Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2013

Daftar isi merupakan halaman yang sangat penting untuk sebuah buku, dokumen atau pun lainnya. Daftar isi mempermudah pembaca dalam menelusuri halaman dengan cepat dengan mengacu pada poin-poin yang tercantum pada halaman daftar isi.  Cara membuatnya pun sangat mudah.

Sebelum membahas ke langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis, coba anda perhatikan gambar daftar isi di bawah,  coba anda amati level-level yang digunakan dalam daftar isi.

TOC


Dari gambar di atas anda tentunya bisa melihat “Text 1” dan “text 7” berada pada level 1, “text 2” dan “Text 8” berada pada level  2 dan seterusnya. Jadi dalam pembuatan daftar isi, anda hanya perlu mengelompokkan teks dalam level tertentu agar nantinya teks tersebut muncul pada daftar isi dengan urutan yang anda inginkan.

Cara membuat daftar isi otomatis di microsoft Word 2013

Langkah pertama. Pada tahap ini mengelompokkan atau menandai teks-teks tertentu yang nantinya akan di masukkan pada daftar isi. Mula-mula, silahkan anda blok teks yang akan anda tempatkan pada level 1. Selanjutnya anda  klik tab “References”, lanjutkan dengan klik “Add Text” dan pilih “Level1”. Terapkan cara ini pada semua teks yang nantinya akan di posisikan pada level 1.

word 2013 references TOC2

Lakukan hal yang sama pada teks yang akan ditempatkan pada level 2. Blok teks, klik “References”, klik “Add Text” dan pilih level “2”

Langkah kedua. Apabila anda telah selesai menandai seluruh teks yang merupakan poin-poin penting dalam dokumen anda, maka masuk ke langkah selanjutnya. Yaitu anda sediakan halaman kosong (pada dokumen yang sama) untuk menempatkan daftar isi.

Langkah ketiga. Tempatkan kursor pada halaman kosong tersebut. Lalu klik tab “References”, lalu klik “Table of Contents”, kemudian pilih dan klik salah satu model daftar isi yang diinginkan. Dan daftar isi pun telah selesai dibuat. Bila anda ingin mengedit judul daftar isi, maka anda dapat mengeditnya secara manual.

word 2013 references TOC5

Cara menambahkan level pada daftar isi

Secara standar, bila anda membuat daftar isi otomatis di Word 2013, maka pilihan level add text hanya sampai level tiga saja. Namun demikian anda dapat mengubah jumlah level dan menyesuaikannya dengan keperluan anda.

Cara menambahkan level yaitu: pertama anda klik tab “References”, lalu klik “Table of Contents”, dan klik “Custom Table of Contents…”. Setelah muncul jendela “Table of content”, selanjutnya anda ubah angka pada “Show levels” dengan angka yang anda butuhkan. Terakhir klik tombol “OK”

Cara update tabel daftar isi

Bila anda melakukan perubahan pada dokumen anda, maka anda harus mengupdate daftar isi anda. agar nomor halaman sesuai dengan dokumen. Misalnya bila anda menambahkan teks atau pun gamabar, anda mengelompokkan teks baru baru pad alevel tertentu.

Cara mengupdate yaitu, anda klik daftar isi yang telah anda buat, kemudian klik”Update Table…” dan selanjutnya anda klik “Update entire table”. Dan selesai.  Anda juga dapat memilih “Update page numbers only” jika anda hanya ingin menyesuaikan nomor halaman saja.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.