Bagaimana cara mencari file pdf, word atau excel di google?

Mencari file diinternet adalah hal yang umum dilakukan. Masing-masing pengguna internet memiliki tujuan yang berbeda mengunduk file. Diantaranya  melengkapi tugas-tugas sekolah, sekedar ingin tahu (membaca), atau pun untuk melengkapi data perkerjaan.  Berkas  yang bisa diunduh/download di internet ada bermacam-macam.   file pdf, file doc ( file word), file excel, slide presentasi (powerpoint), file html dan sebagainya. 

Sebagian orang bisa sangat mudah menemukan file atau informasi yang mereka inginkan. tetapi, tidak sedikit  orang yang sulit menemukan file yang diinginkan. Padahal kedua orang ini menggunakan browser yang sama, serach engine (mesin pencari) yang sama, atau bahkan komputer yang digunakan juga sama. Namun hasil pencarian mereka sangat jauh berbeda.

Kenapa bisa terjadi demikian? Kalau memang data yang  dicari itu benar-benar tersedia di internet, maka seharusnya kedua juga bisa mendapatkan informasi yang sama. Penyebab hasil pencarian berbeda biasanya karena kurang tepatnya kata kunci yang mereka gunakan saat mencari di mesin pencari.

 Misalnya kata kunci yang dipakai terlalu panjang atau bahkan kata kunci yang dimaksud dan yang diketikkan benar-benar jauh berbeda.  Kalau tidak mereka mencari file dengan format tertentu tapi mereka tidak menyertakan ekstensi file yang diinginkan.

Contoh, bila anda ingin mencari file di internet  dan yang anda inginkan adalah file pdf, maka sebaiknya anda juga menyertakan ekstensi pdf pada akhir kata kunci. Contohnya “tutorial komputer.pdf”. Ekstensi lain yang dipakai adalah “doc” atau “docx” untuk dokumen atau file word yang  anda mau. Dan untuk file yang berformat excel gunakan “xls”.


Lihat Cara mencari file pdf, doc, xls, ppt dan lainnya dengan tepat di Google dengan google advance search (penelusuran lanjutan) pada tautan berikut (Link)
Kunjungi daftar isi blog ini untuk melihat beragam artikel tentang tutorial komputer, office, facebook dan sebagainya.