Bagaimana cara mencari jurnal internasional di google?

Video cara mencari jurnal di google scholar




Mencari sesuatu di mbah google mungkin adalah sesuatu yang sudah biasa untuk semua orang. Namun, seringkali tidak sedikit orang susah menemukan yang mereka cari. Biasanya hal ini terjadi beragam alasan, seperti karena ketidaktepatan memasukkan kata kunci di google search atau karena memang topic yang di cari memang unik jadi sedikit orang yang mengulas tentang topic tersebut.

Misalnya ketika orang hendak mencari tutorial microsoft word  yang berupa file pdf mereka mengetikkan “dimana tempat download tutorial microsoft word” di kotak pencarian google, akan lebih baik jika anda mencoba mengetikkan “tutorial microsoft word.pdf”

Contoh kedua ketika orang ingin melihat daftar film internasional terbaru atau yang akan diputar bulan ini atau bulan depan, biasanya orang-orang akan mengetikkan “apa saja film terbaru 2014”, jika anda mencari target internasional maka sebagaiknya anda mencoba menggunakan bahasa inggris, coba anda ketikkan “Movie list 2014”.

Bagaimana cara mencari jurnal internasional di google?

Contoh lagi, tidak sedikit mahasiswa yang kesulitan mencari jurnal internasional.  Seperti yang diketahui, jurnal ini sangat penting untuk melengkapi tugas kuliah mereka. Hal ini sering terjadi juga karena penggunaan kesalahan menggunakan kata kunci. Biasanya kebanyakan dari mahasiswa yang pernah saya temui, cenderung   mengetikkan “jurnal penelitian tindakan kelas di sekolah dasar yang berbahasa inggris”. 

Kata kunci di atas kurang singkat dan tidak tepat sasaran. Kenapa saya katakana tidak tepat sasaran? Karena jika anda mengharapkan hasil berbahasa inggris maka anda sebaiknya juga menggunakan kata kunci berbahasa inggris.

Jadi bila anda ingin mencari “jurnal penelitian tindakan kelas di sekolah dasar yang berbahasa inggris”, maka sebaiknya anda mencoba mengetikkan “elementary school classroom action research journal” pada kolom pencarian google.

Lihat juga: