Cara melindungi akun facebook agar tidak di hack

Facebook merupakan jejaring social yang popular, banyak orang menggunakannya. Untuk itu sering muncul pertanyaan-pertanyaan seperti , bagaimana cara melindungi fb dari hacker atau cara melindungi akun facebook agar tidak di hack

Cara melindungi akun facebook

  1. Login notifications

  2. Aktifkan login notification (pemberitahuan masuk), dengan mengaktifkan fungsi ini anda akan selalu mendapat pemberitahuan ketika akun anda di akses (dibuka) dari perangkat yang belum pernah anda gunakan. Misalnya jika biasanya anda menggunakan computer di rumah untuk masuk ke akun anda, kemudian suatu waktu anda login kea kun menggunakan computer kantor maka anda akan menerima pemberitahuan via emai atau sms.

  3. Login approval

  4. Aktifkan login approval (persetujuan masuk ke facebook). Cara kerja fitur ini adalah saat anda akan masuk ke akun  fb  anda akan selalu dimintai kode keamanan. Kode keamanan tersebut bias dikirim melalui sms atau dilihat di kode generator pada aplikasi fb di ponsel anda.

  5. Code generator

  6. Code generator atau generator kode merupakan fitur keamanan tambahan untuk akun anda. Generator kode bekerja bila anda telah mengaktifkan login approval.  Ketika anda akan login ke akun menggunakan perangkat baru (misalnya ponsel baru), maka anda akan diminta memasukkan kode unik.

    Dimana anda bisa melihat generator kode? Anda bisa melihatnya pada aplikasi facebook di ponsel anda. Code generator merupakan bagian dari aplikasi facebook, dan kode ini berubah setiap 30 detik.

    Lihat juga:

    • Cara mengaktifkan code generator (Link)
    • Cara mendapatkan code generator (Link)

  7. App password

  8. App password (kata sandi aplikasi) merupakan kata sandi sekali pakai yang bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi dan melewati “persetujuan masuk”. 


  9. Trusted contact

  10. Trusted contact (kontak terpecaya) merupakan orang (teman fb anda) yang bisa anda hubungi saat anda membutuhkan bantuan untuk login ke akun anda. 


  11. Trusted browser

  12. Anda bisa meninjau browser apa saja telah anda simpan, dimana browser-browser tersebut pernah atau sering anda gunakan untuk mengakses akun anda.


  13. Where you’re logged in

  14. Dapat anda dapat menggunakan fitur ini untuk meninjau dan mengelola tempat anda masuk ke akun fb anda sekarang. Jadi misalnya anda ponsel anda menghilang dan aplikasi fb di ponsel tersebut masih terhubung dengan akun anda, maka anda dapat login kea kun anda menggunakn computer dan menghentikan aktifitas dari aplikasi fb di ponsel yang telah hilang tersebut.


  15. Ganti password berkala

  16. Ubahlah kata sandi anda secara berkala,, agar orang lain benar-benar tidak mengetahui kata sandi anda.