Cara mengirim file lewat Google drive

Cara mengirim file lewat Google drive

Ada orang yang mengira kalau mereka dapat mengirim file melalui googe drive. Sebenarnya anda tidak dapat mengirim file melalui Google drive, karena Google drive bukanlah layanan email.

Akan tetapi anda dapat berbagi file menggunakan Google drive. Anda dapat memberikan link file anda di Google drive ke orang lain, sehingga orang tersebut dapat mendownload file dari link yang anda berikan. Atau anda bisa menyisipkan file Google drive anda ke email di Gmail. Jadi orang yang menerima email anda tersebut dapat membuka atau pun mendownload file anda.

Jadi bila anda ingin berbagi file Google drive dengan orang lain pertama yang perlu anda lakukan adalah mengupload file anda ke goole drive.

Cara upload file ke Google drive

  1. Masuk ke akun Google drive anda.

  2. Klik icon upload (icon panah ke atas dengan garis bawah).
  3. gdrive
  4. Kemudian klik “file” jika anda ingin mengupload file. Dan klik “folder” jika anda ingin mengupload folder

  5. gdrive

  6. Tunggu lah hingga proses upload selesai.

  7. Terakhir, jika upload telah selesai, maka berarti anda telah berhasil mengupload file anda ke Google drive.

  8. Jika anda ingin langsung membagikan file tersebut ke orang lain, maka anda dapat langsung klik tombol “share”.

  9. gdrive

  10. Selanjutnya anda bisa mengklik “get shareable link” dan klik “copy link”. Lalu berikan link tersebut ke orang lain, dan orang tersebut dapat melihat dan mendownload file anda melalui link yang telah anda berikan.

  11. gdrive

  12. Atau anda dapat memasukkan alamat email teman anda jika anda ingin membagikan file ke teman anda melalui email, dan klik “done”.

*jika anda ingin menyisipkan file goole drive saat anda akan mengirim email di Gmail, maka anda dapat melihat di tulisan saya tentang langkah-langkah mengirim file besar di Gmail (Baca disini)