Cara membuat kuesioner di Google Drive

Google form merupakan salah satu fitur yang terdapat di google drive. Dengan fitur ini anda dapat membuat form online secara mudah, seperti kusioner, contact form dan sebagainya. Sebagai contoh anda dapat melihat halaman Contact dan request tutorial pada blog ini, saya membuat formnya Contact dan request tutorial menggunakan google drive.

Untuk membuat kuesioner secara manual mungkin akan membuat anda sedikit kerepotan dan mengeluarkan biaya yang cukup. Sebagai solusi dari masalah ini, anda dapat membuat kuesioner anda di Google Drive dengan mudah. Anda tidak perlu mencetak lembar kusioner, dan membagikannya ke responden.

Anda hanya perlu memberikan link kuesioner pada responden dan respon dari responden akan otomatis tersimpan di akun Google Drive anda. Anda dapatmenonton contoh cara membuat kuesioner di Google Drive pada video di bawah, dan baca detail langkah-langkahnya pada ulasan di bawah video.
Cara membuat kuesioner di Google Drive
Pertama. Silahkan anda hanya perlu masuk ke akun google drive anda.  Lalu anda klik “New”, setelah itu muncul menu lalu anda pilih “More”, dan terakhir anda pilihlah “Google Form”
googldrive
Kedua. Pada tahap ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat form pertama (pertanyaan pertama). Silahkan anda perhatikan gambar di bawah, baca petunjuk di bawah gambar.
Google drive kuesioner
Petunjuk:
  • Silahkan anda ganti teks “Untitled form” dengan judul kuesioner anda.
  • Pada bagian “Form Description” silahkan anda isi deskripsi kuesioner. 
  • Pada bagian “Question Title”  silahkan anda isikan pertanyaan anda.
  • Pada bagian “Question Type”  silahkan anda pilih model pertanyaan anda. Misalnya anda menghendaki pilihan ganda, maka anda pilih “Multiple choice”. 
  • Setelah itu akan muncul form untuk jawaban di bawahnya, karena anda telah memilih pertanyaan pilihan ganda maka artinya anda harus membuat pilihan jawaban pada kolom option. Anda bisa mengedit pilihan jawaban. Untuk menambah pilihan jawaban silahkan anda klik kolom di bawahnya “Click to add option”
  • Anda bisa mencetang kotak “Required question” bila anda mengharuskan responden anda menjawab pertanyaan tersebut. Dengan kata lain pertanyaan tersebut wajib dijawab. Jika responden anda melewati pertanyaan ini atau tidak menjawabnya, maka kuesioner anda tidak dapat disubmit.
  • Terakhir anda klik “Done”
Ketiga. Untuk menambahkan pertanyaan berikutnya anda bisa mengklik tombol “Add item”. Dan membuat pertanyaan dengan proses yang kurang  lebih sama dengan tahap kedua. Untuk mengahapus pertanyaan yang telah anda buat anda bisa menggunakan tombol “Delete”, untuk mengedit gunakan tombol “Edit” dan untuk menyalin anda bisa menggunakan tombol “Duplicate” (Lihat gambar sebelumnya).

Keempat. Bila anda menghendaki kuesioner anda menarik, maka sebaiknya anda mengubah tema kuesioner. Cara anda klik “Change theme” pada toolbar.  Dan anda akan melihat pilihan template di bagian kanan. Misalnya tema “At the Fair”, “Beach Evening” dan sebagainya. Anda juga dapat mengatur tema sendiri. Caranya anda pilih “Default themes”, lalu anda klik “Customize”
Google drive kuesioner
Kelima. Sebelum anda mempublikasikan kuesioner anda, maka lebih baik anda melihat terlebih dahulu bentuk kuesioner anda. Caranya klik “View live form” pada toolbar. Dan jendela browser baru akan terbuka menunjukkan bentuk form anda.

Keenam. Setealah anda selesai dengan tahap membuat kuesioner dan mengubah temanya, maka langkah terakhir anda klik tombol “Send Form” (Lihat bagian paling bawah pada halaman editing). Kemudian anda akan melihat link kuesioner anda pada kotak “Link to share”. Dan anda bisa membagikan link tersebut ke responden dan meminta mereka untuk mengisinya.
Google drive kuesioner
Cara melihat respon dari responden 
Apabila ada responden yang telah mengisi kuesioner anda, maka hasilnya akan tersimpan dalam sebuah file. Semua jawaban dari kuesioner akan terekam dan tersimpan dalam satu file excel di google drive. Untuk melihatnya anda bisa masuk ke akun google drive anda. Kemudian klik “my drive” dan anda akan melihat file excel yang memiliki judul form dengan tambahan “…. (responses)”. Misalnya judul kusioner anda adalah “sample”, maka filenya adalah “sample (Responses)”