Bagaimana cara mengatasi perasaan gugup?

Perasaan gugup merupakan suatu perasaan yang wajar. Kadang orang menyebut perasaan ini dengan deg-degan, cemas, nervous, panic dan sebagainya. Tapi memang begitulah keadaanya, orang yang gugup biasanya merasa deg-degan (jantung berdetak cepat), gemetar, berkeringat, dan telapak tangan menjadi dingin secara tiba-tiba. Bahkan saya sendiri kalau sedang gugup saya merasa seperti ingin buang air. Respon masing-masing orang kadang berbeda ketika mereka sedang gugup. Lalu bagaimana dengan anda, apa yang anda rasakan saat sedang gugup?

Setiap orang bisa jadi pernah mengalami perasaan gugup.  Berapa pun usianya, ntah itu anak kecil, remaja atau pun anak dewasa. Seorang anak kecil bisa jadi merasa gugup ketika guru menyuruhkan mereka kedepan untuk menjawab atau semacamnya. Seorang remaja merasa gugup ketika mereka bertemu dengan orang yang mereka segani, takuti atau pun orang yang yang mereka sukai. Orang tua terkadang merasa kuatir ketika putra-putri mereka terlambat pulang. Semua orang bisa saja merasa gugup, dan penyebabnya mereka gugup pun masing-masing tidak sama.

Mengapa orang bisa merasa gugup?

Banyak hal atau alasan yang bisa menyebabkan orang merasa gugup atau nervous. Berikut beberapa contoh yang bisa menyebabkan orang merasa gugup.

  • Merasa takut, misalnya ketika ada orang mengetuk pintu rumah anda di malam hari dan anda tidak mengenal orang tersebut.

  • Interview kerja, sering kali menyebabkan orang merasa gugup. Orang yang akan diinterview  terkadang kuatir kalau dirinya akan melakukan atau mengatakan hal-hal bodoh yang bisa menyebabkan dia tidak diterima atau merasa malu.

  • Mencemaskan orang lain, mengkuatirkan orang lain terkadang membuat kita merasa tidak tenang atau tidak menentu. 

  • Ketidaksiapan, ketidaksiapan akan melakukan sesuatu juga dapat menyebabkan perasaaan cemas atau gugup. Misalnya saat anda hendak menjadi pembicara di sebuah diskusi kelas, dan anda tidak menguasai materinya. Hal ini juga bisa membuat anda gugup.

  • Dll. Masih banyak hal lain yang bisa menyebabkan seseorang merasa gugup, deg-degan, cemas atau kuatir.


Bagaimana cara mengatasi perasaan gugup?

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda untuk mengatasi rasa gugup atau cemas. Terkadang ada yang sama dan ada yang tidak. Beberapa cara di bawah mungkin bisa anda coba untuk mengatasi rasa gugup anda.

  • Berdoa. Berdoa merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Ini merupakan sebuah rutinitas yang sering diabaikan oleh beberapa orang. Berdoa pada Tuhan merupakan jawaban dari setiap persoalan hidup.

  • Bersiap. Ketidaksiapan merupakan hal yang sangat umum, dan seringkali ini merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan seseorang merasa gugup. Misalnya , ketika anda melakukan sebuah presentasi namun anda tidak menguasai materi presentasi.  Maka anda suatu hal yang wajar jika anda merasa gugup, anda takut tidak bisa berbicara di depan audien karena anda tidak memahami materi. Atau juga anda merasa kuatir akan muncul pertanyaan dari audiens, kemudian anda tidak bisa menjawabnya. Untuk mengatasi gugup karena hal seperti hanya satu solusinya, anda harus mempersiapkan semua. Anda harus menyiapkan materi dan menguasainya. 

  • Buat perencanaan. Memang benar tidak semua hal yang direncanakan akan berhasil baik atau sempurna. Namun terkadang perencanaan membuat anda tetap berada di jalur, menambahkan kepercayaan diri anda dan sebagainya. Misalnya saja ketika anda hendak pergi berlibur ke suatu tempat, anda harus membuat perencanaan tentang banyak hal. Apa yang akan anda bawa nantinya, siapa orang yang akan ikut berlibur dengan anda, kemana anda akan pergi berlibur (lokasi mana saja yang akan menjadi tujuan anda), kapan tepatnya anda akan pergi berlibur, bagaimana cara anda akan ke tempat liburan anda, berapa biaya yang anda butuhkan dan sebagainya. Perencanaan memang tidak selalu berhasil, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Bisa jadi perencanaan member keuntungan tersendiri untuk anda atau orang-orang yang bersama anda.

  • Refreshing. Terkadang kepenatan atau kelelahan membuat anda lupa, atau kehilangan semua yang telah anda rencana. Terlalu keras kepada diri anda untuk mempersiapkan sesuatu, terkadang justru menyebabkan anda lupa segala hal pada saat itu dibutuhkan (hari-H). Ini biasa terjadi karena anda terlalu lelah.  Orang sering mengungkapkan persaan seperti ini dengan kata “blank”.  Oleh sebab itu lakukan refreshing untuk memulihkan kepenatan anda. 

  • Berpikir positif. Berpikirlah positif, percayalah kepada diri anda sendiri. Jangan merasa minder atau apapun. Berpikir lah positif dengan semua yang ada di depan anda, yakinlah Tuhan akan selalu membantu anda. Jika anda tidak menolak untuk berpikir positif, maka hal tersebut bisa jadi justru memperburuk rasa gugup anda. Membuat semua yang anda rencanakan berantakan dll. Untuk itu tetaplah berpikir postiif.

  • Tarik nafas perlahan (dalam), dan lepaskan secara perlahan. 

  • Dll.