Cara membuat histogram di Microsoft Word 2013

Untuk anda yang kesulitan membuat histogram di word 2013, anda tidak perlu kuatir. Cara membuat histogram di word 2013 tidaklah sulit. anda ingin belajar membuatnya? Ikuti petunjuk di bawah.
Contoh histogram yang dibuat di Word 2013
Histogram

Cara membuat histogram di Word 2013
Pertama. Silahkan anda klik  tab “INSERT” dan ikuti dengan mengklik “Chart”. Selanjutnya akan muncul jendela "Insert Chart". Lalu silahkan anda memilih bentuk chart “Clustered Column” dan ikuti dengan klik “OK”
word 2013 insert chart
Kedua. Setelah muncul jendela "Chart in Microsoft Word", maka silahkan anda masukkan data anda dalam tabel telah tersedia. Apabila anda membutuhkan contoh maka anda bisa melihatnya pada gambar di bawah.
Word Chart
Ketiga. Setelah selesai mengentri data ke tabel. Maka anda bisa langsung menutup jendela tersebut dan gratfik otomatis telah selesai ditambahkan ke halaman. Silahkan anda klik grafik yang telah jadi tersebut, lalu anda klik tab  “DESIGN”. Lalu klik fitur “Quick Layout” dan pilihlah "Layout 8".
word 2013 insert chart histogram1

Cara mengubah warna pada histogram
Apabila anda ingin mengubah warna pada bagian histogram, maka silahkan anda klik bagian tersebut.  Misalnya anda ingin mengubah warna garis tepi pada masing-masing batang diagram. Maka dan klik bagian batang diagram (bar). Kemudian anda klik tab “FORMAT”

Selanjutnya anda klik fitur "Shape Outline" untuk mengubah warna garis tepinya dan pilih warna yang kontras dengan warna isi batang. Dan anda bisa menggunakan fitur “Shape Fill” untuk mengubah warna pada area bagian yang anda klik pada tahap 8.
word 2013 insert chart

Cara menambahkan garis (trendline)  pada histogram
Anda bisa menambahkan keterangan lain pada histogram anda. Misalnya anda dapat menambahkan trendline (garis), maka anda klik grafik anda, lalu anda klik tab "DESIGN", anda klik "Add Chart Element", lalu klik "Trendline" dan terakhir pilih gaya trendline yang anda inginkan.

word chart element
Standarnya garis trendline yang muncul berupa garis putus-putus. Nah bila anda ingin mengubahnya, maka anda klik garis trendline tersebut. Lalu anda klik kanan mouse dan klik "Format Trendline".
 Berikutnya anda akan melihat panel "Format Trendline" akan muncul pada bilah kanan. Silahkan anda klik fitur "Fill & Line" (icon ember) pada panel.

Pada bagian "Dash type"  anda bisa mengubah tipe garis yang anda gunakan. Selain itu anda juga dapat menggunakan fitur lainnya pada format trendline untuk menyesuaikan trendline dengan kebutuhan anda.

** Untuk menambahkan keterangan lain pada histogram seperti judul, label dan sebagainya, maka anda bisa mengklik histogram anda, lalu klik tab "Design", klik "Add Chart Element" dan pilih elemen apa yang ingin anda tambahkan.