Cara menyimpan video yang telah di edit di Windows Movie Maker 6.0

Setelah mengedit video di Windows Movie Maker 6.0 anda bisa memilih untuk menyimpan hasil editan anda dalam bentuk video atau pun dalam bentuk file project. Jika anda menyimpan dalam bentuk project maka lain waktu anda bisa melanjutkan mengedit kembali. Anda bisa mendapatkan tutorial tentang cara menyimpan dalam bentuk project pada artikel saya lainnya.

Kali ini saya hanya akan mengulas tentang cara menyimpan hasil editan anda dalam bentu video, alias mempublish video anda. Anda bisa menonton cara menyimpan pada video dan membaca tahapannnya pada ulasan di bawah.

Catatan: 
Video yang telah anda edit dan simpan di Windows movie maker berformat wmv. Bila anda ingin mengubah format file ke format lain (mp4, matroska video dll), maka anda dapat menggunakan software converter. Salah satu converter yang bisa anda gunakan adalah Xmedia Recode.

Lihat juga:
  • Cara mendownload Xmedia Recode (Baca disini)
  • Cara menggunakan software Xmedia Recode (Baca disini)
  • Cara menghilangkan audio di Windows Movie Maker 6.0 (Lihat disini)
  • Cara membuat video dari foto dan lagu menggunakan Windows movie maker (Lihat disini)
Cara menyimpan video yang telah di edit di Windows Movie Maker 6.0

Pertama. Buat video anda atau buka file project yang telah anda buat sebelumnya di windows movie maker. Setelah selesai mengedit video, kemudian anda klik tab  “File” dan klik “Publish Movie…”
WMV tab File
Kedua. Pilih lokasi anda akan menyimpan video anda. apakah anda ingin menyimpan video di computer, CD, email atau digital video camera. Dan ikuti dengan mengklik “Next”.
WMV
Ketiga. Silahkan anda memberi nama untuk file video anda dan klik "Browser" untuk memastikan di folder mana anda ingin menyimpan video. Dan ikuti dengan mengklik “Next”.

Keempat. Silahkan anda memilih kualitas kualitas video anda inginkan, sebagai contoh anda bisa memilih “Best quality for playback….”. Selanjutnya anda klik “Publish”
WMV1
Kelima. Tunggulah beberapa detik dan video anda akan secara otomatis tersimpan pada folder yang telah anda pilih tadi. Dan terakhir klik "Finish".

Ingat,video hasil editan anda akan berformat Windows Media Video (ekstensinya adalah .wmv). Jadi bila anda membutuhkan format lain dari video tersebut, maka salah satu caranya anda bisa menggunakan converter.  Misalnya anda dapat menggunakan software Xmedia Recode.