Cara membuat Combo box di Microsoft excel 2007

Combo box merupakan sebuah kotak dialog dimana anda dapat memilih salah satu pilihan yang tersei. Salah satu contoh combo box berupa daftar drop down. Saat anda mengolah data di Microsoft excel anda, anda dapat membuat combo box dengan memanfaatkan tool data validation.

Cara membuat combo box di Microsoft excel 2007 tidaklah sulit. Khusus untuk anda yang belum mengetahui caranya, anda dapat membaca petunjuknya pada paparan di bawah atau anda dapat menonton cara membuatnya pada video di atas.

Cara membuat Combo box  di Microsoft excel 2007
Langkah pertama. Silahkan anda buka Microsoft Excel 2007. Selanjutnya anda masukkan data anda dalam tabel. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar tabel excel di bawah. Tabel sebelah kiri berisi nama, alamat, no ponsel dan paket pilihan. Sedangkan tabel satunya berisi tabel untuk daftar pilihan combo box , kedua tabel tersebut tetap pada sheet yang sama.
exceldatavalidation
Langkah kedua. Selanjutnya anda klik tempat dimana anda ingin menempatkan combo box. Kalau berdasarkan tabel pada gambar di atas, anda klik sel C6. Berikutnynya anda klik tab “Data” dan klik “Data Validation”.
exceldatavalidation
Langkah ketiga. Setelah jendela Data Validation muncul. Pada bagian settings khususnya kotak “Allow”, silahkan anda pilih "List". Lalu klik tanda panah pada kolom "Source", selanjutnya anda blok tabel yang untuk pilihan combo box tadi.
Excel Data Validation
Bagaimana menurut anda? Cara membuat combo box di Microsoft Excel 2007 mudah bukan ? Semoga tulisan ini bisa membantu anda. Aamiin.