Cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word 2013

Cara membuat struktur organisasi di Word 2013 tidak jauh berbeda dengan cara membuatnya id Microsoft Word 2010.  Untuk melihat tahapan membuat silahkan anda perhatikan di bawah.

Cara membuat struktur organisasi di Word 2013
Langkah pertama. Buka program Word 2013 terlebih dahulu. Lalu anda klik tab “INSERT” dan klik “SmartArt” ( anda bisa menemukan tool smartart di grup illustration"

Langkah kedua. Berikutnya akan muncul window  untuk memilih model smartart graphich seperti gambar di bawah. Silahkan anda memilih  “Hierarchy” panel sebelah kiri dan pilih bentuk yang "Organization Chart". Terakhir anda bisa mengklik "OK"

Langkah ketiga. Setelah bagan di tambahkan ke dokumen, selanjutnya anda bisa mengedit teks dalam bagan tersebut. Bagan yang muncul biasanya hanya terdiri dari empat elemet saja. Namun anda bisa menambahkan atau bahkan mengurangi setiap elemen dengan mudah.

Cara menambahkan element/bagian baru pada bagan
Pada bagian ini langsung saja saya akan memebri contoh. Saya akan menambahkan elemen baru diantara "Senior teacher" dan "Assistant principle...". Maka pertama saya angkan mengklik elemen "Senior teacher". Kemudian saya akan mengklik kanan mouse, lalu klik "Add Shape" dan pilih "Add Shape After".
 word 2013 insert chart organzation1
Akhirnya elemen baru pun secara otomatis akan disisipkan diantara "Senior teacher" dan "Assistant principle...". Anda juga dapat menyisipkan elemen baru di sebelumnya (before), dia atasnya (above) dan  di bawahnya (Assistant/Below) elemen yang telah anda klik tadi.

Cara mengubah bentuk dan warna elemen/bagian pada bagan
Tahap mewarnai dalam hal apapun memang sangat menyenangkan, begitu pun dengan tahap mewarnai bagian bagan Coba anda lihat contoh bagan yang bewarna warni di bawah ini. Dengan diisi beberapa varian warna dapat membuat bagan jauh lebih fresh dan menarik.
word 2013 insert chart organzation2 
Cara mewarnai bagian bagan sangatlah mudah. Pertama-tama klik bagian yang akan diwarnai, misalnya "Senior teacher". Kemudian klik tab “FORMAT”. Anda bisa mengubah warna isi kotak dengan mengklik "Shape fill" sedangkan untuk warna garis luarnya anda bisa menggunakan "Shape outline".
word 2013 insert smartart
Selain warna bentuk atau shape anda juga dapat mengubah warna teks, yaitu dengan menggunakan alat-alat yang terdapat pada grup "WOrdArt Style". Seperti "Text Fill", Text Outline" dan text effect.

Cara mengubah desain bagan
Selain shape dan text anda juga dapat mengubah desain bagan. Caranya anda klik bagan kemudian klik tab "Design". Anda bisa menggunakan alat-alat yang tersedia dalam tab tersebut untuk mendesai bagan anda.

word 2013 insert smartart Peringatan!!!
Untuk bisa melihat tab Design dan tab Format, maka anda harus mengklik bagan terlebih dahulu. Jika anda tidak mengklik bagan anda (bagan tidak aktif) maka kedua tab tersebut tidak terlihat.