untuk anda yang ingin membuat link ke file lain atau ke alamat website, maka anda bisa klik “Existing File or Web Page”. Jika anda ingin menautkan ke dokumen yang baru maka klik “Create New Document”.   Dan terakhir seandainya anda ingin menautkan ke alamat email, maka silahkan anda klik “Email Address”.
  • Anda dapat memilih teks, gambar, WordArt atau bahkan bentuk tertentu dan menjadikannya hyperlink.
  • Untuk mengedit Hyperlink, anda klik hyperlink tersebut kemudian anda klik kanan mouse dan klik "Edit Hyperlink...". Dan untuk menghapus hyperlink, anda hanya perlu mengklik hyperlink kemudian klik kanan mouse dan pilih "Remove Hyperlink"