Cara membuat diagram lingkaran di Microsoft Excel 2007

Apakah anda kesulitan membuat diagram lingkaran di Microsoft Excel 2007? Jika ya, maka anda tidak perlu kuatir. Cara membuatnya tidak sulit. Anda bisa mengikuti tahapan membuatnya di bawah.

Cara membuat diagram lingkaran di Microsoft Excel 2007

Langkah pertama. Silahkan anda blok seluruh tabel berisi data yang akan dibuat diagram lingkaran (pie). Selanjutnya anda klik tab “Insert” dan perhatikan grup “Charts”. Selanjutnya anda klik “Pie”.
Excel Insert Chart
Langkah kedua. Setelah anda klik “Pie”, maka selanjutnya silahkan anda pilih dan klik model diagram lingkaran yang anda inginkan. Anda dapat memilih salah satu model diagram, baik dari dua dimensi atau pun yang tiga dimensi. Dan diagram pun sudah jadi.
Excel Insert Chart
Langkah ketiga. Apabila diagram anda belum memiliki judul, maka silahkan anda klik diagram yang sudah ada, selanjutnya klik tab “layout”, kemudian klik “Chart Title” dan akhiri dengan mengklik “Above Chart”. Untuk dapat mengedit judul silahkan anda double klik pada judul tersebut.
word keterangan grafik
Langkah keempat. Jika diagram anda tidak ada keterangannya (legend), maka anad bisa menambahkannya. Caranya anda klik diagram lingkarannya, lalu klik “Legend”, selanjutnya pilih dan klik salah satu pilihan yang ada. Misalnya anda dapat mengklik “Show legend at Bottom” untuk menempatkan keterangan di bawah diagram lingkaran.
word keterangan grafik
Langkah kelima. Anda dapat menambahkan keterangan pada bagian diagram, misalnya persentase masing-masing bagian. Caranya silahkan anda klik grafik, lalu klik “Data Labels”, selanjutnya pilih dan klik posisi dimana anda ingin menempatkan keterangan tersebut. Apakah anda ingin menempatkan di tengah diagram (center), di tepi diagram (inside end) atau lainnya.
Excel Insert Chart

Catatan.
Apabila anda ingin mengubah warna bagian diagram, maka anda bisa klik bagian tersebut terlebih dahulu. Kemudian klik tab “Format, lalu klik “Shape fill” dan pilih warna yang diminati.  Anda bisa melakukan uji coba pada diagram anda dengan menggunakan tool lain pada format untuk mempercantik diagram lingkaran anda.