Cara mendaftarkan blog ke Google Search Console atau Google Webmaster Tools

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai usaha agar blog anda terindeks oleh google dan muncul di hasil pencarian google.  Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan dari Google Webmaster Tools.

Apa itu Search Console atau Google Webmaster Tools?

Search Console merupakan sebuah layanan gratis dari google yang dapat membantu anda untuk mengoptimalkan keberadaan blog anda pada hasil pencarian google.

Dengan layanan ini anda dapat memastikan kalau google bisa mengakses dan merayapi konten blog anda,  tak hanya itu, anda juga dapat memantau apakah ada yang salah dengan blog anda, sehingga anda bisa sesegera mungkin untuk memperbaikinya.

Selain itu , dengan Google Webmaster Tools anda dapat mengetahui kueri apa saja yang menyebabkan blog anda muncul pada hasil penelusuran.  Masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapat dengan menambahkan blog anda di Google Webmaster Tools.

Karena Google Webmaster Tools, merupakan salah satu layanan google, maka untuk dapat masuk ke google webmaster anda harus memiliki akun google. Anda dapat menemukan petunjuk membuat akun google di blog ini, silahkan kunjungi daftar isi blog atau gunakan pencarian.

Cara cepat mendaftarkan blog ke Search Console atau Google Webmaster Tools

Langsung saja kali ini saya akan memaparkan bagaimana cara menambahkan blog anda ke Google Webmaster Tools. Caranya sangat gampang. Bila anda kesulitan, maka anda dapat mengikuti petunjuk di bawah dan mengamati screen shotnya.
  1. Gunakan akun google anda untuk Masuk ke Google Webmaster Tools.
  2. Klik tombol “ADD A PROPERTY”
  3. Masukkan alamat blog anda, kemudian klik tombol “continue” 
  4. Jika anda menggunakan blogspot, biasanya anda tidak perlu melakukan verifikasi. Namun jika anda menggunakan TLD alias alamat situs anda sendiri. Anda dapat langsung melakukan verifikasi, atau memilih verifikasi nanti dengan mengklik “Not now”. Baca panduan cara verifikasi blod di google webmaster tools pada postingan berikutnya.
*dapatkan tutorial lain mengenai cara menggunakan Google Webmaster Tools di blog ini, blog belajar bareng.