Bagaimana cara melihat program yang sedang berjalan atau aktif di computer?

Assalamu’alaikum sahabat belajar bareng, terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Untuk melihat artikel kami yang lain anda bisa melihat bagian daftar isi blog dengan cara mengklik tombol “Daftar Isi”.

Sahabat belajar bareng, mungkin judul pada postingan ini akan dianggap aneh oleh beberapa orang. Mungkin ada orang yang berpikir “gitu aja kok repot, apa program yang kita gunakan itulah program yang sedang aktif”.

Hal itu memang benar program atau aplikasi yang anda gunakan saat itu juga disebut program yang sedang berjalan atau aktif.  Meskipun begitu, perlu anda ketahui program yang sedang berjalan di computer itu bisa jadi tidak hanya program yang sedang anda buka saja. Sebab computer menggunakan sistem operasi yang cukup rumit , jadi bisa saja ada anda yang berjalan tapi tidak diketahui oleh anda. Bisa jadi ada virus yang menginveksi computer anda dan sedang menjalankan program atau aplikasi tertentu di computer anda.

Bagaimana cara melihat program yang sedang berjalan atau aktif di computer?

Cara melihat program atau aplikasi yang  sedang berjalan di computer tidaklah sulit. Pengguna komputer bisa melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di tab task manager.

Apa itu task manager?

Task manager adalah sebuah program di computer yang menampilkan informasi program apa saja yang sedang berjalan di computer.  Selain itu anda bisa menghentikan proses (end process) program tersebut melalui tab task manager.

Bagaimana cara membuka task manager di computer?

  1. Arah mouse pada taskbar.

  2. Klik kanan mouse.

  3. Klik “Task Manager”

Atau anda bisa menggunakan alternative lain untuk membuka task manager di computer anda dngan cara klik tombol CTRL,ALT, dan Delete secara bersamaan (CTRL+ALT+DEL) lalu pilih “Start Task Manager”. .