Bagaimana cara menghilangkan rasa bosan?

“Hidup ini membosankan”, “wah…benar-benar boring”, “hari-hari yang membosankan” ungkapan semacam ini bukanlah hal baru dalam kehidupan kita. Rasa bosan atau boredom merupakan perasaan yang tentunya pernah dialami oleh setiap orang. Bahkan ada sebagian orang yang cenderung cepat atau cenderung sering bosan. Perasaan tidak suka akan sesuatu karena sudah terlalu sering melakukannya. Seperti halnya seseorang merasa bosan dengan pekerjaan dan juga menu sarapan yang selalu sama.

Semua orang bisa merasa jenuh alias bosan. Tak hanya orang dewasa, bahkan anak kecil pun juga dapat merasa bosan. Mereka bisa merasa bosan karena menu makanan mereka yang kurang bervariasi, mereka bosann dengan mainan mereka yang sudah lama atau semacamnya.

Kenapa seseorang bisa mengalami kebosanan?

Terkadang rasa bosan jarang atau sering muncul pada diri seseorang. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan seseorang merasa bosan.  Kebosanan muncul bisa karena diri sendiri ataupun karena pengaruh lingkungan. Berikut contoh beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan seseorang merasa bosan.


  • Sifat malas. Rasa bosan muncul bisa jadi disebabkan karena seseorang malas melakukan sesuatu yang lain atau baru. Karena sebenarnya ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk mencegahnya munculnya rasa bosan. Dari aktifitas-aktifitas yang menghasilkan uang atau pun aktifitas yang tidak menghasilkan uang namun bermanfaat untuk anda. 

  • Pekerjaan yang sama dan terikat dengan peraturan atau perintah atasan merupakan salah satu alasan munculnya rasa bosan pada diri seseorang.

  • Tidak menyukai aktifitas atau pekerjaan yang sedang dikerjakan.

  • Orang lain menyebabkan anda bosan. Misalnya pada dasarnya anda senang dengan perkejaan anda, namun rekan kerja atau bos anda memperlakukan anda dengan tidak baik. Maka hal tersebut juga bisa menyebabkan anda bosan bekerja di tempat tersebut.

  • Dll.


Bagaimana caranya mengatasi rasa bosan?

Merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari atau menu makan malam yang sama, memang suatu hal yang bisa dibilang hal yang sangat tidak mengenakkan. Bila sekarang anda benar-benar merasa bosan dan membutuhkan solusi untuk mengatasi kebosanan anda, maka anda bisa mencoba beberapa hal berikut:


  • Mencoba hal-hal baru yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Ada sebagian orang yang merasa enggan atau bahkan takut mencoba hal-hal baru karena suatu alasan.  Jika anda juga mengalami hal yang serupa, maka coba anda pikirkan lagi. Apakah hal-hal yang anda kuatirkan tersebut benar-benar bisa membahayakan anda? Bila apa yang anda takutkan tersebut tidak membahayakan diri anda sama sekali, maka lawanlah rasa takut anda. Bila memungkinkan cari solusi yang untuk mengatasi rasa takut anda. Cobalah hal-hal baru tersebut dengan atau tanpa rasa enggan. Misalnya, jika anda takut tenggelam saat anda belajar berenang, maka solusinya belajarlah berenang dengan seseorang yang mampu berenang dan membantu anda. 

  • Bila kebosanan anda muncul karena rasa malas. Misalnya misalnya saja seorang ibu rumah tangga bosan dengan pekerjaan sehari-hari mereka. Mereka bosan dengan perkerjaan bersih-bersih, memasak, merawat anak-anak dan melayani suami mereka.   Kemudian anda malas untuk melakukan suatu hal yang lain yang bisa mereka kerjakan di rumah, maka solusinya paksalah diri anda untuk melakukan hal tersebut. Ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga selain memasak, mencuci, merawat anak dan suami. Misalnya jika biasanya anda membeli baju anak anda di toko, maka anda bisa mencoba membuat desain baju atau menjahit baju untuk anak anda tersebut. 

  • Saat seseorang merasa bosan, biasanya mereka tidak suka dengan aktifitas mereka sekarang dan juga tidak ada ide tentang aktifitas lain yang bisa mereka kerjakan. Bila anda mengalami ini, maka sebaiknya anda berisitirahat sejenak dari aktifitas anda dan memikirkan hal-hal baru untuk dilakukan. Misalnya anda bosan berkerja, maka ambillah kesempatan untuk berlibur pergi ke tempat yang belum anda kunjungi sebelumnya.

  • Ubah desain lingkungan anda. Anda bisa mengubah warna cat rumah atau ruang kerja anda, dan mendesain ulang ruangan tersebut. 

  • Sesekali manjakan diri anda, biarkan diri anda merasakan keindahan atau kebahagiaan yang belum pernah dirasakan.  Misalnya bila anda seorang perempuan dan anda tidak pernah perg ke salon, sauna atau semacamnya. Maka cobalah untuk melakukannya. Terkadang untuk menghilangkan rasa bosan anda perlu untuk mengeluarkan biaya. Tapi jika itu bisa membuat hidup anda lebih bewarna, kenapa anda harus ragu untuk menyisihkan uang untuk memanjakan diri anda sebentar.

  • Rasa bosan bisa jadi muncul karena anda melakukan aktifitas yang tidak anda sukai. Oleh karena itu anda harus berusaha menyukai apa yang anda kerjakan terlebih dahulu. 

  • Dll. 

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mencegah dan mengatasi yang muncul pada kehidupan mereka. Karena penyebab kebosanan antara satu orang dengan orang lainnya tidaklah sama.