Cara membuat header dan footer di Microsoft Word 2013

Header merupakan bagian dokumen yang mendahului data inti (teks, gambar dll) pada sebuah halaman dalam dokumen anda, dan Footer adalah yang mengakhiri teks . Posisi header berada di bagian atas halaman atau tepatnya di margin atas, sedangkan footer sebaliknya berada setelah margin bawah.

Anda bisa memasukkan teks, symbol, gambar, tanggal atau pun nomor halaman di bagian header atau pun footer ini. Cara membuat header footer tidaklah sulit. Silahkan anda simak tahapan membuatnya berikut:

Cara membuat header dan footer di Word 2013

Pertama. Anda klik tab “INSERT”. Lihat grup Header & Footer, lalu anda klik “Header”.
word 2013 insert header
Kedua. Kemudian anda akan melihat menu dropdown seperti di bawah. Silahkan anda pilih dan klik posisi header yang inginkan. Misalnya anda ingin membuat header dengan tiga kolom, maka anda hanya perlu mengklik "Blank (Three Columns)".
word 2013 insert header
Ketiga. Setelah hedaer muncul, langkah selanjutnya adalah mengedit isi header secara manual. Silahkan anda edit header seperti anda mengedit dokumen biasanya.  Namun bila anda ingin menambahkan symbol atau lainnya, maka anda bisa klik insert.
insert header
Keempat. Setelah selesai mengedit header maka silahkan anda klik “Close Header and Footer”.
word 2013 insert header

Ingat!
  • Apabila anda ingin menambahkan footer, maka hanya perlu mengklik "Footer" pada grup headr & footer yang terdapat di ribbon.
  • Bila anda ingin mengedit kembali header di lain waktu, maka anda hanya perlu double klik pada area header.