Tips agar blog atau situs anda tidak terkena Google penalty

Google penalty atau pun sandbox merupakan salah satu mimpi buruk yang selalu dihindari oleh pemilik blog atau website.  Pengaruh dari Google penalty terhadap blog memang bisa memberi pukulan besar pada pemilik blog.  Mulai dari artikel yang tidak muncul di hasil penelusuran sampai yang paling ektrim blog anda lenyap di hasil penelusuran.

Untuk itu mengetahui hal-hal yang dapat menghindarkan blog dari bisa menyebabkannya terkena penalty merupakan sebuah langkah awal yang baik. Berikut-berikut beberapa tips yang bisa anda coba untuk tetap menjaga jarak dengan Google penalty.

Tips agar blog atau situs anda tidak terkena Google penalty

  1. Buat konten yang berkualitas

    • Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu pedoman webmaster, anda pahami baik-baik dan terapkan dalam pembuatan konten untuk blog anda. Dengan memahami pedoman webmaster anda dapat meminimalisir pelanggaran yang mungkin anda lakukan. Intinya, kalau anda tahu apa yang dilarang, tentunya anda tidak akan melakukannya.

    • Berikutnya sajikan konten yang benar-benar berkualitas. Konten yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pembaca anda. Menulislah yang baik untuk pembaca anda. Karena pengalaman yang baik yang didapatkan pembaca akan membawa mereka kembali lagi pada blog anda. Mereka kembali sendiri atau bahkan mereka menyarankan orang lain agar juga ikut membaca blog anda. Jangan sampai tujuan anda membuat konten hanyalah untuk memanipulasi robot mesin pencari. 

    • Konten yang kaya. Sebisa mungkin buatlah konten yang berisi, yang paparan informasi yang jelas dan detail. Hal ini akan memberikan kepuasan pada pengunjung blog anda. 

    • Konten bukan hasil dari copy paste. Jangan sekali-kali melakukan copypaste dari blog lain untuk konten blog anda. Karena hal tersebut dapat merugikan blog anda dan juga blog orang lain. Anda bisa melakukan copypaste asalkan pemilik website/blog yang anda copy kontennya tersebut mengetahui atau telah mengijinkan anda melakukan hal itu.  

  2. Backlink yang berkualitas

  3. Tentunya anda sering membaca tentang pentingnya backlink yang berkualitas. Dengan backlink yang berkualitas  dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung blog anda. Backlink sebaiknya berasal dari halaman-halaman situs/blog yang mengulas topic yang sama dengan blog anda, selain itu sangat penting pula bila blog tersebut juga menggunakan bahasa yang sama.

  4. Link internal yang baik

  5. Membuat tautan dari satu halaman ke halaman dalam domain yang sama memang merupakan salah satu cara memudahkan pembaca anda dan meningkatkan lalulintas di blog anda. Namun demikian, tidak sedikit orang yang membuat link secara asal-asalan. Tapi mempertimbangkan topic halaman dan link yang terkait.  Sebaiknya anda membuat link yang saling berkaitan dengan halaman yang masih memiliki hubungan topik.  

    Misalnya apabila anda menambahkan tautan pada halaman yang berbicara tentang resep makanan, maka tautan yang anda tambahkan tersebut seharusnya juga mengarah pada halaman yang mengulas tentang resep, bahan makanan atau hal lainnya dari topic yang sama. Karena ini akan menambah informasi yang dicari pengunjung website.  

    Hindarilah menggunakan link yang tidak berkaitan dengan halaman. Sebagai contoh, hindari penambahan link tentang smarphone pada halaman yang mengulas tentang resep makanan. Karena dua hal tersebut tidak memiliki hubungan sama sekali. Coba kita pikirkan, jika pembaca mengunjungi halaman web untuk mencari informasi tentang resep maka tentunya mereka mengharapkan dapat memperoleh informasi seputar resep bukan tentang smartphone.

  6. Anchor text yang tepat

  7. Keberagaman teks dalam anchor text memang merupakan suatu keharusan ketika anda membuat tautan. Meskipun demikian tidak sedikit orang yang membuat anchor text sembarangan. 
    Ditambah lagi, sebaiknya anda menghindari menggunakan kata kunci yang berlebihan pada anchor text. Buatlah link dengan menggunakan anchor text yang sesuai dan ringkas yang membuat link anda terlihat natural. Kata yang biasa digunakan dalam anchor adalah nama dan alamat domain anda, nama anda, “here” (disini) atau anchor text yang unik lainnya. 

  8. Stop komentar spam

  9. Anda sering berkomentar di blog lain untuk mendapatkan backlink? Berkomentar di blog orang lain untuk mendapatkan backlink memang sah-sah saja. Tapi jangan serta merta hanya untuk mendapatkan link, karena hal seperti dianggap anda tidak menghargai peilik halaman tersebut.

    Coba anda bayangkan saja, anda mengunjungi dan berkomentar di blog orang lain hanya untuk mendapatkan backlink saja, tentunya hal ini tidak sesuai dengan harapan pemilik halaman. Paling tidak pemilik halaman tersebut berharap anda memberi tanggapan anda tentang konten mereka. Apabila anda menginginkan sesuatu tentunya anda juga harus memberikan sesuatu. Bukankah sebaiknya begitu? 

    Komentar yang biasanya dianggap spam karena hanya mengharapkan backlink contohnya, nice info, postingan yang bagus….dan semacamnya. Komentar yang singkat atau bahkan tidak berhubungan dengan konten yang tersaji. 

  10. Stop hidden text and link

  11. Apabila anda selama ini menyembunyikan konten dan tautan di halaman blog anda, maka sebaiknya anda sebaiknya menghilangkan semua itu, karena semua itu dapat dianggap sebagai sesuatu yang sangat mencurigakan.

    Sederhananya begini, anda membuat dan menyajikan untuk pengunjung website atau blog anda bukan?  Namun jika ternyata anda menyembunyikan konten dan link dari pengunjung, lalu apa tujuan anda? Inilah yang membuat konten dan link tersembunyi sebagai hal yang mencurigakan. 

  12. Hindari SEO yang berlebihan

  13. Apa saja yang termasuk seo berlebihan. Ada banyak hal yang bisa dikategorikan sebagai optimasi yang berlebih. Misalnya penggunan kata kunci yang berlebihan pada meta keyword, terlelu sering melakukan submit dan ping url dan sebagainya.  Lakukan optimasi sewajarnya, jangan terlalu sering submit ataupun ping  dalam waktu singkat. Karena anda akan dianggap spam dan mengganggu. 

  14. Buat situs/blog lebih terpercaya

  15. Gunakan informasi yang sesungguhnya pada keterangan blog, profil anda dan link-link yang terkait dengan situs anda. Misalnya berikan tautan ke profile anda yang asli di media social. Jangan mencoba bersembunyi dari pengunjung blog anda.    
    Bila anda menawarkan konten situs anda ke mereka, maka sebaiknya anda benar-benar bisa dilihat oleh mereka. Jadikan situs anda brand yang terpercaya dan disukai oleh banyak orang. Hal ini akan meningkatkan hubungan blog anda dengan Google. 
    Saya tidak menjamin dengan membaca semua tips  di atas dapat menjauhkan blog atau situs anda dari penalty Google secara pasti.  Berikan perhatian khusus pada blog anda, Berhati-hati dalam menerapkan seo, selalu berusaha menyajikan konten terbaik dan terus belajar tentunya bisa membantu anda untuk meningkatkan hubungan blog anda dengan pengunjung dan juga Google.

Referensi:
  • Http://www.quicksprout.com/2015/05/01/how-to-avoid-a-google-penalty/?Display=wide
  • Http://backlinko.com/prevent-google-penalties