Cara membuat dan memodifikasi tabel di Microsoft Word 2013

Cara membuat tabel di Word 2013 sangat mudah. anda bisa menyisipkan tabel melalui grid tabel yang telah tersedia atau pun menggunakan tool “insert table”. Detail caranya berikut ini:

Cara membuat tabel di Word 2013
Pertama. Anda klik tab  “INSERT”, selanjutnya anda klik fitur “Table”.  Untuk menyisipkan tabel dengan cepat anda bisa mengarahkan cursor anda ke kotak tabel yang telah tersedia.
word 2013 insert table
Kedua. Apabila anda ingin membuat tabel dengan jumlah baris dan kolom tertentu, maka anda bisa mengklik “Insert Table…”. Lalu anda akan melihat jendela insert table muncul seperti gambar di bawah. Maka langkah selanjutnya anda dapat memasukkan jumlah kolom pada kotak “Number of columns” dan jumlah baris pada kotak “Number of rows”. Terakhir anda bisa mengklik "OK"
word 2013 insert table
Cara menambahkan kolom atau baris pada tabel

Cara pertama
Untuk menambahkan baris anda bisa mengarahkan mouse ke tempat di mana anda ingin menambahkan baris (tepatnya diujung garis mendatar/horizontal), hingga muncul tanda plus (tambah). Setelah anda melihat tanda plus, maka anda bisa mengklik tanda tambah tersebut dan baris pun akan langsung ditambahkan.
Menambahkan kolom tabel
Cara untuk menambahkan kolom pun tak jauh berbeda dengan berbeda, untuk menambahkan kolom anda juga hanya perlu mengarahkan mouse ke ujung garis vertical (tegak lurus) hingga tanda plus muncul. Selanjutnya anda tinggal mengklik tanda plus tersebut.

Cara kedua
Cara lainnya untuk menambahkan kolom atau pun baris adalah dengan menempatkan pointer pada kotak yang anda inginkan, kemudian klik kanan mouse. Setelah itu anda bisa mengklik “Insert” dan klik dimana anda ingin menambahkan baris atau kolom. Misalnya anda bisa mengklik “Insert Columns to the left” untuk menambahkan kolom pada sebelah kiri kotak tersebut.

Cara ketiga
Cara ketiga ini juga cukup mudah. tempatkan mouse pada kotak yang inginkan. Kemudian anda anda klik tab “Layout” pada ribbon. Setelah itu anda bisa perhatikan grup “Rows & Columns”. Sebagai contoh anda bisa mengklik “Insert Above” untuk menambahkan baris di atas kotak yang telah anda pilih tersebut.
Ingat:

  • Tab “Layout” hanya muncul ketika anda telah mengklik tabel.
  • Anda juga memanfaatkan fitur lain pada tab layout untuk memodifikasi tabel anda. Seperti anda bisa mengatur ketinggian tabel di kolom "Height", lebar tabel di kolom "Width" dan anda juga bisa menggunakan formula.
Cara menghapus kolom atau baris

Cara pertama
Cara menghapus kolom atau baris juga sangat mudah. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara menambahkannya baris atau kolom yang baru. Anda bisa meletakkan pointer pada kotak yang anda inginkan, kemudian anda klik kanan mouse. Selanjutnya anda klik “Delete Cells”. Lalu anda pilih bagian mana yang ingin anda hapus. Misalnya anda ingin menghapus seluruh baris pada maka anda bisa mengklik “Delete entire row” dan klik tombol “OK”

Cara kedua
Ada posisikan pointer pada kotak, lalu klik tab “Layout” pada ribbon”. Selanjutnya anda klik “Delete” dan pilih bagian mana yang ingin anda hapus.  Sebagai contoh anda bisa mengklik “Delete Rows” untuk menghapus baris.

Cara menggabungkan beberapa cells (kotak) menjadi satu
  • Cara pertama. Silahkan anda blok cell (kotak) yang ingin anda gabungkan. Kemudian klik kanan mouse dan klik “Merge Cells”
  • Cara kedua. Anda blok beberapa cell tersebut, kemudian klik tab “Layout” pada ribbon. Terakhir klik “Merge Cells”
Cara membagi cell menjadi beberapa baris atau kolom
Tempatkan pointer pada kotak/cell yang akan di pecah, kemudian klik kanan mouse. Selanutnya klik “Split cells”. Tentukan jumlah kolom atau baris pada kotak masing-masing, sesuai dengan kebutuhan anda. “Number of columns” untuk memecahkan cell menadi beberapa kolom dan “Number of rows” untuk memecah cell menjadi beberapa baris. Terakhir klik tombol “OK”

Cara mengubah desain tabel

Cara mengubah warna isi table
Untuk mengubah warna tabel anda bisa memilih salah satu cell atau memblok beberapa cell sekaligus. Kemudian klik tab “Design” dan klik “Shading”. Terakhir anda bisa memilih warna yang anda inginkan.

Cara mengganti warna garis pada table
Pertama silahkan anda blok tabel atau cell tertentu dari tabel tersebut. Kemudian klik tab “Design”. Terakhir anda klik “Pen Color” dan pilih warna yang sukai. Selanjutnya anda klik "Borders" dan pilihlah "All Borders".