Cara membuat nomor halaman di Microsoft Word 2013

Dengan adanya nomor halaman tentunya sangat membantu baik bagi penulis atau pun pembaca dokumen. Nomor halaman berfungsi seperti navigasi, jadi memudahkan untuk menemukan halaman yang diinginkan. Cara menambahkan nomor halaman di Word 2013 sangatlah mudah.
Cara menambahkan nomor halaman d Microsoft Word 2013
Sebagai contoh anda akan menambahkan nomor halaman di bagia footer (bawah) dokumen anda. Silahkan anda ikuti setiap petunjuk di bawah. 

Pertama. Anda buka dokumen anda di Microsoft Word 2013. Kemudian anda klik tab “INSERT” pada ribbon. Setelah itu anda perhatikan grup header & Footer, lalu anda klik “Page” number".
word 2013 insert header
Kedua. Berikutnya anda akan melihat menu dropdown yang berisikan pilihan dimana anda ingin menambahkan nomor halaman. Nah untuk menambahkan nomor halaman di bagian footer maka silahkan anda klik “Bottom of Page”.
page number
Catatan: “Top of Page artinya bagian header atau bagian atas dari halaman, “bottom of page” artinya bagian footer atau bagian bawah dari halaman, “Page Margin” artinya di sisi batas dari halaman (sisi margin), dan “current position” artinya posisi sekarang(posisi titik penyisipan Anda).

Ketiga. Anda akan melihat menu lagi, untuk menentukan dimana tempatnya anda ingin memunculkan nomor halaman. Jika tadi anda telah memilih bottom (footer), maka selanjutnya anda akan memilih apakan di tengah footer, samping kanan atau kiri dari footer. Misalnya anda ingin menambahkan di bagian tengah footer, maka anda harus mengklik “Plain Number 2”.

Keempat. Setelah tahap tiga, maka bagian footer pun akan otomatis terbuka dan nomor halaman telah muncul. Selanjutnya anda bisa mengubah font, size atau pun warna dari nomor halaman secara manual. Bila anda ingin mengedit nomor halaman di waktu yang berbeda., maka anda bisa melakukan double click pada area footer.

Kelima. Apabila anda ingin memformat penomoran misalnya menggantinya dengan angka romawi, atau anda ingin memulai dengan nomor tertentu pada penomoran maka anda bisa mengklik tab “INSERT”, kemudian klik “Page Number”, lalu pilih “Format Page Numbers”. 

Catatan : anda bisa mengubah format nomor pada bagian “Number Format” dan bila anda ingin memulai dengan angka tertentu maka anda klik “Start at” dan masukkan angka yang anda inginkan. Terakhir klik tombol “OK”.

Cara menghapus penomoran halaman
Cara menghapusnya tidaklah sulit, caranya semudah cara anda  membuat nomor halaman. Caraya anda klik tab “INSERT”, lalu klik “Page Number” dan terakhir pilih “Remove Page Numbers”.