Bagaimana cara mengatasi rasa galau ?

Semua orang, pada suatu waktu mungkin pernah merasa tidak karuan, pikiran kacau, merasa tidak baik-baik saja atau semacamnya. Orang biasanya menyebut perasaan seperti ini dengan “galau”. Suatu waktu dimana seseorang merasa bingung, merasa sedih, kacau, atau sejenisnya. Orang yang galau biasanya menampakkan ekspresi sangat sedih, pendiam, murung, suka melamun dan lain-lain. Masing-masing orang mempunyai cara yang berbeda dalam mengkespresikan kegalauan mereka. Bahkan ada orang yang galau, namun tidak kentara sama sekali. Orang tersebut bisa terlihat tenang, seakan-akan baik-baik saja dan tidak ada masalah apapun. Karena perasaan galau hanya ada pada hati mereka.

Galau memang suatu yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Anak remaja bisa saja galau karena hal-hal yang bersifat serius atau pun sepele. Begitu juga orang dewasa. Munculnya perasaan galau pada orang dewasa tentu merupakan hal yang sering ditemui atau mungkin dialami sebagian orang.

Kenapa orang bisa galau?

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang merasa dirinya sedang kacau, bingung alias galau. Munculnya perasaan galau bisa disebabkan oleh diri sendiri atau pun seseorang diluar dirinya sendiri. Berikut beberapa contoh hal-hal yang bisa menyebabkan muncul perasaan galau pada diri seseorang.


  • Lalai dari Tuhan. Seseorang yang lalai dari jalan Tuhan pastilah orang tersebut akan merasa galau. Tidak ada kepastian dalam diri mereka. Mereka merasa sendiri dan tidak ada yang bisa menolong diri mereka. 

  • Sifat-sifat tertentu yang ada pada diri sendiri terkadang juga menyebabkan kegalauan. Seperti halnya sifat skeptic. Sifat skeptic atau curigaan memang bagus untuk suatu tertentu, namun juga merupakan hal pada kondisi tertentu. Saat anda melakukan sebuah penelitian ilmiah sifat skeptic sangat diperlukan untuk menemukan hal-hal baru dan  menjawab permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul nantinya. Namun untuk kehidupan sehari-hari dalam bersosialisasi, sifat skeptic bisa jadi hal merugikan. Karena sifat skeptic atau curigaan membuat anda selalu berprasangka buruk kepada orang di sekitar anda dan lainnya. Kemudian hal ini membuat anda merasa sedih dan galau berlebihan. Ada sifat lainnya yang bisa mengakibatkan seseorang menjadi galau, contoh lainnya, sifat minder, mudah gugup , tergesa-gesa dan sebagainya.

  • Kehilangan. Perasaan kehilangan merupakan hal lain yang bisa menyebabkan seseorang merasa galau. Kehilangan materi atau pun kehilangan seseorang yang dikasihi. Merasa tidak tahu apalagi yang bisa atau akan dikerjakan. Merasa pikirannya benar-benar sudah kacau dan tidak bisa digunakan untuk berpikir lagi.

  • Perasaan bersalah juga bisa menimbulkan perasaan galau. Bagi orang-orang tertentu perasaan bersalah membuat mereka merasa buruk, setiap saat hanya memikirkan kesalahan yang telah dia perbuat, kesalahan yang mengakibatkan dirinya atau orang lain terlupa ataupun merugi. 

  • Pekerjaan atau tugas yang menumpuk juga bisa mengakibatkan munculnya perasaan galau.

  • Dll. Masih banyak lagi kejadian atau hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa galau, kacau dan semacamnya.


Bagaimana cara mengatasi galau?

Masing-masing individu mempunyai alasan tersendiri yang bisa membuat mereka galau. Dan mereka juga mempunyai cara-cara berbeda untuk mengatasi perasaan kacau atau galau mereka. Berikut bebera saran yang bisa anda coba, untuk mengurangi kegalauan anda.

  • Berusahalah untuk bangkit dari kegalauan anda, jangan menolak untuk setiap pertolongan. Jika anda sendiri menolak untuk mengobati kegalauan anda maka tentunya solusi apapun tidak akan mempan. Sebelum anda melakukan usaha lain untuk mengobati perasaan anda, anda harus bisa memaksa diri anda untuk bangkit.

  • Bagi anda yang beragama muslim, anda bisa melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, maka insya allah anda akan selalu mendapati kedamaian dalam hati anda dan anda dapat mengusir kegalauan anda dengan mudah. Jika sebelumnya anda tidak sama sekali atau melaksanakan shalat wajib tidak penuh, maka tunaikanlah shalat lima waktu. Bila sebelumnya tidak pernah mengaji, maka mengajilah. Pergi ke majelis ilmu merupakan pilihan yang baik, mempelajari sunah-sunah Rasulullah dan mengamalkanya dalam setiap keadaan. Insya allah semua hal baik yang anda niatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah akan mengusir rasa galau dan menghadirkan rasa dalam hati anda.

  • Membaca. Bacalah buku-buku atau pun tulisan-tulisan yang menarik menurut anda. Dengan membaca anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda dapat memperluas wawasan, mengusir kegalauan, atau bahkan memberikan anda idei-ide baru yang tak terduga. 

  • Kenali dan kendalikan sifat-sifat dalam diri yang bisa merugikan dan menguntungkan. Contohnya saja seperti skeptic (curigaan) tadi. Anda harus bisa mengendalikan sifat ini dengan  baik dengan baik. Anda bisa membiarkan dan mengembangkan sifat penuh curiga ini pada waktu-waktu yang memang diperlukan. Misalnya pada waktu melakukan penelitian, diskusi di kampus atau lainnya. Sebaliknya jangan sampai anda membiarkan sifat skeptic (curigaan) ini menjalar dan memenuhi otak anda, dan membuat anda selalu berprasangka buruk pada semua orang, pada setiap keadaan atau  bahkan kepada Tuhan. Jangan sekali meragukan Tuhan, karena ini menyebabkan anda kehilangan keyakinan anda.

  • Bila anda mengalami kegalauan karena menumpuk dan beratnya tugas-tugas anda, maka solusinya adalah segera kerjakan tugas-tugas anda tersebut. Jangan sekali-sekali anda menunda setiap pekerjaan anda, bahkan jika memungkin dan diperbolehkan mintalah bantuan orang lain. Berusahalah untuk bersikap tenang, bila anda tidak bisa tenang tetaplah untuk berusaha tenang.

  • Jika anda merasa galau karena anda kehilangan sesuatu atau terjadi sesuatu yang tidak sesuai harapan anda, maka bersabarlah. Anda harus meyakini bahwa semua yang ada pada kehidupan kita sudah ada yang mengatur. Ikhlaskan semua, dan insya allah  beban anda akan terasa ringan. Jika sesuatu telah hilang dari kehidupan anda, berarti itu sudah takdir dan perasaan galau anda tidak dapat mengembalikan semua yang telah hilang. Daripada anda berfokus pada sesuatu yang tidak ada, maka lebih baik anda berfokus pada apa yang di depan anda.

  • Traveling, anda bisa mencoba pergi traveling. Menikmati keindahan alam ciptaan Allah akan menyegarkan anda, dan mengurangi kegalauan di hati.

  • Berbicara pada orang terdekat,curhat atau mengungkapkan perasaan pada orang terdekat merupakan salah satu jalan yang bisa meringankan perasaan galau anda. Selain itu, bisa jadi anda tak hanya merasa lebih ringan. Melainkan anda juga dapat pertolongan dari orang terdekat anda untuk mengatasi masalah anda.

  • Dll. Masih banyak cara lain yang bisa anda coba untuk mengatasi kegalauan anda. Bila anda mempunyai pengalaman atau cerita untuk mengobati rasa galau. Anda bisa mengirimkan cerita terebut pada kami.